Sukses

Donald Trump Pamer Surat Dokter soal Kesehatan Prima Saat Ultah ke-81 Joe Biden, Trik Curi Perhatian Publik?

Donald Trump merilis surat dokter berisi kesehatannya yang prima, di-posting di platform media sosial tidak berisi rincian untuk mendukung klaimnya.

Liputan6.com, Washington D.C - Calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, memperingati ulang tahun (ultah) ke-81 Presiden Joe Biden pada Senin, 20 November 2023 dengan merilis surat dari dokternya, yang melaporkan bahwa mantan Presiden AS tersebut berada dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang "sangat baik".

Melansir Channel News Asia, Selasa (21/11/2023), surat dokter yang di-posting di platform media sosial Donald Trump tidak berisi rincian untuk mendukung klaimnya – seperti ukuran berat badan, tekanan darah, dan kadar kolesterol, atau hasil tes apa pun. Dr Bruce A Aronwald, seorang dokter asal New Jersey yang mengatakan bahwa dia telah menjadi dokter Trump sejak tahun 2021 dan terakhir memeriksanya pada bulan September, melaporkan bahwa “pemeriksaan fisik Trump berada dalam kisaran normal dan pemeriksaan kognitifnya luar biasa”.

Dia menambahkan bahwa hasil laboratorium terbaru Trump "bahkan lebih baik daripada pengujian sebelumnya pada beberapa parameter paling signifikan" berkat penurunan berat badan baru-baru ini yang dia anggap sebagai hasil dari "perbaikan pola makan dan melanjutkan latihan fisik setiap hari sambil mempertahankan jadwal yang ketat."

Dokter itu menyimpulkan bahwa pria berusia 77 tahun itu "saat ini dalam kondisi kesehatan yang sangat baik" dan "akan terus menikmati gaya hidup sehat dan aktif selama bertahun-tahun yang akan datang".

Laporan ini muncul ketika usia menjadi salah satu isu utama dalam pemilu tahun 2024, yang mungkin akan membuat Donald Trump dan Joe Biden, presiden tertua di AS, akan kembali berhadapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Usia untuk Jabatan Presiden AS Tengah Disorot

Meskipun Trump hanya lebih muda sedikit dari Biden, jajak pendapat secara konsisten menunjukkan bahwa orang Amerika memandang usia sebagai faktor yang menjadi tanggung jawab presiden.

Jajak pendapat yang dilakukan pada bulan Agustus oleh The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research menemukan bahwa 77 persen orang dewasa AS, termasuk 69 persen anggota Partai Demokrat, memandang Biden terlalu tua untuk bisa menjabat selama empat tahun lagi, sementara hanya 51 persen orang dewasa––dan hanya 28 persen anggota Partai Republik––yang mengatakan hal yang sama tentang Trump.

Meski begitu, para pesaing Trump berusaha menonjolkan usianya dengan menyoroti kesalahan Trump baru-baru ini, termasuk mencampuradukkan kota dan negara bagian tempat ia berkampanye.

"Menjadi presiden bukanlah pekerjaan bagi seseorang yang sudah memasuki usia 80 tahun," kata Gubernur Florida Ron DeSantis, salah satu saingan Trump, kepada CNN pada Minggu 19 November, seraya menyebut dirinya sebagai pria yang "berada di puncak kehidupannya."

 

3 dari 4 halaman

Penyataan Para Dokter Trump Kerap Jadi Sorotan

Pernyataan para dokternya mengenai ketelitian Trump telah menjadi genre tersendiri.

Pada akhir Desember 2015, selama kampanye pertamanya untuk nominasi Partai Republik, tim kampanye Trump merilis surat dari mendiang Dr Harold N Bornstein yang menyatakan bahwa Trump, seorang pencinta makanan cepat saji yang terkenal dan menghindari olahraga berat, "pastinya" akan menjadi individu paling sehat yang terpilih menjadi presiden."

Bornstein kemudian mengungkapkan bahwa Trump sendiri yang mendiktekan penilaian cemerlang tersebut, menyebutnya sebagai black humor dan mengakui bahwa ia menulisnya dalam waktu lima menit, sementara sebuah limusin yang dikirim oleh kandidat saat itu menunggu di luar kantornya.

"Saya hanya mengada-ada," katanya kepada CNN pada tahun 2018. "Ini seperti film Fargo. Ia mengambil kebenaran dan memindahkannya ke arah yang berbeda."

 

4 dari 4 halaman

Pernyataan Bertolak Belakang Saat Trump di Gedung Putih

Saat berada di Gedung Putih, dokter Trump memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kesehatannya setelah pemeriksaan fisik tahunan yang mencakup angka dan hasil tes.

Pemeriksaan fisiknya pada tahun 2019, misalnya, menunjukkan bahwa ia secara resmi dianggap mengalami obesitas, sedangkan pemeriksaan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa ia mengidap penyakit jantung yang umum.

Namun, Dr Ronny Jackson yang saat itu menjabat di Gedung Putih memberikan laporan yang cemerlang selama konferensi pers yang panjang tentang ujian tersebut. Ia memuji "gen luar biasa" Trump – "itulah cara Tuhan menciptakannya", katanya – dan bercanda bahwa jika kemudian -Presiden berusia 71 tahun telah mengonsumsi makanan yang lebih sehat selama 20 tahun sebelumnya, "dia mungkin hidup sampai usia 200 tahun".

Jackson juga mengatakan Trump telah tampil "sangat baik" dalam tes skrining kognitif mendadak yang dirancang untuk mendeteksi tanda-tanda awal kehilangan ingatan dan gangguan kognitif ringan lainnya. Trump terus membual tentang hasilnya hingga hari ini.

Adapun Aronwald tidak segera membalas pesan yang ditinggalkan di kantornya.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.