Sukses

VIDEO: Ngeri! Sinkhole Telan Pejalan Kaki Hingga Tewas di Beijing

Pria berusia 25 tahun bernama Yang Jiabin itu pun tak berhasil diselamatkan oleh petugas meski telah dilarikan secepatnya ke rumah sakit tedekat.

Nahas benar kejadian yang menimpa seorang pejalan kaki di Beijing, China pada Selasa, 26 Maret. Ia tertelan oleh sinkhole atau lubang besar yang timbul di jalan saat dirinya melintas. Pria berusia 25 tahun bernama Yang Jiabin itu pun tak berhasil diselamatkan oleh petugas meski telah dilarikan secepatnya ke rumah sakit tedekat.

"Yang Jiabin sedang berjalan di Shenzhen dekat tempat konstruksi ketika ia jatuh ke dalam sinkhole selebar 8 meter dan sedalam 16 meter yang membunuhnya, setelah upaya penyelamatannya gagal," tuils situs berita News.com.au Kamis (28/3/2013).

Detik-detik Yang Jiabin ditelan sinkhole pun terekam pada 2 kamera CCTV yang berada tak jauh dari Jalan Shenzen itu. Setelah diunggah ke situs YouTube, video saat maut menjemput Yang pun menjadi trending topic.

Sejauh ini, pihak berwenang belum dapat memastikan penyebab terbentuknya lubang besar itu. Namun menurut pemberitaan media berita China yang mengutip laporan penduduk lokal, mereka telah berulang kali merasakan gempa ringan beberapa meter lokasi konstruksi terbentuknya sinkhole itu.

Sinkhole di China bukanlah yang pertama kali terjadi, awal tahun ini sebuah sinkhole selebar hampir 300 meter pun terkuak di Guangzhou, kota lain di Provinsi Guangdong.

Kejadian yang dialami Yang juga menimpa seorang pejalan kaki wanita pada April 2012. Ketika itu si wanita yang sedang berjalan di sebuah kota di China jatuh ke dalam lubang di trotoar. Beruntung nyawanya masih bisa diselamatkan saat diselamatkan oleh petugas. Ini videonya.

Sebenarnya telah ada lebih dari 100 sinkhole yang terbentuk di Beijing dalam 2 bulan terakhir, di mana pembangunan bangunan yang tak terencana nampaknya menjadi faktor utama penyebab terbentuknya sinkhole itu.
 
Awal bulan Maret, sebuah sinkhole yang tebentuk di Florida juga menelan seorang pria bernama man Jeff Bush. Ia tewas setelah sinkhole yang berada tepat di bawah kamar tidurnya.

Tanah ambles yang terjadi akibat sinkhole itu juga terjadi di atas lapangan hijau di Waterloo, Illinois sekitar 2 pekan lalu. Akibatnya seorang pegolf tertelan, beruntung nyawa Mark Mihal (43) berhasil diselamtkan oleh pegolf lain yang dengan sigap menariknya keluar menggunakan tali.(Tnt)