Sukses

Korea Foundation Gali Capaian dan Rencana Masa Depan untuk Hubungan Korea Selatan-Indonesia

Peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea dan Indonesia kembali menjadi sorotan dalam acara pesta akhir tahun Korea Foundation (KF) yang diselenggarakan di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia kembali menjadi sorotan dalam acara pesta akhir tahun Korea Foundation (KF) yang diselenggarakan di Jakarta.

Direktur Korea Foundation, Choi Hyun-Soo, menyoroti pencapaian penting serta rencana masa depan untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara.

"Tahun ini merupakan tahun kerja keras untuk perkembangan baru antara kedua negara kita," ujar Choi Hyun-Soo dalam KF Friends Night yang diadakan di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Choi Hyun-Soo kemudian menegaskan komitmen KF dalam mempromosikan kesadaran dan pemahaman tentang Korea serta memperkuat niat baik dan persahabatan internasional.

Ia mengungkapkan bahwa KF, yang membuka kantor di Jakarta sejak 2019, telah menjadi penghubung vital dalam mempromosikan pemahaman dan kesadaran tentang Korea serta memupuk persahabatan lintas-budaya antara kedua negara.

"KF membuka kantornya di Jakarta pada tahun 2019 untuk mempromosikan pertukaran dengan Indonesia. Sejak itu, kami telah memperluas berbagai inisiatif yang disesuaikan untuk masyarakat lokal, termasuk studi Korea dan pendidikan bahasa Korea, jaringan dan pertukaran antar masyarakat, serta proyek pertukaran budaya," jelas Choi Hyun-Soo.

Choi Hyun-Soo menyebutkan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan pada tahun ini, seperti workshop untuk Indonesian Next-Generation Journalist Network, pameran seni luar angkasa Korea-Indonesia, seminar pendidikan bahasa Korea, serta upaya revisi buku teks bahasa Korea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen KF 2024

Choi Hyun-Soo kemudian menyebutkan komitmen KF di tahun depan untuk mengembangan hubungan bilateral Korea dan Indonesia.

"Tahun depan, kami berkomitmen untuk mengintensifkan upaya-upaya ini dengan lebih banyak program akademik dan budaya. Kami berharap dapat mencapai kemajuan signifikan dalam pengembangan hubungan bilateral antara kedua negara," tambahnya.

Choi Hyun-Soo berharap bahwa KF Friends Night 2023 menjadi momen untuk mempererat hubungan kedua negara dan merayakan keragaman budaya antara Korea dan Indonesia.

"Semoga persahabatan dan pertukaran antara Korea dan Indonesia semakin berkembang di tahun 2024," pungkas Choi Hyun-Soo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini