Sukses

AS Umumkan Tambahan Bantuan Senjata dan Peralatan ke Ukraina Senilai Rp3,8 Triliun

Paket tersebut mencakup amunisi pertahanan udara, komponen sistem pertahanan udara lainnya, amunisi tambahan untuk sistem roket artileri mobilitas tinggi, amunisi artileri 155mm dan 105mm, amunisi anti-lapis baja, dan lebih dari 15 juta butir amunisi senjata kecil.

Liputan6.com, Washington, DC - Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/12/2023) mengumumkan mereka akan memberikan tambahan senjata dan peralatan senilai USD 250 juta atau sekitar Rp3,8 triliun kepada Ukraina.

Paket tersebut mencakup amunisi pertahanan udara, komponen sistem pertahanan udara lainnya, amunisi tambahan untuk sistem roket artileri mobilitas tinggi, amunisi artileri 155mm dan 105mm, amunisi anti-lapis baja, dan lebih dari 15 juta butir amunisi senjata kecil.

"Bantuan kami sangat penting untuk mendukung mitra Ukraina kami dalam membela negara dan kebebasan mereka melawan agresi Rusia," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken, seperti dilansir Anadolu, Kamis (28/12/2023).

Memperhatikan bahwa koalisi lebih dari 50 negara terus memberikan dukungan untuk Ukraina, Blinken menuturkan, "Sangat penting bagi Kongres untuk bertindak cepat, sesegera mungkin, untuk memajukan kepentingan keamanan nasional kita dengan membantu Ukraina mempertahankan diri dan mengamankan masa depannya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Abadi AS untuk Ukraina

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS mengatakan pasca pengumuman tersebut bahwa Washington "terus menunjukkan komitmen abadinya terhadap pertahanan Ukraina melawan agresi brutal Rusia".

Pentagon mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa paket senilai USD 250 juta itu termasuk pula rudal anti-pesawat Stinger dan amunisi tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS).

"Kemampuan ini akan mendukung kebutuhan paling mendesak Ukraina untuk memungkinkan pasukannya mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan mereka," sebut Pentagon.

Sejak dimulainya perang Ukraina pada Februari 2022, AS telah mengirimkan sekitar USD 44,3 miliar bantuan militer ke Kyiv.

3 dari 3 halaman

Ukraina Penerima Paket Bantuan Terbesar

Pengumuman ini muncul ketika bantuan perang Ukraina tersendat di Kongres sebagai bagian dari permintaan dana tambahan senilai USD 106 miliar yang diajukan oleh Presiden Joe Biden. Anggota Kongres dari Partai Republik telah membuat persetujuan paket tersebut bergantung pada pembatasan migrasi dalam kebijakan perbatasan.

Sekitar USD 61,4 miliar dialokasikan untuk mengirimkan bantuan militer tambahan ke Ukraina, termasuk pendanaan untuk mengisi kembali persediaan AS yang akan ditransfer ke Kyiv.

Meskipun Ukraina sejauh ini merupakan penerima paket bantuan terbesar, dana tersebut juga mencakup USD 14,3 miliar untuk Israel, lebih dari USD 13 miliar untuk keamanan perbatasan, dan pendanaan untuk prioritas kebijakan lainnya, termasuk bantuan kemanusiaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.