Sukses

Niat Beli Telur Via Online, Keluarga di Singapura Justru Kena Tipu dan Kehilangan Tabungan Rp1,7 M

Penipuan malware, yang melibatkan korban mengunduh aplikasi yang menginfeksi ponsel mereka dengan malware, sedang meningkat di Singapura. Begini kronologi penipuannya.

Liputan6.com, Singapura - Sebuah keluarga di Singapura menjadi korban penipuan e-commerce saat mereka mencoba membeli telur secara online, di mana tabungan mereka senilai 150.000 dolar Singapura atau sekitar Rp1,7 miliar habis seketika.

Padahal, tabungan tersebut rencananya digunakan untuk membayar biaya kuliah anak-anak, biaya pengobatan, biaya pinjaman rumah dan dana pensiun. Mirisnya lagi, kejadian ini menimpa mereka hanya beberapa hari sebelum Natal.

Keluarga Singh, menolak disebutkan namanya secara lengkap dengan alasan perlunya melindungi diri dari penipuan lebih lanjut.

"Saya tidak dapat mempercayainya," kata Singh sebagai kepala keluarga.

"Saya sangat berhati-hati. Dan saya meminta ibu saya untuk berhati-hati terhadap penipuan yang terjadi di mana-mana," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kronologi Kejadian Penipuan

Kasus ini bermula pada 26 November, ketika istri Singh menemukan iklan Facebook yang menjual telur organik.

Dia pun memutuskan untuk mencoba membelinya, dan bersama suaminya mengklik tombol "pesan". Pasangan itu kemudian diarahkan ke obrolan WhatsApp dengan "penjual" bernama Jason.

Jason meyakinkan mereka tentang kualitas telurnya dan meminta deposit dilakukan melalui aplikasi, dan sisanya harus dibayar pada saat pengiriman. Dia kemudian mengirimkan tautan untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Singh menginstal aplikasi tersebut, menggunakannya untuk memesan 60 butir telur, dan diarahkan ke halaman pembayaran yang terlihat sangat mirip dengan halaman website bank.

Singh kemudian memasukkan rincian login akun UOB-nya. Transaksi gagal.

Dia memberi tahu Jason tentang masalahnya dan mencoba membatalkan pesanannya, tetapi Jason bersikeras untuk melanjutkan pengiriman, yang menurutnya akan dilakukan pada hari berikutnya.

3 dari 5 halaman

Dana Tabungan Terkuras Habis

Pada tanggal 27 November, Singh tidak menerima telur melainkan telepon dari petugas layanan pelanggan bank UOB, menanyakan tentang transaksi kartu kredit besar dan kuat yang "ditolak dengan keras" oleh Singh.

Ia pun kemudian mengecek rekeningnya di dua bank yang berbeda, dan menemukan semua dananya telah habis.

"Ketika (saya melihat) nol, nol, nol, saya pikir saya terkejut. Seperti saya menjadi zombie. Saya tidak tahu harus berbuat apa," kata Singh.

"Saya segera menghubungi istri saya… dan mengatakan bahwa kami telah ditipu," kenang Singh.

"Kami gemetar ketika berada di kantor polisi dan istri saya menangis dan dia masih menangis."

4 dari 5 halaman

Penyelidikan Berlangsung

Kepolisian Singapura mengonfirmasi kepada CNA bahwa laporan telah diajukan dan penyelidikan sedang berlangsung.

Keluarga Singh juga telah menghubungi bank-bank yang terlibat.

Singh mengatakan dia tidak menerima pemberitahuan, peringatan atau kata sandi satu kali pun untuk mengizinkan transaksi – meskipun dia biasanya menerima ini untuk transaksi yang melibatkan jumlah yang jauh lebih kecil.

"Bank harus mengambil tanggung jawab, setidaknya sebagian tanggung jawab," tambah Singh.

"Bukan saya yang turun dan menarik uang itu dan memberikannya kepada penipu... Saya bahkan tidak sadar hal ini sedang terjadi."

Dia berkata bahwa dia telah memercayai bank untuk menjaga uangnya, dan mereka seharusnya mengenali dan menghentikan transaksi penipuan tersebut.

5 dari 5 halaman

Bukan Kasus Pertama yang Terjadi

Rupanya, kasus mereka bukanlah yang pertama terjadi.

Penipuan malware, yang melibatkan korban mengunduh aplikasi yang menginfeksi ponsel mereka dengan malware, sedang meningkat di Singapura.

Pada paruh pertama tahun 2023, terdapat lebih dari 750 insiden pengguna perangkat Android menjadi korban penipuan semacam itu, yang menyebabkan kerugian setidaknya 10 juta Singapore dollar.

Pihak bank telah menerapkan langkah-langkah keamanan khusus sebagai respons terhadap hal ini, namun karena perkembangan teknologi di balik penipuan ini membuatnya menjadi sulit diatasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.