Sukses

Swedia Catat Suhu Dingin Ekstrem dalam 25 Tahun Terakhir, Capai Minus 43 Derajat Celcius

Swedia mencatat bulan Januari 2024 sebagai suhu dingin yang ekstrem.

Liputan6.com, Stockholm - Swedia pada Rabu (3/1/2024) mencatat malam terdingin di Januari dalam 25 tahun terakhir, dengan suhu minus 43,6 derajat Celcius. Tepatnya di ujung utara negara tersebut saat cuaca dingin melanda wilayah Nordik.

"Sebagai gambaran, ini adalah suhu terendah di Swedia pada bulan Januari sejak 1999," kata ahli meteorologi di badan cuaca nasional Swedia SMHI, Mattias Lind, kepada AFP.

Pada Januari 1999, suhu minus 49 derajat Celsius tercatat di Swedia, menyamai rekor yang dibuat pada tahun 1951.

Lind mengatakan, pengukuran pada hari Rabu dilakukan di stasiun Kvikkjokk-Arrenjarka di ujung utara Swedia.

"Ini adalah suhu terendah yang pernah tercatat di tempat tertentu sejak pengukuran dimulai pada tahun 1888," katanya, seperti dilansir CNA, Rabu (4/1/2024). 

Beberapa stasiun lain mencatat suhu di bawah minus 40 derajat Celcius di utara Swedia.

Meskipun penduduk di wilayah tersebut terbiasa melihat suhu yang sangat dingin, cuaca dingin yang terjadi baru-baru ini telah memaksa operator bus lokal untuk menghentikan layanan, dan operator kereta api Vy mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah membatalkan semua kereta di utara kota Umea selama beberapa hari.

Layanan kereta api juga terganggu di negara tetangga Finlandia, di mana rekor musiman minus 38,7 Celcius tercatat pada Selasa malam di wilayah utara Lapland.

Selain itu, beberapa pipa air yang membeku atau pecah juga dilaporkan, dan lembaga penyiaran Finlandia YLE mengatakan sekitar 300 orang di kota Tampere kehilangan air bersih pada hari Selasa.

Lebih jauh, gelombang dingin diperkirakan akan bergerak ke selatan dalam beberapa hari ke depan, dan ibu kota Finlandia, Helsinki, sudah mengalami penurunan suhu hingga minus 15 derajat Celcius pada hari Rabu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Baik Warga Setempat

Meskipun suhu diperkirakan akan lebih dingin besok, beberapa penduduk ibu kota tidak terpengaruh oleh prospek tersebut.

"Saya sangat menyukainya. Saya kira itu adalah pola pikir," kata Katja, seorang wanita di Helsinki, kepada AFP pada hari Rabu.

"Ini semua tentang pakaian," tambahnya.

"Iya, sepertinya akan dingin tapi cantik," kata temannya, Nita.

3 dari 4 halaman

Cuaca Dingin Ekstrem

Cuaca dingin ekstrem juga diperkirakan akan melanda Norwegia menjelang akhir minggu ini, dengan suhu di Oslo berpotensi turun hingga minus 27 derajat Celcius pada akhir pekan ini, menurut badan cuaca nasional.

Hujan salju lebat telah berdampak pada wilayah selatan negara itu dengan penutupan sekolah dan pembatalan penerbangan.

4 dari 4 halaman

China Catat 2023 Sebagai Tahun Terpanas

Sebaliknya, baru-baru ini China mencatat bahwa tahun 2023 adalah tahun terpanas sejak pencatatan dimulai, ungkap media pemerintah yang mengutip pihak berwenang pada Selasa 2 Januari 2024.

Suhu yang memecahkan rekor ini merupakan bagian dari serangkaian peristiwa ekstrem yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia pada tahun lalu – termasuk gelombang panas, kekeringan, dan kebakaran hutan yang menurut para ilmuwan diperburuk oleh perubahan iklim.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini