Sukses

Sejauh Apa Eskalasi Konflik Dunia Dibahas dalam Debat Capres Ketiga? Ini Pandangan Pengamat

Sejauh mana isu konflik dunia dibahas dalam debat pilpres antara paslon 01 Anies Baswedan, paslon 02 Prabowo Subianto dan paslon 03 Ganjar Pranowo malam ini?

Liputan6.com, Jakarta - Perang yang sedang berlangsung di Ukraina dan Palestina, sangat berdampak buruk terhadap keamanan dan stabilitas ekonomi global.

Perang di Ukraina juga mempengaruhi rantai pasokan global yang menyebabkan kenaikan harga komoditas global.

Ada pula isu genosida Israel yang terus berlanjut di Gaza juga meningkatkan ketegangan di Timur Tengah.

Lantas sejauh mana hal ini akan dibahas dalam debat pilpres antara paslon 01 Anies Baswedan, paslon 02 Prabowo Subianto dan paslon 03 Ganjar Pranowo malam ini?

Dikutip dari laman Antara News, Minggu (7/1/2023) menurut analis pertahanan Muhammad Teguh Ariffaiz Nasution yang saat ini sedang mengejar gelar pascasarjana di Studi Strategis Universitas Nasional Australia (ANU), eskalasi konflik apa pun di kawasan akan menimbulkan tantangan langsung dan tidak langsung terhadap keamanan dan kesejahteraan Indonesia.

Di dalam negeri, lingkungan geostrategis Indonesia semakin didominasi oleh persaingan yang intens antara Tiongkok dan Amerika Serikat, termasuk mengenai titik konflik regional utama di Taiwan dan Laut Cina Selatan.

Dengan mempertimbangkan dinamika keamanan regional dan global tersebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden Indonesia telah memaparkan grand design pembangunan pertahanan Indonesia.

Teguh Nasution mencermati, grand design tersebut memuat beberapa gagasan menarik seperti blue water navy dan strategi pertahanan berbasis anti-access/area denial (A2/AD).

Oleh karena itu, Anies, Prabowo, dan Ganjar perlu menguraikan bagaimana rancangan besar pertahanan mereka akan relevan untuk mengatasi potensi tantangan geostrategis yang akan dihadapi Indonesia secara regional dan global di debat pilpres malam ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini 5 Isu Geopolitik yang Wajib Dibahas Anies, Prabowo, dan Ganjar

Debat ketiga pemilu 2024 akan meliputi tema-tema kebijakan luar negeri, termasuk geopolitik dan pertahanan. Ada beberapa aspek yang membuat tema kebijakan luar negeriini sangat krusial bagi politik Indonesia.

Pertama, Indonesia sebagai negara besar di Asia Tenggara memiliki Konstitusi yang menugaskan untuk berperan aktif dalam perdamaian dunia, sehingga isu kebijakan luar negeri memiliki posisi penting bagi Indonesia secara konstitusional.

Kedua, Indonesia merupakan aktor regional yang signifikan di Asia Tenggara, Asia Pasifik, ataupun Indo Pasifik, baik itu secara geografis dan ekonomi. Indonesia juga merupakan salah satu negara pendiri ASEAN.

Ketiga, Indonesia merupakan salah satu negara "emerging middle power" di tengah politik dunia yang semakin multipolar. Mengingat situasi tersebut, presiden Indonesia harus bisa cerdas dalam memperhatikan isu dan mendesain kebijakan luar negeri agar Indonesia tidak rugi di kancah internasional.

Yang tak kalah penting adalah potensi ekonomi Indonesia. Investasi dan perdagangan internasional harus memiliki aturan yang jelas agar tidak menguntungkan segelintir pihak, tetapi merugikan lingkungan, bisnis kecil, hingga pekerja dalam negeri. 

Dan berikut kompilasi 5 isu geopolitik yang wajib dibahas dalam debat pilpres ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024.

Selanjutnya...

3 dari 3 halaman

Misi Anies-Muhaimin Terkait Pertahanan dan Hubungan Internasional yang Jadi Materi Debat Capres

Debat calon presiden atau debat capres untuk yang kali ketiganya kembali digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Istora Senayan Jakarta pada Minggu (7/1/2024) malam. Tema debat capres kali ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Berdasarkan dokumen Visi dan Misi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, berikut ini misi dan program yang diusung dalam kontestasi Pemilu 2024:

MEMPERKUAT SISTEM PERTAHANAN DAN KEAMANAN NEGARA, SERTA MENINGKATKAN PERAN DAN KEPEMIMPINAN INDONESIA DALAM KANCAH POLITIK GLOBAL UNTUK MEWUJUDKAN KEPENTINGAN NASIONAL DAN PERDAMAIAN DUNIA

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.