Sukses

Prabowo Subianto: Gagasan Anies Promosikan Budaya Populer Sifatnya Normatif

Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyebut gagasan Anies Baswedan untuk mempromosikan budaya populer Indonesia ke luar negeri sangat normatif.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyebut gagasan Anies Baswedan untuk mempromosikan budaya populer Indonesia ke luar negeri sangat normatif.

"Saya kira apa yang dikatakan pak Anies masuk akal, walaupun memang bersifat normatif," ujar Prabowo dalam Debat Capres di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).

"Kalao dikatakan negara yang berperan, kuncinya adalah kita harus punya dana yang cukup, kita harus punya tabungan yang cukup. Untuk itu kita harus ada laba yang cukup, neraca perdagangan yang positif."

Prabowo terus menekankan bahwa solusi utama untuk mendukung promosi budaya populer dengan cara melakukan hilirsasi, penghematan, penerimaan pajak yang baik.

Sebelumnya, Anies saat diberi pertanyaan soal upaya mempromosikan budaya populer menyatakan bahwa negara harus mengalokasikan sumber daya yang cukup soal kebudayaan.

"Bukan soal uang tapi investasi, dari karya seni, kuliner yang dibawa ke level global," ujar Anies.

"Dalam diplomasinya, Indonesia akan melibatkan mahasiswa hingga diaspora. Rumah kebudayaan dibangun di setiap region. Dimana indonesia menunjukkan karyanya, bukan sekerang komoditas tapi nilai budaya Indonesia."

Jika jadi presiden, Anies Baswedan berencana buka restoran Indonesia di seluruh dunia.

"Banyak restoran asing di Indonesia. Kita harus punya rumah kuliner, negara fasilitasi, swasta terlibat tapi investasi dari negara dulu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.