Sukses

Rudal Rusia Hantam Hotel di Kharkiv Ukraina, 11 Orang Terluka Termasuk Jurnalis Turki

Foto-foto dari State Emergency Service (Layanan Darurat Negara) Ukraina menunjukkan hotel tersebut rusak berat akibat serangan ruda Rusial, dan petugas pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian.

Liputan6.com, Kharkiv - Serangan Rusia diaporkan mengenai sebuah hotel di Kharkiv Ukraina.

"Dua rudal Rusia menghantam sebuah hotel di kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv, melukai 11 orang," kata gubernur Kharkiv seperti ikutip dari BBC, Kamis (11/1/2024). 

Foto-foto dari State Emergency Service (Layanan Darurat Negara) Ukraina menunjukkan hotel tersebut rusak berat akibat serangan rudal, dan petugas pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian.

Gubernur Oleh Synehubov mengatakan, korban luka termasuk jurnalis Turki. "Dua rudal S-300 menyerang sekitar pukul 22:30 (20:30 GMT)," katanya.

Rusia telah meningkatkan serangan udara ke kota-kota Ukraina dalam dua minggu terakhir. Para pejabat Ukraina mengatakan puluhan warga sipil tewas dalam serangan drone dan rudal tersebut.

Kharkiv, yang hanya berjarak 30 km (19 mil) dari perbatasan Rusia, telah mengalami kerusakan parah akibat serangan udara Rusia sejak Presiden Vladimir Putin melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

Dalam serangan terakhir, sembilan orang terluka dibawa ke rumah sakit, termasuk seorang pria berusia 35 tahun dalam kondisi serius, kata gubernur melalui layanan pesan Telegram.

Wali Kota Kharkiv, Ihor Terekhov, yang dikutip oleh kantor berita Ukraina Unian, mengatakan "tidak ada militer sama sekali" di hotel tersebut pada saat itu, namun 30 warga sipil berada di sana. Letaknya di Distrik Kyiv tengah kota. Dia mengatakan beberapa rumah dan mobil di dekatnya juga rusak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kota Belgorod, Rusia Jadi Serangan Ukraina

Kota Belgorod di Rusia, 74 km sebelah utara Kharkiv, sebelumnya pada 30 Desember 2023 dihantam oleh rudal dan drone Ukraina, yang menurut para pejabat Rusia menewaskan 25 warga sipil.

Rusia kemudian mulai memindahkan ratusan anak-anak Belgorod ke kamp liburan yang jauh dari Ukraina untuk tinggal selama tiga minggu. Sebuah kamp di wilayah Voronezh menerima 93 orang pada hari Rabu 10 Januari 2024 dan kemudian 280 orang tiba di wilayah Kaluga, TV pemerintah melaporkan, menambahkan bahwa para guru akan bergabung dengan mereka di sana.

 

3 dari 4 halaman

Zelenskyy Desak Sekutu Sediakan Lebih Banyak Senjata

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, dalam kunjungannya ke Lituania pada hari Rabu (10/1), mendesak sekutu Barat untuk menyediakan lebih banyak senjata pertahanan udara. Negara Baltik ini merupakan salah satu sekutu paling setia Ukraina dalam memperkuat perlawanan Kyiv terhadap pasukan Rusia.

"Saya senang kami memiliki perjanjian dengan Lituania dan banyak mitra lainnya," katanya di Vilnius.

Lituania dan dua negara tetangganya di Baltik, Latvia dan Estonia, adalah negara bekas Soviet yang kini tergabung dalam aliansi NATO.

Dalam hal PDB, Lituania adalah donor bantuan militer terbesar ke Ukraina, menurut laporan Institut Ekonomi Dunia Kiel Jerman. Namun, kontribusi AS terhadap pertahanan Ukraina adalah yang terbesar.

Zelenskyy, dikutip oleh Interfax-Ukraina, mengatakan Vladimir Putin "tidak akan tenang sampai dia menghancurkan Ukraina".

"Dia ingin menguasai kita sepenuhnya. Dan terkadang keraguan mitra kita mengenai bantuan keuangan dan militer ke Ukraina, reaksi cepat, memberikan keberanian dan kekuatan kepada Federasi Rusia."

Zelenskyy mengatakan pemimpin Rusia itu "tidak akan menyelesaikan perang ini, sampai kita semua menyelesaikannya bersama-sama" dan memperingatkan bahwa negara-negara Baltik dan Moldova "mungkin akan menjadi negara berikutnya".

4 dari 4 halaman

Pemimpin Ukraina Pertahankan Pengiriman Senjata

Dalam beberapa hari terakhir, pemimpin Ukraina telah mengadakan pembicaraan intensif dengan sekutu Barat yang bertujuan untuk mempertahankan pengiriman senjata penting. Serangan balasan Kyiv pada akhir tahun lalu hanya menghasilkan sedikit kemajuan, dan beberapa pihak di Barat mempertanyakan strategi Kyiv, sehingga memicu kekhawatiran mengenai dampak perang tersebut.

Karena Rusia kini berkomitmen untuk mengeluarkan belanja militer yang jauh lebih tinggi, negara-negara NATO sedang berjuang untuk meningkatkan produksi peluru artileri dan senjata berat lainnya.

Paket bantuan UE senilai €50 miliar (£43 miliar; $55 miliar) untuk Ukraina terhenti karena veto Hongaria, sementara Kongres AS yang terpecah terhenti karena bantuan militer tahap baru.

Setelah konferensi video dengan pemerintah Ukraina pada hari Rabu (11/1), NATO mengatakan pihaknya memiliki rencana untuk memberikan "miliaran euro kemampuan lebih lanjut" kepada Ukraina tahun ini.

"NATO mengutuk keras serangan rudal dan drone Rusia terhadap warga sipil Ukraina, termasuk senjata dari Korea Utara dan Iran,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini