Sukses

Resep Kue Tertua Ternyata Berasal dari Hungaria, Namanya Chimney

Catatan tertua yang mengindikasikan keberadaan kue dipanggang dengan cara diputar di atas bara api dapat ditelusuri hingga zaman medieval.

Liputan6.com, Budapest - Catatan tertua yang mengindikasikan keberadaan kue dipanggang dengan cara diputar di atas bara api dapat ditelusuri hingga zaman medieval (sekitar tahun 1450) dan terdapat dalam naskah dari Heidelberg. Deskripsi tersebut mencakup sepotong adonan yang diangkat harus dililitkan dalam bentuk heliks di sekitar pemutar panggang, dan kemudian disapu dengan kuning telur sebelum dipanggang.

Resep pertama Kürtőskalács yang diketahui berasal dari Transilvania, tercantum dalam buku masak Countess Mária Mikes dari Zabola pada tahun 1784 ("‘kürtős kaláts’ à la Mrs. Poráni").

Meski demikian, tidak ada penjelasan mengenai pemanis dalam persiapannya. Resep dari buku masak yang ditulis oleh Kristóf Simai pada tahun 1795 di Upper Hungary (Slovakia saat ini) pertama kali menyebutkan "pemanisan setelah dipanggang."

Trdelnik dari Szakolca didasarkan pada persiapan serupa, dengan permukaan kue yang ditaburi kacang cincang (misalnya, kenari, almond) sebelum dipanggang, dan gula hanya ditambahkan setelah proses pemanggangan. Ekstrak dari ‘Rézi néni Szakácskönyve’ (Buku Masak Bibi Rézi), yang diterbitkan di Szeged pada tahun 1876, menyajikan resep pertama yang menggunakan gula tabur pada kürtőskalács sebelum dipanggang untuk mendapatkan lapisan karamel gula.

Pertama kali disebutkan penggunaan tambahan topping pada lapisan karamel dalam 'Rézi néni szakácskönyve' (Buku Masak Bibi Rézi). Penggunaan kacang kenari cincang, potongan, atau kandungan lain sebagai tambahan topping baru mulai populer pada akhir abad ke-20. Buku masak Pál Kövi, 'Erdélyi lakoma' (Festival Transilvania), yang diterbitkan pada tahun 1980, tampaknya menjadi sumber pertama yang memberikan saran untuk menerapkan jenis topping ini. Berbagai macam topping seperti kayu manis, kelapa, kakao, dll., mulai banyak digunakan hanya pada akhir abad ini.

Variasi Eropa dan Tradisi Pesta

Di seluruh Eropa, kue cerobong ini memiliki berbagai nama. Di Rumania, mereka dikenal sebagai 'colac secuiesc,' yang secara longgar diterjemahkan sebagai 'roti Hongaria.' Sering ditemukan di pameran, festival, dan pasar musiman, kudapan ini dianggap sebagai sajian kuliner untuk acara istimewa.

Di Republik Ceko, variasi serupa dari pastri Hongaria ini disebut 'trdelnik.' Sebuah makanan jajanan jalanan yang populer, menghiasi jalan-jalan yang ramai di Praha dan menjadi langganan para wisatawan. Menyerupai kerucut cerobong asap, biasanya diisi dengan kelezatan seperti es krim atau Nutella.

Anda bisa mendapatkan resep lengkap makanan lainnya di Fimela.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini