Sukses

5 Bulan Perang Hamas Vs Israel di Gaza, 2 Ibu Meninggal Setiap Jam

Memasuki bulan kelima perang Hamas dan Israel di Gaza, sulit untuk menggambarkan penderitaan warga Palestina.

Liputan6.com, Gaza - Memasuki bulan kelima perang Hamas dan Israel di Gaza, sulit untuk menggambarkan penderitaan warga Palestina. Hiba Tibi dari CARE kemudian mencoba tugas yang hampir mustahil untuk mengungkapkan kondisi kehidupan yang hampir tak tertahankan dan trauma yang dialami orang-orang di Gaza:

"Lima bulan, 152 hari, 3.648 jam kengerian telah berlalu di Gaza. Sejak awal Oktober 2023, lebih dari 100.000 perempuan, laki-laki, dan anak-anak telah terbunuh atau terluka. Setidaknya satu dari 23 orang di Gaza tewas atau terluka parah; lebih dari 80% orang mengungsi, mengkhawatirkan nyawa mereka setiap detiknya," ujar Hiba Tibi seperti dimuat situs reliefweb.int pada Rabu 6 Maret 2024.

ReliefWeb adalah layanan informasi kemanusiaan yang disediakan oleh United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) atau Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan. Layanan ini dikelola oleh Bagian Layanan Digital dari Cabang Manajemen Informasi OCHA.

"Dua ibu telah meninggal setiap jam sejak eskalasi dimulai, ribuan anak kini menjadi yatim piatu, dan 2,3 juta warga Palestina berada di bawah ancaman kelaparan. Selama 152 hari, setiap hari, puluhan anak terbunuh dan terluka," sambung Hiba Tibi.

Di balik semua angka-angka ini, di balik semua fakta ini, ada orang-orang nyata. Wajah anak-anak menangis yang berduka atas orang tuanya, mata para ibu yang kosong karena kehilangan bayinya dan tidak dapat membayangkan bagaimana dunia dapat terus berjalan tanpa mereka, gemetarnya tubuh para ayah yang berusaha menemukan putra dan putri mereka di bawah reruntuhan setelah serangan udara.

Anak-anak bahkan berhenti berbicara karena apa yang mereka lihat, para ibu harus memberi makan anak-anak mereka pakan ternak atau rumput untuk mengisi perut kecil mereka dan menambah satu hari lagi dalam hidup mereka.

Adapun perundingan selama tiga hari dengan Hamas mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza dan pembebasan sandera Israel gagal mencapai terobosan pada Selasa (5/3/2024), kata para pejabat Mesir, kurang dari sepekan sebelum dimulainya bulan suci Ramadan.

Perang Hamas Vs Israel yang berlangsung selama hampir lima bulan ini telah menyebabkan sebagian besar wilayah Jalur Gaza hancur dan menciptakan bencana kemanusiaan yang semakin buruk, di mana banyak orang, terutama di wilayah Gaza Utara yang hancur, berjuang mencari makanan untuk bertahan hidup.

Sementara itu, pejabat senior Hamas Osama Hamdan menegaskan pada Selasa (5/3) bahwa kelompoknya menuntut gencatan senjata permanen, bukan jeda enam minggu, dan penarikan total pasukan Israel.

"Keamanan dan keselamatan rakyat kami hanya bisa dicapai dengan gencatan senjata permanen, diakhirinya agresi, dan penarikan diri dari setiap inci Jalur Gaza," kata Hamdan kepada wartawan di Beirut, Lebanon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perang yang Terus Berlanjut

CARE menggambarkan perang yang terus berlanjut dan memasuki bulan kelima sejak Oktober 2023, ibarat berada di persimpangan jalan, menahan napas untuk menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya. Setidaknya 15 anak telah meninggal karena kelaparan – dan ini hanya data dari satu rumah sakit. Di wilayah utara, satu dari enam anak di bawah usia dua tahun sudah mengalami kekurangan gizi akut sehingga mereka mungkin tidak dapat bertahan hidup besok.

Adapun CARE International telah beroperasi di Gaza dan Tepi Barat sejak tahun 1948. Sebelum konflik saat ini, Lembaga Swadaya Masyarakat ini membantu sekitar 200.000 warga Palestina di Gaza dan terus mendukung sekitar 300.000 orang di Tepi Barat untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar, meningkatkan pertanian dan pertanian, memberdayakan perempuan untuk memperoleh penghasilan, mendukung kepemimpinan perempuan, dan meningkatkan program kesehatan yang berfokus pada kekerasan berbasis gender, kesehatan seksual dan reproduksi, dan kesehatan mental anak.

"Kita tahu bahwa perkembangan kognitif dan fisik anak-anak akan sangat menderita, bahwa tubuh, hati, dan pikiran seluruh generasi akan terkena dampaknya di masa depan meskipun mereka selamat dari kelaparan saat ini," ulas CARE.

Namun, sejauh ini diketahui bahwa bantuan masih belum masuk, dan pekerja bantuan kemanusiaan kita mempertaruhkan nyawa mereka dalam melakukan pekerjaan mereka. Namun, blokade militer terus berlanjut, menghambat kemampuan masyarakat untuk mengakses pangan, memutus koridor kemanusiaan yang seharusnya menjadi jalur penyelamat bagi orang-orang yang sangat membutuhkan.

3 dari 4 halaman

Serangan di Gaza Kian Intensif

Laporan CARE menyebut serangan di Gaza semakin intensif dan kemungkinan serangan darat di Rafah, tempat lebih dari 1,3 juta orang berlindung, akan menjadi mimpi buruk yang tidak bisa kita bayangkan.

Setelah lima bulan konflik, pengungsian, kelaparan, kurangnya perawatan medis dan air bersih menjadi kenyataan bagi 2,3 juta orang.

Analisis CARE baru-baru ini menunjukkan bahwa 84% lampu di Gaza padam, dan 70% rumah sakit hanya mempunyai sedikit atau bahkan tidak ada lampu malam.

Selama berbulan-bulan kita mendengar tentang ahli bedah yang melakukan operasi tanpa anestesi, wanita yang menjalani operasi caesar dan anggota tubuh anak-anak diamputasi bahkan tanpa obat penghilang rasa sakit yang sederhana.

"Mitra kami mengatakan bahwa tempat penampungan yang mereka kelola menampung perempuan yang menguburkan bayi setiap hari, karena mereka tidak memiliki akses terhadap perawatan medis penting, atau hanya karena tidak ada cara untuk memberi makan mereka. Ini adalah krisis yang belum pernah kita lihat sebelumnya," lapor CARE.

 

4 dari 4 halaman

Desak Gencatan Senjata

Lima bulan berlalu, terlepas dari segalanya, kami tidak menyerah pada harapan dan tujuan kami untuk masa depan yang lebih aman dan damai bagi semua orang.

"Semakin lama konflik ini berlangsung, semakin keras kita akan menyerukan diakhirinya permusuhan ini. Semakin keras kita menyerukan gencatan senjata segera dan mengakhiri perang ini," tegas CARE.

"Kami tidak bisa berhenti berharap, dan kami tidak akan berhenti membantu orang-orang yang sangat membutuhkan. Kami berhutang budi kepada banyak orang yang telah kehilangan nyawanya. Kami berhutang budi kepada semua orang yang selamat dari mimpi buruk ini dan mengandalkan kami," sambung pernyataan CARE.

Atas dasar itu, CARE meminta gencatan senjata segera dan berkelanjutan, aliran bebas bantuan kemanusiaan di dalam dan di seluruh Gaza, evakuasi orang sakit dan terluka, dan pembebasan semua sandera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.