Sukses

4 Manfaat Hadirnya Keluarga dan Teman untuk Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Seseorang

Memiliki hubungan yang baik dengan anggota keluarga berkontribusi pada efek kesehatan yang positif seperti fungsi kognitif yang lebih baik dan beban hidup akan terasa ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan merupakan waktu yang sangat berharga untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Saat kita berkumpul, kita dapat berbagi cerita, tawa, dan keceriaan yang akan membuat momen tersebut menjadi tak terlupakan.

Terlibat dalam kebersamaan dengan keluarga dan teman tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkan momen liburan dengan baik dan menikmati setiap momen bersama orang-orang terdekat kita.

Seperti yang dilansir dari Piedmont, Sabtu (25/4/2024) ini dia empat alasan hadirnya keluarga dan teman dalam hidup penting untuk kesehatan mental dan fisik seseorang:

1. Membantu Mengatasi Stres

Menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman dapat menjadi cara yang lebih sehat untuk mengatasi stres, menurut sebuah penelitian dari Carnegie Mellon University.

Temuan ini menunjukkan bahwa orang cenderung mengandalkan dukungan sosial dari keluarga dan teman-teman mereka untuk mengatasi stres, dengan berbicara tentang masalah mereka, daripada mencari solusi negatif seperti minum alkohol, merokok, atau menggunakan narkoba.

2. Dapat Memperpanjang Umur

Mempunyai hubungan yang baik dengan keluarga, pasangan hidup, dan teman-teman dapat meningkatkan kualitas hidup Anda serta memperpanjang umur.

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh American Society of Aging menyatakan bahwa orang dewasa yang lebih tua dengan jaringan sosial yang luas cenderung memiliki memori episodik yang baik, fungsi kognitif yang optimal, dan tingkat stres yang lebih rendah.

Ini dapat mengurangi beban alostatik (kelelahan) pada tubuh dan otak akibat stres. Oleh karena itu, hubungan yang positif dengan orang-orang terdekat seperti pasangan hidup, anak-anak, saudara, dan teman dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis

Dukungan emosional yang diberikan oleh ikatan sosial dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis Anda. Menurut salah satu studi, orang yang melihat teman dan keluarga mereka sebagai sumber dukungan memiliki perasaan yang lebih besar akan makna hidup dan merasa memiliki tujuan hidup yang lebih kuat.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Stres memiliki potensi untuk memicu peradangan pada arteri, yang merupakan faktor risiko utama dalam perkembangan aterosklerosis atau penyumbatan arteri.

Namun, memiliki teman yang solid dan dukungan sosial yang kuat dapat berperan sebagai pelindung terhadap dampak negatif stres tersebut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine menunjukkan bahwa individu yang memiliki kemampuan untuk berbagi dan membicarakan masa-masa sulit dalam hidup mereka dengan teman dekat mengalami penurunan denyut nadi dan tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang merasa terisolasi dan tidak memiliki dukungan sosial yang memadai.

3 dari 4 halaman

Seberapa Penting Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga? Ketahui 4 Manfaatnya Berikut Ini

Keluarga adalah rumah, tempat kembali. Sejauh apa pun kamu melangkah dan selama apa pun kamu berkelana, tujuan akhirmu pasti untuk pulang, dan itu adalah keluarga. Lantas, apa saja manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga atau family time? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Family Focus Blog:

1. Memperkuat Ikatan Keluarga

Salah satu manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga, seperti melakukan kegiatan rekreasi adalah mempererat tali kekeluargaan. Hal ini berlaku untuk semua jenis aktivitas keluarga. Tidak selalu harus berupa kegiatan mewah yang membutuhkan biaya besar, bahkan aktivitas di rumah, seperti bermain, menonton film, berkebun, memasak pun mempunyai dampak yang besar bagi hubungan keluarga.

Perilaku positif ini akan membuat semua anggota keluarga merasa lebih dekat secara emosional. Menemukan cara menyenangkan untuk menghabiskan waktu khusus bersama harus menjadi sumber kebahagiaa. Manfaat ikatan keluarga sangat berkaitan dengan kemampuan keluarga beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Ikatan keluarga yang kuat merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat kamu lebih tahan terhadap peribahan dan tantangan hidup.

 2. Meningkatkan Prestasi Anak

Keberhasilan seorang anak dikaitkan dengan adanya peran orang tua yang memberikan bantuan dan bimbingan. Langkah pertama akan selalu menjadi langkah yang tersulit dan terpenting. Hal ini berlaku terutama dalam hal belajar. Apabila kamu, sebagai orang tua, memberikan bimbingan selama tahun pertama sekolah akademik anak kamu, ini akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan anak di masa depan.

Apabila kamu membantu anakmu dengan urusan sekolah, kemungkinan besar dia akan menerima pendidikan yang lebih baik. Hal ini memberi mereka peluang untuk mendapatkan prestasi dan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik di masa depan.

Hal ini dapat dimulai sejak taman kanak-kanak, ketika kamu meluangkan cukup waktu untuk memberi tahu anak kamu bahwa kamu menghargai pendidikan. Kamu juga perlu memberi tahu mereka bahwa kamu mengharapkan mereka melakukan upaya terbaiknya. Doronglah anakmu untuk berprestasi dan mendapatkan nilai lebih baik. Dengan menanyakan tentang hari mereka dan apa yang mereka pelajari akan membantu mereka memahami pentingnya pembelajaran.

4 dari 4 halaman

3. Membuat Lebih Sedikit Masalah

Family time bermanfaat bagi orang tua dan anak. remaja yang lebih banyak berkomunikasi dengan orang tuanya cenderung memiliki lebih sedikit masalah perilaku. Salah satu manfaat waktu bersama keluarga adalah anak akan mempelajari keterampilan interpersonal dari cara orang tua memperlakukannya. Keterampilan komunikasi adalah kunci dari semua masalah yang akan dihadapi anak.

Apabila kamu membantu anak kamu belajar dengan membicarakan masalah ketika mereka masih kecil, mereka secara alami akan melakukan hal yang sama seiring bertambahnya usia. Apalagi bila menyangkut anak di usia remaja. Semua orang tahu, remaja mengalami banyak momen sulit. Tidak ada yang lebih baik bagi mereka selain dengan mendapatkan nasihat yang tidak menghakimi dari orang tua yang peduli.

4. Menghasilkan Kebahagiaan yang Lebih Besar

Pada awalnya, yang kamu tahu hanyalah orang tua dan keluarga sehingga rasa memiliki dalam keluarga itu muncul dari waktu ke waktu. Dengan mengembangkan rasa memiliki sebagai seorang anak merupakan manfaat besar dari keluarga yang akan tetap bersama kamu sepanjang hidupmu. Rasa memiliki dapat membuat anak menjadi lebih bahagia.

Manfaat waktu bersama keluarga ini adalah belajar bahwa kamu diperhatikan dan dibutuhkan dan kedua elemen tersebut penting bagi kebahagiaan. Keluarga membutuhkan semua anggotanya untuk menjadi bagian yang aktif dan saling memberi agar dapat berfungsi dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.