Sukses

Menteri Kabinet Inggris John Glen Kunjungi Indonesia, Bahas Kerja Sama di Bidang Transformasi Digital

Inggris menunjukkan komitmen kerja sama dengan Indonesia di bidang transformasi digital hingga kesehatan melalui kunjungan Menteri Kantor Kabinet Inggris John Glen ke Jakarta pada 13-14 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kantor Kabinet Inggris John Glen mengunjungi Indonesia pada 13-14 Mei 2024 untuk melakukan kerja sama di bidang transformasi digital. Ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Inggris dan Indonesia, yang bertepatan dengan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

"Senang sekali bisa kembali mengunjungi Indonesia, negara dengan perekonomian yang berkembang dan populasi generasi muda yang dinamis, yang tentunya akan menentukan arah masa depan dunia," katanya seperti dikutip dari rilis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang diterima Liputan6.com, Senin (13/5/2024).

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Glen akan bertemu dengan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi guna membahas kemitraan bilateral di bidang digital dan pendidikan, serta Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Scenaider Siahaan mengenai kemitraan di bidang kesehatan dan sektor pembangunan.

"Tahun ini, kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia. Kerja sama kami dengan Indonesia dalam bidang teknologi masa depan, termasuk transformasi digital pada sektor bisnis, kesehatan, dan pendidikan semakin erat," lanjut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Mitra Penting di Kawasan Indo Pasifik

Selain itu, Glen juga dijadwalkan akan bertemu dengan Wakil Sekertaris Jendral ASEAN untuk urusan masyarakat dan perusahaan Nararya S. Soeprapto untuk membahas soal modernisasi dan efisiensi pelayanan publik.

"Sebagaimana dituangkan dalam Integrated Review Refresh (dokumen kebijakan luar negeri Inggris terbaru), kemitraan ini merupakan bagian penting dari Strategi Indo-Pasifik Inggris, dan kawasan ini sangat penting bagi perdamaian dan kemakmuran global," sambung Glen.

Sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Indo-Pasifik, Glen menyebut bahwa Indonesia menjadi mitra penting terkait isu perubahan iklim, melawan disinformasi, dan tantangan globalyang lebih luas.

"Itulah sebabnya kami memperdalam hubungan bilateral dan melalui peran penting kami sebagai Mitra Dialog ASEAN. Saya berharap dapat berdiskusi bagaimana kami akan melanjutkan kolaborasi kami di masa depan," kata dia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Tentang Menteri John Glen

John Philip Glen, pria kelahiran 1 April 1973, adalah seorang politikus Inggris dan mantan konsultan manajemen yang kini menjabat sebagai Menteri Kantor Kabinet sejak November 2023.

Sebagai anggota Partai Konservatif, ia pernah menjadi Anggota Parlemen ( MP) untuk Salisbury di Wiltshire sejak 2010.

Glen sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Parlemen untuk Seni, Warisan dan Pariwisata dari 2017 hingga 2018; Sekretaris Perekonomian Menteri Keuangan dan Kota dari Januari 2018 hingga Juli 2022; dan Sekretaris Utama Departemen Keuangan dari Oktober 2022 hingga November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini