Sukses

Daftar 8 Destinasi Terbaik Liburan di Asia Tenggara, Indonesia Termasuk?

Mulai dari Thailand hingga Laos, destinasi wajib kunjung yang menakjubkan tersebar di seluruh penjuru benua Asia, terutama di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Asia Tenggara memiliki paduan tradisi dan budaya yang menarik, dengan beberapa kuil, istana, dan situs alam paling luar biasa di planet Bumi ini.

Wilayah ini adalah rumah bagi beberapa destinasi terkenal, mulai dari Angkor Wat hingga Teluk Ha Long, serta sejumlah kota besar termasuk Bangkok, Kuala Lumpur, dan Singapura serta pantai-pantai yang belum terjamah di Indonesia dan Filipina.

Dan meskipun tempat-tempat seperti Bangkok dan Singapura telah menjadi tujuan favorit wisatawan Inggris selama beberapa dekade, destinasi lain mulai menarik perhatian lebih banyak orang. Mulai dari Laos yang kurang terkenal hingga Kamboja yang menjadi favorit para wisatawan backpacker.

Jika Anda ingin menjelajahi sebuah kota atau pun mengelilingi beberapa pulau tropis yang tentram, pilihan Anda akan sangat banyak di sudut dunia ini.

Berikut adalah pilihan negara-negara terbaik di wilayah Asia Tenggara untuk dikunjungi saat liburan, seperti dirangkum dari The Independent, Jumat (28/6/2024):

1. Thailand

Thailand telah lama menjadi favorit wisatawan Inggris, baik untuk para pelancong pemula maupun pengusaha. Ibu kotanya, Bangkok (dikenal sebagai Krung Thep di kalangan lokal), merupakan kota yang paling banyak dikunjungi di dunia selama beberapa tahun berturut-turut sebelum pandemi COVID dan berdekatan dengan kota kuno Ayutthaya.

Dengan puluhan pantai pasir putih terkenal di seluruh negara (seperti Railay dan Ko Phi Phi), serta beberapa daerah alam yang indah (salah satu yang paling unik adalah Taman Nasional Khao Sok) dan puluhan kuil dan istana, Thailand menawarkan campuran beragam dari wisata, pengalaman kota, dan relaksasi bagi siapa pun yang mengunjungi negara ini, tak lupa dengan masakan lezatnya.

Dengan musim hujan antara Juli dan Oktober, waktu terbaik untuk mengunjungi Thailand adalah antara bulan November dan April, ketika suhu lebih tinggi (dengan rata-rata suhu di awal 30-an). Mei biasanya merupakan waktu yang lebih tenang untuk berkunjung, tetapi sinar matahari dapat terganggu oleh hujan yang singkat.

2. Vietnam

Vietnam memiliki berbagai daerah alam yang menjadi wisata paling mencolok di negara ini. Teluk Ha Long adalah wilayah alam terkenal, sementara pantai Phu Quoc dan Kepulauan Cham menawarkan keindahan yang sama dalam pemandangan yang berbeda. Atraksi alam lainnya termasuk gua-gua Phong Nha dan Hang Son Doong, Pegunungan Marmer, dan bukit pasir di Mui Ne.

Sementara untuk perkotaan, Kota Ho Chi Minh, Hanoi, dan Da Nang adalah destinasi terbaik bagi mereka yang ingin merasakan 'kehidupan sibuk' negara Vietnam (Da Nang juga memiliki area pantai), sementara Hoi An kadang disebut sebagai 'Venice Vietnam' karena kanalnya dan Kota Tua yang terawat dengan baik yang terdiri dari toko-toko Cina kayu dan bangunan kolonial Prancis.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Vietnam adalah April dan September, karena jatuh tepat sebelum dan sesudah high season di Vietnam dan juga menawarkan kelembapan yang lebih rendah dan suhu yang lebih rendah daripada puncaknya musim panas. Dengan cuaca yang bisa sangat bervariasi di seluruh negara dalam bulan-bulan yang berbeda, Anda harus memikirkan cuaca terbaik saat berkunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Singapura

Merupakan destinasi populer bagi ekspatriat Inggris, diperkiraan terdapat 50.000 orang tinggal di Singapura. Ini adalah negara yang hampir berbeda dengan negara lainnya; strategi perencanaan urban telah menciptakan sebuah metropolis dan memungkinkan hampir enam juta orang tinggal di area yang berukuran kurang lebih setengah dari ukuran London.

Meskipun ukurannya kecil, negara ini menawarkan berbagai atraksi, mulai dari Taman Botani (situs warisan dunia UNESCO) serta museum sejarah dan seni hingga Gardens by the Bay, sebuah taman alam seluas 101 hektar, dan taman bermain Universal Studios.

Singapura juga menjadi tuan rumah balapan Formula 1, yang berlangsung pada bulan September di Marina Bay Street Circuit.

4. Indonesia

Merupakan negara terbesar di Asia Tenggara sejauh ini, Indonesia terletak di ujung selatan dan terdiri dari sekitar 17.500 pulau, termasuk pulau Sumatra dan Bali. Dengan begitu banyak pulau, tidak mengherankan bahwa kepulauan ini memiliki beberapa daerah paling menarik di wilayah tersebut.

Khususnya Bali, yang merupakan pusat wisata, sementara banyak pulau lain menawarkan hutan hujan tropis, daerah berbatu, dan bahkan gunung berapi (Indonesia terletak di wilayah Cincin Api Pasifik dan rentan terhadap letusan dan gempa bumi).

Jakarta adalah ibu kota dan kota terbesar di negara ini dan terletak bersama dengan kota wisata populer Yogyakarta di Pulau Jawa. Lokasi-lokasi yang indah termasuk Lombok dan Kepulauan Raja Ampat; Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Komodo menawarkan alam dan peluang melihat satwa liar yang tak terlupakan.

Musim kemarau biasanya berlangsung dari April hingga Oktober, yang juga waktu di mana negara ini menyambut jumlah turis terbanyak. Jika Anda ingin menghindari kerumunan, Mei dan Juni, tapi memiliki suhu tinggi rata-rata sekitar 31 derajat Celsius dan lebih dari delapan jam sinar matahari setiap harinya.

3 dari 4 halaman

5. Malaysia

Budaya Malaysia adalah campuran yang eklektik dari pengaruh Eropa, Tionghoa, India, dan Melayu, dan negara itu sendiri terkenal dengan hutan hujannya, pantainya, dan ibu kotanya, Kuala Lumpur, dengan Menara Kembar Petronas ikonik yang menjadi salah satu simbol terkenal negara itu.

Di luar ibu kota, banyak wisatawan memutuskan untuk mengunjungi bagian Malaysia dari Borneo, di bagian utara pulau di mana bisa berpetualang di hutan hujan, melihat satwa liar, dan bersantai di pantai. Semua bisa dilakukan. Kepulauan Perhentian dan Sipadan adalah dua tujuan populer lainnya, sementara pecinta alam sering mengunjungi Gua Batu, Gunung Kinabalu, dan Cameron Highlands.

Untuk menentukan waktu terbaik untuk berkunjung ke Malaysia, Anda diperkirakan bakal menghadapi kerumunan yang lebih sedikit dari Maret hingga Juni. Bulan-bulan ini memiliki suhu rata-rata sekitar 28 derajat Celsius, sementara Juni adalah bulan terkering dalam setahun (meskipun perlu diingat bahwa Anda masih bisa diguyur hujan setiap bulannya).

6. Filipina

Sebuah kepulauan lainnya, Filipina terdiri dari lebih dari 7.000 pulau. Sempat dijajah Spanyol selama lebih dari 300 tahun, Filipina merupakan salah satu negara mayoritas Katolik Roma di seluruh benua dan telah dipengaruhi oleh budaya dan tradisi Barat. Bagi siapapun yang ingin melihat kota-kotanya, Manila adalah ibu kota sementara Quezon adalah kota yang terbesar.

Pantai berpasir putih tropis melimpah di ribuan pulau negara ini, sementara gunung berapi Mayon dan Tail menawarkan pemandangan dramatis yang menghadap langsung ke air. Situs lainnya termasuk Laguna Sigma, Air Terjun Pagsanjan, dan sawah-sawah teras Batad.

Musim kemarau Filipina jatuh tepat di tengah musim rendah kunjungan turis. Bulan-bulan terkering adalah antara Januari dan Maret, di mana hujan sedikit dan kelembaban turun menjadi tingkat yang lebih dapat ditoleransi. Suhu diperkirakan 24 derajat Celsius dan yang terendah hingga 15 derajat Celsius setiap hari.

4 dari 4 halaman

7. Kamboja

Kamboja selalu menyambut wisatawan yang ingin belajar tentang sejarahnya yang rumit dan merasakan campuran budaya Asia dan Prancis. Merupakan negara yang sebagian besar rural, hanya tiga dari kota-kota lain yang memiliki lebih dari 100.000 penduduk meskipun populasi negara ini mencapai 16 juta jiwa.

Phnom Penh adalah ibu kota dan kota terbesar, sementara Siem Reap adalah pusat metropolitan lain yang juga menjadi gerbang menuju Angkor Wat, sebuah kuil kuno yang kini menjadi struktur keagamaan terbesar di dunia.

Pulau-pulau di negara ini, seperti Koh Rong dan Koh Rong Samloem, memiliki pantai-pantai putih yang bersih, teluk berpasir, serta terumbu karang. Pulau-pulau tersebut merupakan tempat populer untuk berpesta juga. Rangkaian pegunungan Cardamom yang membentang lebih dari 4,4 juta hektar hutan hujan melalui Asia Tenggara dan masuk ke Thailand timur ini merupakan rumah bagi berbagai macam satwa liar, termasuk beruang matahari, gajah, dan buaya siam.

Danau Tonle Sap adalah danau terbesar di Asia Tenggara, dengan air dan dataran banjirnya menjadi rumah bagi lebih dari tiga juta penduduk dan ratusan spesies hewan yang berbeda.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kamboja:

Suhu terendah terjadi di musim kemarau antara November dan Februari, sehingga bulan-bulan tersebut merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Kamboja. Namun, Anda masih akan mengalami suhu tinggi rata-rata 30 derajat Celsius.

8. Laos

Laos merupakan salah satu negara terkecil di benua ini, berbatasan dengan Vietnam di sebelah timur, Thailand di barat, dan Kamboja di selatan. Negara ini memberikan indikasi tentang geografi yang akan Anda temukan di sini.

Apabila Anda ingin melintasi hutan lebat dalam pelayaran di sepanjang Sungai Mekong yang berliku-liku, berpetualang di sekitar karst bergerigi di sekitar Vang Vieng, atau hanya bersantai di ibu kota yang santai, Vientiane, itu akan menarik untuk dilakukan.

Bangunan paling penting di Laos adalah Pha That Luang, sebuah stupa Buddha berwarna emas di Vientiane, sementara highlight lainnya di ibu kota termasuk kuil-kuil seperti Wat Si Saket dan kawasan tua. Jika Anda memiliki waktu, kunjungi Sungai Song yang damai dan kota Vang Vieng, sebelum menjelajahi kota Unesco Luang Prabang dan alam sekitarnya, termasuk air terjun, kolam renang, dan tepian Sungai Mekong.

Oktober dan April merupakan bulan terbaik untuk mengunjungi Laos, ketika kondisi tidak hujan dan tidak terlalu panas. Untuk pelayaran sungai, November hingga Januari adalah yang terbaik karena tingkat air yang sedang tinggi, sementara Agustus merupakan bulan paling sering hujan dan lembab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini