Sukses

Benarkah Badai Matahari Berbahaya bagi Manusia di Bumi? Ini Penjelasannya

Badai Matahari memiliki potensi untuk memicu aurora borealis, menyebabkan tampilan warna yang menakjubkan yang bisa terlihat dari beberapa bagian belahan Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) atau Badan Oseanografi dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat mengeluarkan peringatan badai geomagnetik G4 yang langka dan menandai badai pertama dengan magnitudo ini dalam hampir 20 tahun. 

Badai Matahari ini datang setelah beberapa hari terjadinya letusan matahari yang dilaporkan mengirimkan ledakan plasma dan medan magnet ke arah Bumi yang memicu 'peringatan' yang dapat menyebabkan tampilan cahaya yang mencolok dan gangguan komunikasi sebagai akibat dari peristiwa yang terjadi di luar angkasa, mengutip dari people.com, (26/5/2024). 

NOAA menggunakan Skala Cuaca Antariksa untuk berkomunikasi tentang tingkat keparahan badai dengan publik.

Alat ini menggambarkan gangguan lingkungan saat ini dan di masa depan dalam tiga jenis yaitu badai geomagnetik, badai radiasi matahari, dan pemadaman radio.

Badai geomagnetik G4 yang sedang berlangsung digambarkan sebagai hal yang "parah," magnitudo tersebut merupakan magnitudo kedua terkuat dalam skala,  dengan catatan di bawah magnitudo G5 adalah "ekstrim".

Skala tersebut juga menjelaskan efek yang mungkin terjadi pada setiap tingkat, selain dari bagaimana peristiwa itu terjadi dan intensitas penyebab fisiknya.

Ada tiga area baik di Bumi maupun di luar angkasa, yang dapat mengalami efek dari badai geomagnetik: sistem tenaga, operasi pesawat luar angkasa, dan sistem lain seperti navigasi satelit atau gangguan frekuensi radio.

Salah satu efek yang termasuk dalam area "sistem lain" adalah visibilitas aurora borealis, juga dikenal sebagai sinar utara. Kecerahan dan sudut pandang dari pemandangan warna-warni yang langka ini tergantung pada kategori badai tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu Badai Geomagnetic?

NOAA menggambarkan badai geomagnetik sebagai gangguan besar pada magnetosfer Bumi yang terjadi ketika terjadi pertukaran energi yang sangat efisien dari angin matahari ke lingkungan luar angkasa yang mengelilingi Bumi.

Secara sederhana, badai ini adalah gangguan pada atmosfer atas Bumi dan sebagian disebabkan oleh letusan matahari, yang NASA gambarkan sebagai ledakan radiasi intens yang berasal dari pelepasan energi magnetik yang terkait dengan 'bintik' matahari.

Badai ini juga disebabkan oleh pelepasan Coronal Mass Ejections (CMEs) atau massa koronal, atau plasma dan medan magnet dari korona matahari yang bergerak cepat ke Bumi karena angin matahari. Badai tersebut dapat berlangsung selama beberapa hari, tetapi umumnya akan berlangsung antara 12 hingga 48 jam

 

3 dari 4 halaman

Apakah Badai Matahari akan Mempengaruhi Makhluk Hidup di Bumi?

Untungnya, manusia tidak perlu khawatir dengan peringatan badai matahari yang sedang berlangsung. Meskipun memiliki magnitudo yang kuat, NASA menekankan bahwa radiasi berbahaya dari letusan matahari "tidak dapat melewati atmosfer Bumi untuk secara fisik mempengaruhi manusia di permukaan."

Namun, badai G4 dianggap "parah" karena dapat menyebabkan masalah teknologi dan gangguan komunikasi potensial di Bumi. (Perlu dicatat, badai G5 adalah magnitudo maksimum dari badai ini dan mungkin memiliki efek yang berbeda sebagai hasilnya.)

Di antara konsekuensi yang mungkin dari badai G4 adalah komplikasi pada sistem tenaga seperti "masalah pengendalian tegangan yang luas," seperti yang dicatat oleh NOAA. Selain itu, "beberapa sistem perlindungan akan secara keliru mematikan aset kunci dari jaringan."

Operasi pesawat luar angkasa "dapat mengalami pengisian permukaan dan masalah pelacakan," tulis badan itu, menambahkan, "koreksi mungkin diperlukan untuk masalah orientasi." Gangguan lain di permukaan Bumi dapat mempengaruhi navigasi satelit dan radio frekuensi rendah.

4 dari 4 halaman

Apakah Badai Matahari dapat Memicu Aurora Borealis?

Aurora Borealis dapat dipicu oleh badai matahari. Meskipun secara teknis bukanlah efek langsung pada Bumi, manusia bisa menikmati tampilan menakjubkan ini.

Namun, visibilitas cahaya tersebut — juga dikenal sebagai aurora borealis — tergantung pada beberapa faktor, salah satunya adalah lokasi di Bumi. Beberapa bagian dari Amerika Serikat akan memiliki kesempatan untuk melihat "tampilan aurora yang spektakuler."

Umumnya, aurora borealis terbaik dilihat dari lintang utara tinggi selama musim dingin di Alaska, Kanada, dan Skandinavia. Badai ini diprediksi akan terlihat dari Northern California dan negara bagian selatan seperti Alabama, menurut skala NOAA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.