Sukses

Studi Baru Pasien Demensia Stadium Lanjut, Ingatan Jernih 6 Bulan Sebelum Kematiannya

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer's and Dementia mengungkapkan bahwa sejumlah pasien demensia mendapati ingatan mereka kembali lebih dari enam bulan sebelum mereka meninggal.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pasien demensia stadium lanjut mungkin sempat kembali ke keadaan semula sebelum meninggal, terkadang hingga enam bulan sebelumnya, demikian temuan sebuah studi baru.

Kasus orang-orang terkasih dan petugas kesehatan yang menggambarkan penderita demensia tiba-tiba menjadi ingat dengan jernih atau baik dan terlibat dalam percakapan bermakna, serta berbagi kenangan lama sebelum meninggal telah didokumentasikan sejak tahun 1850-an.

Namun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa periode kejernihan ini terjadi hanya beberapa jam hingga beberapa hari sebelum kematian, demikian mengutip dari independent.co.uk, Sabtu (3/8/2024). 

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer's and Dementia mengungkapkan bahwa sejumlah pasien demensia seperti itu, mendapati ingatan mereka kembali lebih dari enam bulan sebelum mereka meninggal. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa jenis Lucid Episode (LE) --periode jernihnya ingatan-- dan tidak semua menandakan kematian yang akan datang.

Beberapa episode lucid juga mungkin disebabkan oleh stimuli eksternal seperti kehadiran orang yang dicintai atau musik, menurut temuan studi tersebut.

Dalam studi tersebut, para peneliti memeriksa LE, di antara orang-orang dengan Alzheimer tahap lanjut dan demensia terkait lainnya dan melakukan survei terhadap 151 caregiver yang kehilangan yang melaporkan menyaksikan episode semacam itu kapan saja.

Hampir 20 persen perawat melaporkan bahwa pasien mereka mengalami LE dalam waktu tujuh hari setelah kematian, sementara lebih dari sepertiga mengatakan pasien meninggal seminggu hingga enam bulan setelah LE.

Mayoritas pasien, hampir 48 persen, hidup “lebih dari enam bulan setelah LE”, demikian temuan studi tersebut.

“Jenis LE ini terjadi bersamaan dengan kunjungan keluarga, lebih sering dilaporkan oleh anak-anak yang tidak tinggal bersama pasien dan memiliki frekuensi kontak terendah.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Kesadaran dari Pasien

Temuan ini menunjukkan bahwa kunjungan keluarga yang tidak biasa atau jarang dapat memicu respons sadar dari pasien tersebut.

"Atau mungkin keluarga atau teman, yang tidak terbiasa dengan rutinitas dan fluktuasi kognitif harian pasien, baik menarik makna dari fluktuasi ini atau dipersiapkan untuk memperhatikan perilaku yang pengunjung rutin lewatkan," catat para peneliti.

Mengutip batasan utama dari studi ini, mereka mengatakan beberapa interpretasi subjektif tentang perilaku pasien yang dianggap sebagai LE oleh caregiver mungkin bukan episode semacam itu.

Para peneliti meminta penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi jenis episode lucid ini dan untuk menentukan apakah mereka valid dalam sampel pasien dan caregiver yang lebih beragam.

"Pemahaman yang lebih dalam tentang pembalikan sementara kemampuan kognitif bisa mengarah pada cara untuk memicu beberapa jenis LE dan memperpanjang durasi yang lain," kata mereka.

"Konseptualisasi lebih lanjut juga dapat membantu mengedukasi dengan benar para penyedia perawatan dan caregiver keluarga tentang kemungkinan kejadiannya dan mendukung caregiver keluarga."

3 dari 4 halaman

Apa itu Demensia?

Demensia adalah kondisi yang ditandai dengan menurunnya daya ingat seseorang. Namun, pada dasarnya demensia bukanlah suatu penyakit melainkan serangkaian gejala penurunan kognitif yang mengganggu seseorang dalam melakukan kegiatan harian. Penyakit Alzheimer adalah salah satu jenis dari demensia.

Demensia mengacu pada gejala kognitif seperti kehilangan ingatan, kesulitan berpikir jernih, kesulitan fokus, dan ketidakmampuan mengendalikan emosi.

Meski demensia umumnya ditandai dengan hilangnya ingatan, ini berbeda dengan amnesia. Kehilangan ingatan saja tidak berarti seseorang mengidap demensia meski seringkali merupakan salah satu tanda awal dari kondisi ini.

Gejala Demensia

Tanda-tanda penurunan kognitif dapat bervariasi bagi setiap orang, tapi ada beberapa yang khas dari gejala demensia, yaitu:

  • Kebingungan
  • Kesulitan memahami orang lain
  • Kesulitan membaca atau menulis
  • Halusinasi, delusi, atau paranoia
  • Sulit berbicara
  • Impulsif
  • Kehilangan minat
  • Hilang ingatan
  • Masalah dengan gerakan
  • Berkeliaran dan tersesat (bahkan di tempat yang familiar).

Melansir Verywell Health, gejala demensia sering dikategorikan menjadi tiga tahap: tahap awal, tahap menengah, dan tahap akhir. Gejala meningkat dan biasanya semakin memburuk saat seseorang berpindah dari tahap awal ke tahap akhir.

4 dari 4 halaman

Demensia Tahap Awal

Pada tahap ini, kemampuan fungsi otak penderita masih dalam tahap normal. Sehingga, gejala demensia tahap awal sering terabaikan.

Selama tahap ini, seseorang bisa mengalami kelupaan, lupa waktu, dan tersesat di tempat yang bukan tempat baru atau asing.

Orang dengan demensia tahap awal umumnya masih dapat melakukan kegiatan harian secara mandiri.

Demensia Tahap Tengah

Gejala sering menjadi lebih jelas saat demensia berkembang ke tahap tengah. Seseorang dapat melupakan kejadian yang baru dilakukan atau bahkan nama orang yang dekat dengannya.

"Mereka mungkin menjadi mudah bingung, kesulitan berkomunikasi, dan berulang kali mengajukan pertanyaan."

Pada tahap ini, orang dengan demensia memerlukan bantuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari, seperti yang melibatkan kebersihan pribadi.

Mereka juga mengalami perubahan kepribadian, menjadi lebih mudah gelisah, mudah marah, dan bersikap kasar.

Mereka juga bisa mengalami kesulitan tidur, kesulitan dalam membaca dan menulis, menjadi apatis, menarik diri dari lingkungan.

Demensia Tahap Akhir

Gejala menjadi sangat parah ketika demensia memasuki tahap akhir. Ketika sudah masuk ke tahap ini, seseorang dapat dikatakan mengalami demensia berat.

Orang dengan demensia stadium akhir sering kali membutuhkan pengasuh penuh waktu karena demensia pada tahap ini menyebabkan pasien tidak dapat hidup mandiri

  • Tahap ini dapat melibatkan gejala-gejala berikut:
  • Inkontinensia kandung kemih atau usus (buang air tidak terkendali)
  • Delusi (pikiran dan pandangan yang tidak rasional)
  • Halusinasi (melihat atau mendengar hal-hal yang tidak ada)
  • Peningkatan kehilangan memori
  • Paranoia (yaitu, meningkatnya kecurigaan terhadap orang-orang di sekitar)
  • Berkurangnya mobilitas (yaitu, kesulitan berjalan, menelan, makan, atau berpakaian).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.