Sukses

Tanpa Tidur, Wanita Nepal Pecahkan Rekor Pendakian Gunung Everest dalam Waktu 24 Jam

Wanita tersebut memilih melakukan pendakian saat malam hari untuk menghindari kerumunan orang.

Liputan6.com, Kathmandu - Sorang warga Nepal bernama Phunjo Lama berhasil memecahkan rekor dunia sebagai wanita pertama yang mendaki Gunung Everest dengan waktu tercepat, 24 jam dan 26 menit tanpa berhenti untuk tidur.

Dilansir CNN, Jumat (31/5/2024), perjalanannya dari Everest Base Camp ke puncak memakan waktu 14 jam 31 menit, kemudian turun dari Everest memakan waktu sembilan jam 18 menit. Dia meninggalkan Base Camp pada 23 Mei pukul 15.52 dan tiba di puncak dunia pada pukul 6.23 keesokan paginya.

Karena kondisi yang menantang di Gunung Everest, peluang untuk mencapai puncak gunung menjadi kecil. Setiap tahun, muncul foto-foto yang menunjukkan antrean panjang pendaki dan "kemacetan" yang kadang berlangsung berjam-jam.

Sementara itu, Lama memilih untuk mendaki pada malam hari untuk menghindari kerumunan.

Rekor pendakian tercepat dibuat dari Base Camp karena kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian ekstrem.

Lama menghabiskan waktu tiga minggu di sana sebelum dia mencapai puncak dan ditemani oleh rekan pendakiannya, Samantha McMahon, yang telah menetapkan tujuan untuk menjadi wanita Australia pertama yang mendaki semua puncak setinggi 8.000 meter di dunia.

Menurut Guinness World Records, yang melihat total waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan pulang dari Base Camp, Lama mencetak rekor Everest pertamanya pada tahun 2018, dengan waktu 39 jam enam menit. Rekor tersebut dipecahkan pada tahun 2021 oleh Ada Tsang, penduduk asli Hong Kong, dalam waktu 25 jam 50 menit.

Tahun ini adalah pendakian Everest kedua yang dilakukan Lama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Terobsesi Pecahkan Rekor

Saat ini, rekor pendakian tercepat pendaki pria adalah 10 jam 56 menit, yang dibuat oleh Lhakpa Gelu Sherpa Nepal pada tahun 2003.

Terlepas dari pencapaiannya, Lama mengatakan dia tidak terobsesi untuk mengejar rekor atau diakui oleh Guinness. Dia mengatakan bahwa ada orang lain yang menghubungi Guinness pada tahun 2018 atas namanya.

3 dari 3 halaman

Menghabiskan Hidupnya untuk Mendaki

Lama menjalani sebagian besar hidupnya di ketinggian 4.500-5.000 meter di atas permukaan laut.

Dia dibesarkan di komunitas penggembala yak di Lembah Tsum yang terpencil di Nepal, dan berbicara dengan dialek lokal.

Baru setelah dia pindah ke Kathmandu saat remaja, dia belajar berbicara bahasa Nepal dan kemudian bahasa Inggris.

"Pegunungan adalah taman bermain dan rumah saya," katanya kepada CNN.

"Gunung tidak pernah mengatakan bahwa kamu adalah seorang wanita dan kamu adalah seorang pria. Itu sebabnya aku menyukai gunung, karena gunung selalu sama."

Selain Everest, Lama telah mendaki Denali di Alaska, gunung tertinggi di Amerika Utara, dan berharap untuk mendaki K2 di Pakistan, puncak tertinggi kedua di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini