Sukses

Kata 'Tolong' Sudah Jarang Terdengar dalam Permintaan Orang Amerika Serikat, Kesopanan Menurun?

peneliti di UCLA menemukan hanya 7% dari mereka yang masih mengawali permintaan dengan frasa sopan tersebut.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Menurut sebuah studi baru mengenai etiket Amerika, kata "tolong" sudah tidak lagi digunakan.

Seperti dikutip dari New York Post, Jumat (31/5/2024), setelah memeriksa rekaman dari 1.000 orang yang berbeda saat berinteraksi dengan orang terdekat, kolega, dan lainnya, peneliti di UCLA menemukan hanya 7% dari mereka yang masih mengawali permintaan dengan frasa sopan tersebut.

Menurut temuan yang diterbitkan bulan ini di Social Psychology Quarterly, pria dan wanita menggunakan kata 'tolong' dalam jumlah yang hampir sama, masing-masing 6% dan 7%. Namun, orang dewasa secara keseluruhan lebih sering menggunakannya saat meminta sesuatu dari seorang pria.

Menurut studi tersebut, anak-anak hanya mengucapkan 10% dari waktu saat meminta sesuatu.

Sementara orang dewasa menggunakan kata tersebut 8% ketika sedang berbicara dengan anak-anak, mereka hanya mengucapkan 6% dari waktu saat berbicara dengan sesama orang dewasa.

"Tidak banyak data lama yang dapat memberikan gambaran tentang bagaimana tingkat penggunaannya mungkin telah berubah dari waktu ke waktu, tetapi kami menduga bahwa ini sebenarnya bukan perkembangan yang baru," kata Andrew Chalfoun, salah satu penulis studi dan kandidat PhD di bidang sosiologi di UCLA, kepada Yahoo News.

Sekitar setengah dari waktu penelitian, para peneliti mengamati bahwa kata "tolong" digunakan dalam upaya "mengatasi perlawanan atau keengganan" untuk memenuhi permintaan seseorang.

"Banyak penggunaan kata 'tolong' jelas digunakan untuk memberikan tekanan agar pihak lain mematuhi peraturan," kata Chalfoun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dianggap Bukan Standar Kesopanan Lagi

Chalfoun menggunakan contoh skenario nyata yang diamati tim, di mana seorang anak perempuan meminta ibunya untuk membeli gaun baru dan mengunakan kata "tolong" setelah ibunya yang awalnya menolak.

Ia menjelaskan bahwa orang menganggap kata "tolong" sebagai kata yang "kita gunakan ketika kita membuat permintaan yang sebenarnya tidak seharusnya kita buat, tetapi kita tetap melakukannya."

"Ini mengakui fakta bahwa ini semacam hal yang bermasalah untuk diminta," katanya, seraya menambahkan bahwa kata tersebut tidak dianggap sebagai "token kesopanan" yang standar.

Sebaliknya, para penulis studi menemukan bahwa kata tersebut digunakan sebagai cara strategis untuk mendapatkan apa yang diinginkan, hampir seperti prasyarat untuk membuat orang lain mengalah, karena akan dianggap "tidak sopan" untuk menolak permintaan seseorang jika mereka memintanya dengan sopan.

“Kami tahu bahwa orang-orang merasa sulit untuk mengatakan tidak pada permintaan karena itu dianggap tidak sopan,” kata Vanessa Bohns, seorang profesor psikologi sosial di Cornell University yang tidak terlibat dalam studi tersebut, kepada Yahoo News.

“Dengan menambahkan 'tolong' ke dalam permintaan, orang yang meminta pada dasarnya mengingatkan targetnya akan norma-norma kesopanan tersebut. Ini pada dasarnya mengatakan kepada target permintaan untuk 'Ingat tata kramamu.'”

Lalu, apakah sia-sia mengajarkan anak-anak untuk menggunakan kesopanan yang sekarang sudah kuno ini? Cukup rumit, karena hal ini tidak selalu menghasilkan niat atau perilaku yang sopan.

 

3 dari 4 halaman

Etiket Dasar Orang Amerika

Layaknya orang lain dari berbagai negara, Amerika juga memiliki etiket dasar sendiri. 

Berikut beberapa etiket dasar yang diterapkan oleh orang Amerika, seperti dirangkum dari Cultural Atlas, Jumat (31/5);

  • Orang Amerika sangat mementingkan manajemen waktu dan ketepatan waktu. Keterlambatan dan ketidaktepatan waktu sering kali dianggap buruk oleh mereka dan diinterpretasikan sebagai tanda tidak hormat atau kasar. Namun, keterlambatan bisa diterima dalam beberapa konteks (misalnya, saat menghadiri pesta besar atau pertemuan sosial).
  • Memulai percakapan dengan orang asing tanpa memperkenalkan diri merupakan hal yang normal bagi orang Amerika, misalnya saat berdiri dalam antrean atau duduk bersebelahan di suatu acara.
  • Hindari berbicara dengan suara keras di ponsel di sekitar orang lain, terutama di tempat umum tertutup (seperti kereta, restoran, museum, ruang tunggu, dan lift). Perilaku ini dianggap kasar dan tidak memperhatikan orang lain di mana saja di tempat umum, termasuk di ruang terbuka.
  • Tidak pantas untuk bertanya tentang berat badan atau usia seseorang, terutama kepada seorang wanita. Tidak sopan juga membicarakan keuangan pribadi seseorang. Pertanyaan tentang gaji, kekayaan, atau berapa harga sesuatu dianggap sebagai invasi privasi dan sangat kasar.
  • Gaya pakaian bervariasi berdasarkan status sosial, wilayah, pekerjaan, dan iklim, serta antara lingkungan sosial yang berbeda (misalnya, wawancara kerja vs. pesta barbeque).
4 dari 4 halaman

Etika Saat Makan

Terdapat juga beberapa etika dasar Orang Amerika ketika sedang makan, terutama ketika sedang makan bersama keluarga ataupun teman; 

  • Tunggu sampai semua orang telah duduk dan dilayani sebelum makan. Tuan rumah sering memberi isyarat kapan waktunya untuk mulai makan.
  • Di beberapa rumah tangga yang religius, keluarga mungkin mengucapkan doa terlebih dahulu sebelum makan (dikenal sebagai mengucapkan 'grace').
  • Di rumah, hidangan biasanya dioperkan agar semua orang bisa mendapatkan bagian makanan. Jika Anda tidak menginginkan salah satu hidangan yang dioperkan, Anda dapat menolaknya dengan terus mengoperkannya.
  • Mintalah seseorang untuk mengoperkan hidangan kepada Anda daripada menjangkau ke seberang meja untuk mengambilnya.
  • Serbet harus diletakkan di pangkuan Anda selama makan.
  • Orang Amerika menggunakan alat makan untuk makan kecuali saat makan makanan cepat saji tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini