Sukses

Kurangi Kadar Garam dalam Makanan, Perusahaan Jepang Bikin Sendok yang Bisa Ciptakan Rasa Asin

Ide awal perusahaan tersebut menciptakan sendok unik itu adalah untuk mengimbau masyarakat mengurangi garam.

Liputan6.com, Tokyo - Perusahaan teknologi Jepang, Kirin Holdings baru-baru ini meluncurkan sendok penambah rasa yang diberi nama "Elecispoon". Sendok unik ini bisa memberikan rasa asin sehingga membuat makanan terasa lebih enak.

Dilansir Oddity Central, Rabu (5/6/2024), para peneliti perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan para ilmuwan di Universitas Meiji untuk mengembangkan rangkaian peralatan dapur yang menggunakan listrik untuk membuat makanan terasa lebih asin dan enak daripada yang sebenarnya.

Saat itu, mereka sedang menguji sendok dan mangkuk yang dapat membuat makanan 1,5 kali lebih asin dibandingkan sebelumnya, namun tampaknya hanya sendok tersebut yang berhasil dipasarkan.

Kirin Technology baru-baru ini mengumumkan produk terbarunya, Elecispoon, sendok pintar yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan membantu mereka mengurangi garam dalam makanan mereka.

Penggunaan garam berlebih merupakan masalah yang sudah lama terjadi di Jepang. Di sisi lain, banyak masyarakat Jepang tidak begitu menyukai makanan rendah garam. Maka dari itu, sulit untuk mengimbau masyarakat mengurangi garam meski bertujuan untuk manfaat kesehatan.

Sendok "Elecispoon" pun menjadi solusinya, untuk mensiasati lidah agar dapat merasakan makanan lebih enak walaupun kadar garamnya dikurangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Sendok Asin

Sendok tersebut menggunakan teknologi bentuk gelombang unik untuk mengelabui selera pengguna.

Menurut Kirin, di ujung sendok terdapat mekanisme yang mampu mentransfer muatan listrik ke makanan yang disentuhnya sekaligus menghasilkan medan listrik di sekitar lidah. Bidang ini menyebabkan ion natrium dalam makanan berkumpul, sehingga menghasilkan rasa asin dan rasa yang lebih kuat.

Lantaran setiap orang merasakan rasa asin secara berbeda-beda, Elecispoon memiliki empat pengaturan intensitas listrik.

Meskipun memiliki gelombang listrik, Kirin menyebut bahwa tingkat tertinggi intensitas listrik di sendok tersebut tidak akan menimbulkan sensasi mengejutkan atau bahkan kesemutan.

Sendok tersebut membutuhkan baterai lithium isi ulang.

3 dari 3 halaman

Tidak Bisa Dipakai Semua Orang

Meski sendok ini terlihat seperti solusi untuk mengurangi asupan garam, Kirin Holdings menegaskan bahwa tidak semua orang boleh menggunakannya. Orang dengan kelainan saraf wajah, alergi logam, atau ketidakmampuan mendeteksi rasa sakit atau suhu sebaiknya tidak menggunakan Elecispoon.

Sendok ini juga tidak disarankan untuk orang dengan implan medis bertenaga listrik, wanita hamil, dan orang yang sedang menjalani perawatan gigi.

Kirin Holdings baru memproduksi 200 sendok yang akan dijual secara online dengan harga 19.800 yen atau sekitar Rp2 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.