Sukses

Dukung Palestina, Maladewa Larang Warga Israel Masuk

Hampir 11.000 warga Israel mengunjungi Maladewa tahun lalu, yaitu 0,6 persen dari total kunjungan wisatawan ke negara itu.

Liputan6.com, Male - Pemerintah Maladewa akan melarang warga Israel mengunjungi kepulauan di Samudra Hindia itu, yang terkenal dengan resor mewahnya.

Langkah ini diambil seiring meningkatnya kemarahan publik di negara berpenduduk mayoritas muslim tersebut atas perang di Jalur Gaza.

Kantor Kepresidenan Maladewa mengatakan pada hari Minggu (2/6/2024) bahwa kabinet memutuskan mengubah undang-undang untuk mencegah pemegang paspor Israel memasuki negara tersebut dan membentuk subkomite untuk mengawasi prosesnya. Demikian seperti dilansir kantor berita AP, Senin (3/6).

Dikatakan bahwa Presiden Maladewa Mohamed Muizzu akan menunjuk utusan khusus untuk menilai kebutuhan Palestina dan meluncurkan kampanye penggalangan dana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reaksi Israel

Merespons langkah Maladewa, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Oren Marmorstein menuturkan pihaknya merekomendasikan warga Israel untuk menghindari perjalanan apa pun ke Maladewa, termasuk mereka yang memiliki paspor asing.

Marmorstein juga meminta warga Israel yang saat ini berada di Maladewa mempertimbangkan untuk meninggalkan negara itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.