Sukses

274 Warga Palestina di Kamp Nuseirat Terbunuh Demi Selamatkan 4 Sandera Israel yang Ditahan Hamas

Pembunuhan begitu banyak warga Palestina, termasuk perempuan dan anak-anak, dalam sebuah operasi yang dirayakan oleh Israel diklaim operasi penyelamatan terbesar sejak 7 Oktober 2023.

Liputan6.com, Gaza - Setidaknya 274 warga Palestina terbunuh dan ratusan lainnya terluka dalam serangan Israel yang menyelamatkan empat sandera yang ditahan oleh Hamas, kata Kementerian Kesehatan Gaza pada Minggu (9/6/2024) seperti dikutip dari Associated Press (AP).

Militer Palestina mengatakan pasukannya mendapat serangan hebat selama operasi kompleks siang hari jauh di dalam wilayah tersebut.

Pembunuhan begitu banyak warga Palestina, termasuk perempuan dan anak-anak, dalam sebuah operasi yang dirayakan oleh Israel sebagai sebuah keberhasilan yang menakjubkan karena keempat sandera berhasil diselamatkan hidup-hidup, menunjukkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi tersebut. Selain jumlah korban yang sudah melonjak selama delapan bulan perang panjang yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober.

Sejumlah sandera diyakini ditahan di daerah padat penduduk atau di dalam labirin terowongan Hamas, menjadikan operasi semacam itu sangat rumit dan berisiko. Serangan serupa pada bulan Februari menyelamatkan dua sandera dan menyebabkan 74 warga Palestina tewas.

Serangan kompleks di Nuseirat, sebuah kamp pengungsi yang dibangun di Gaza tengah sejak perang Arab-Israel tahun 1948, adalah operasi penyelamatan terbesar sejak 7 Oktober 2023, ketika Hamas dan militan lainnya menyerbu melintasi perbatasan, menewaskan sekitar 1.200 orang -- sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang.

Israel melancarkan serangan besar-besaran sebagai respons yang telah menewaskan lebih dari 36.700 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan dalam perhitungannya.

Dikatakan hampir 700 orang terluka dalam serangan hari Sabtu (8/6). Kementerian Kesehatan Gaza tidak mengatakan berapa banyak korban yang merupakan perempuan dan anak-anak, namun wartawan Associated Press melihat beberapa orang dirawat di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di kota terdekat Deir al-Balah setelah serangan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ironi Serangan Israel Demi Bebaskan 4 Sandera yang Ditahan Hamas

Warga Israel merayakan kembalinya sandera Israel; Noa Argamani, 26; Almog Meir Jan, 22; Andrey Kozlov, 27; dan Shlomi Ziv, 41, setelah pasukan Israel menggerebek dua lokasi sekaligus saat diserang.

Argamani adalah salah satu sandera yang paling dikenal luas setelah diculik, seperti tiga sandera lainnya, dari sebuah festival musik. Video penculikannya menunjukkan dia duduk di antara dua pria di atas sepeda motor sambil berteriak, “Jangan bunuh saya!”

Ibunya, Liora, yang mengidap kanker otak, sempat merilis video permohonan untuk bertemu putrinya. Channel 13 Israel mengatakan Argamani dipindahkan ke rumah sakit tempat ibunya dirawat.

Sementara itu di Gaza, petugas medis menggambarkan pemandangan yang mengerikan dan kacau ketika orang-orang yang terluka berdatangan ke rumah sakit terdekat yang sudah berjuang untuk merawat mereka yang terluka akibat serangan besar-besaran Israel selama berhari-hari di daerah tersebut.

"Kami mengalami berbagai macam luka perang, luka trauma, mulai dari amputasi hingga pengeluaran isi perut hingga trauma, hingga TBI (cedera otak traumatis), patah tulang, dan tentu saja, luka bakar yang parah,” kata Karin Huster dari Doctors Without Borders, sebuah badan amal internasional yang bekerja di Rumah Sakit Syahid Al-Aqsa, salah satu fasilitas yang menerima korban tewas dan luka-luka.

"Anak-anak menjadi abu-abu atau pucat karena syok, terbakar, berteriak memanggil orang tuanya. Banyak dari mereka yang tidak berteriak karena shock."

Militer Israel mengatakan pihaknya telah menyerang "karena ancaman terhadap pasukan kami di wilayah tersebut," dan bahwa seorang perwira pasukan khusus tewas dalam operasi penyelamatan.

3 dari 4 halaman

Kronologi Serangan Israel ke Kamp Pengungsi Nuseirat

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan kepada wartawan hari Sabtu (8/6) bahwa para sandera ditahan di dua apartemen, sekitar 200 meter (219 yard) berjauhan satu sama lain, di jantung kamp Nuseirat. Dia mengatakan pasukan telah berulang kali berlatih model bangunan apartemen tersebut.

Hagari mengatakan pasukan bergerak secara bersamaan di siang hari bolong di kedua apartemen, meyakini bahwa hal ini merupakan elemen kejutan terbaik. Namun dia mengatakan tim penyelamat mendapat serangan hebat ketika mereka bergerak keluar, termasuk dari orang-orang bersenjata yang menembakkan granat berpeluncur roket dari dalam lingkungan tersebut.

Dia mengatakan militer merespons dengan kekuatan besar, termasuk dari pesawat terbang, untuk mengeluarkan tim penyelamat dan membebaskan sandera.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengecam kritik terhadap operasi tersebut dalam sebuah postingan di X, dengan mengatakan “hanya musuh Israel yang mengeluh tentang jatuhnya korban teroris Hamas dan kaki tangan mereka.”

Dari 250 sandera yang diculik pada 7 Oktober, sekitar setengahnya dibebaskan dalam gencatan senjata selama seminggu pada bulan November. Sekitar 120 sandera masih tersisa, dan 43 orang dinyatakan tewas. Korban selamat termasuk sekitar 15 wanita, dua anak di bawah usia 5 tahun, dan dua pria berusia 80-an tahun.

Operasi hari Sabtu (8/6) menjadikan jumlah sandera yang diselamatkan menjadi tujuh, termasuk satu orang yang dibebaskan tak lama setelah serangan Oktober 2023. Pasukan Israel telah menemukan sedikitnya 16 jenazah lainnya, menurut pemerintah.

 

4 dari 4 halaman

Pro-Kontra Gencatan Senjata

Penyelamatan terbaru ini membangkitkan semangat sejumlah orang di Israel ketika perpecahan semakin mendalam mengenai cara terbaik untuk membawa pulang sandera. Banyak warga Israel yang mendesak PM Israel Benjamin Netanyahu untuk menyetujui perjanjian gencatan senjata yang diumumkan Presiden AS Joe Biden bulan lalu, namun sekutu sayap kanan mengancam akan meruntuhkan pemerintahannya jika dia melakukan hal tersebut.

PM Israel Benjamin Netanyahu, yang dukungannya telah berkurang, bergegas ke rumah sakit untuk menyambut para sandera yang dibebaskan dan kantornya merilis serangkaian foto dan video saat dia bertemu dengan keluarga tersebut. Namun ribuan warga Israel kembali berkumpul pada Sabtu (9/6) malam untuk melakukan demonstrasi anti-pemerintah terbaru dan menyerukan perjanjian gencatan senjata.

Tidak jelas apa dampak penyelamatan terhadap upaya gencatan senjata yang tampaknya terhenti.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dijadwalkan akan kembali ke Timur Tengah minggu depan, mencari terobosan.

Adapun tekanan internasional meningkat terhadap Israel untuk membatasi pertumpahan darah warga sipil dalam perang di Gaza. Warga Palestina juga menghadapi kelaparan yang meluas karena pertempuran dan pembatasan yang dilakukan Israel telah memutus sebagian besar aliran bantuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.