Sukses

Ini Bahasa Paling Langka di Dunia, Hanya Satu Penutur yang Masih Mahir

Bahasa ini sudah diambang kepunahan dan hanya tersisa satu orang yang mengetahuinya.

Liputan6.com, A - Terdapat 195 negara di dunia dan ada lebih dari ribuan bahasa yang ada.

Jumlah bahasa ini telah menurun dengan cepat akibat nasionalisme dan globalisasi.

Melansir dari express.co.uk, Minggu (26/6/2024), banyak juga bahasa yang telah hilang dan kemungkinan tidak akan pernah digunakan lagi, sementara bahasa lain masih berjuang untuk tetap dituturkan.

Ada satu bahasa yang dianggap kuno, dan pernah digunakan oleh ribuan orang. Namun, kini bahasa tersebut hanya memiliki satu penutur terakhir.

Bahasa Taushiro, yang juga dikenal sebagai Pinche atau Pinchi, berasal dari Amazon, Peru dekat Ekuador, dan dalam beberapa tahun ke depan akan punah.

Amadeo Garcia Garcia adalah orang terakhir di bumi yang mengetahui bahasa tersebut. Amadeo merupakan satu-satunya yang selamat dari sukunya.

Amadeo tinggal di desa Intuto, Peru, di tepi Sungai Amazon, dan mungkin akan menjadi orang yang paling kesepian di dunia.

Bahasa Taushiro merupakan misteri bagi para ahli bahasa dan antropolog, dan merupakan sebuah bahasa yang digunakan oleh suku yang menghilang ke dalam hutan Amazon di Peru beberapa tahun lalu.

Mereka menemukan tempat yang jauh di dalam hutan dan melindungi permukiman mereka dengan cincin berlubang dalam yang tersembunyi oleh daun dan ranting sehingga setiap penyusup akan jatuh ke dalamnya.

Suku tersebut juga memelihara anjing dan melatih mereka untuk menyerang jika ada orang luar yang mendekat, dan pada akhir abad ke-20, hanya sedikit orang luar yang pernah melihat atau mendengar bahasa Taushiro.

Namun pada akhirnya, suku tersebut perlahan-lahan punah.

Entah itu karena penyakit atau binatang buas seperti puma dan ular, suku Taushiro tidak bertahan dengan baik. Akhirnya, Amadeo dan saudaranya, Juan, menjadi anggota terakhir suku mereka. Kemudian, Juan meninggal karena malaria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merupakan Bahasa yang Unik

The New York Times berbicara dengan Juan pada tahun 2017 dan menemukan seorang pria yang miskin dan kesepian.

Tomas Villalobos, seorang misionaris Kristen yang sedang bersama dengan Amadeo ketika Juan meninggal, mencatat betapa "diam" Amadeo saat saudaranya meninggal.

"Saya bertanya kepadanya, 'Bagaimana perasaanmu?' Dan dia berkata kepada saya, 'Semuanya sudah berakhir untuk kita.'"

Amadeo bisa berbicara dalam bahasa Spanyol tetapi hanya dalam kalimat yang terputus-putus. Ia telah kehilangan kemampuan untuk mengungkapkan dirinya dengan lancar kepada dunia.

Taushiro merupakan bahasa yang unik baik dalam bagaimana bahasa tersebut dibentuk maupun dari mana asalnya.

Urutan kata dalam bahasa ini adalah kata kerja-subjek-objek, dan meskipun telah dikaitkan dengan bahasa Zaparoan, bahasa ini memiliki lebih banyak kesamaan dengan Kandoshi dan terutama dengan Omurano.

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Masa Depan untuk Bahasa Taushiro

Sistem penomoran dalam bahasa Taushiro juga sangat sederhana, hanya sampai sepuluh, dan penutur akan menunjukkan angka yang mereka komunikasikan dengan mengangkat jari mereka dan mengatakan kata yang sesuai.

Untuk angka di atas sepuluh, mereka akan mengatakan "ashintu" dan menunjuk ke jari kaki mereka.

Amadeo mengatakan kepada suatu publikasi, "Saat di mana saya bisa menghilang, hidup saya akan berakhir, kita tidak tahu seberapa cepat."

"Orang Taushiro tidak memikirkan tentang kematian. Kami hanya melanjutkan hidup."

Amadeo mengatakan bahwa ia tahu tidak ada masa depan untuk Taushiro, sesuatu yang kadang-kadang membuatnya putus asa dan bertanya-tanya apakah kepunahan sukunya benar-benar penting.

"Kadang-kadang saya tidak peduli lagi," katanya.

4 dari 4 halaman

Negara dengan Keragaman Bahasa Terbanyak

Diperkirakan manusia berbicara lebih dari 7.000 bahasa di seluruh dunia, lebih tepatnya 7.139, menurut Ethnologue.

Asia memiliki jumlah terbanyak, yaitu 2.300 bahasa, diikuti oleh Afrika dengan 2.144 bahasa. Ada 1.313 bahasa yang digunakan di wilayah Pasifik, diikuti oleh 1.061 bahasa di Amerika, sedangkan Eropa memiliki 287 bahasa yang berbeda, seperti dikutip dari Statista.

Bahasa hidup didefinisikan sebagai bahasa yang memiliki setidaknya satu penutur yang menjadikannya sebagai bahasa pertama mereka.

Bahasa yang punah dan hanya digunakan sebagai bahasa kedua tidak termasuk dalam peringkat ini.

Papua Nugini ternyata merupakan negara dengan keragaman bahasa tertinggi di dunia, dengan sekitar 840 bahasa yang digunakan, lebih dari dua kali lipat jumlah bahasa di seluruh benua Eropa.

Hampir 94 bahasa digunakan per satu juta penduduk di seluruh kepulauan negara ini. Untuk memberi suatu perspektif, di Amerika Serikat, sedikit kurang dari satu bahasa yang digunakan per satu juta penduduk.

Urutan kedua adalah Indonesia, dengan 712 bahasa yang digunakan di seluruh negeri, diikuti oleh Nigeria dengan 522 bahasa yang digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini