Sukses

7 Bandara dengan Landasan Pacu Berbahaya, dari Pantai Berpasir hingga Mirip Lereng Salju

Take off dan landing adalah bagian paling berisiko dari sebuah penerbangan. Jika Anda terbang dari salah satu dari tujuh bandara dengan landasan pacu berbahaya ini, keselamatan Anda bisa terancam.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat dianggap sebagai bentuk transportasi paling aman, dan itu memang ada alasannya.

Dengan puluhan ribu pesawat yang terbang di seluruh dunia setiap hari, laporan WalletHub mengenai maskapai terbaik pada tahun 2024 juga memudahkan pelancong dalam memilih maskapai mana yang akan digunakan.

Data tersebut mendorong mereka untuk memilih penerbangan, dengan maskapai juga menawarkan insentif dan diskon menarik untuk menarik penumpang ke tujuan-tujuan tertentu. Namun, ada juga sisi dari penerbangan yang bisa menimbulkan ketakutan.

Meskipun jarang terjadi, insiden "nyaris kecelakaan" menjadi pengingat yang menakutkan akan potensi risiko bagi keselamatan manusia. Ketika ada suatu insiden yang melibatkan pesawat, ketakutan pasti meningkat karena potensi kerusakan seperti hilangnya nyawa manusia dalam skala yang jauh lebih besar.

Terdapat peningkatan yang mencemaskan dalam insiden "nyaris tabrakan" dan "nyaris kecelakaan" baru-baru ini, meskipun beruntungnya, tidak ada kecelakaan besar atau bencana yang terjadi di AS sepuluh tahun terakhir.

Take off dan landing umumnya merupakan bagian paling kritis dan berbahaya dari sebuah penerbangan, dengan 49% dari semua kecelakaan fatal terjadi selama take off dan landing dari rata-rata penerbangan. Namun, kemungkinan terlibat dalam kecelakaan komersial besar sangat rendah, sekitar satu banding 6 juta, menurut laporan keselamatan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (The International Air Transport Association/IATA) tahun 2022.

Ternyata ada beberapa bandara di dunia yang dianggap lebih berisiko untuk take off dan landing karena lokasi, topografi, cuaca, dan faktor lainnya.

Berikut tujuh bandara di mana pesawat sering melakukan pendaratan paling berbahaya, seperti dikutip dari thetravel.com, Rabu (26/6/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. Bandara Internasional Princess Juliana, Sint Maarten / Saint Martin

Bandara yang dikenal dengan pesawat terbang sangat rendah di atas Pantai Maho saat mendarat.

Terletak di sisi Belanda Pulau Karibia Saint Martin, Bandara Internasional Princess Juliana adalah bandara utama di Sint Maarten. Bandara ini terkenal karena tempat pendaratan dan lepas landas yang dianggap berbahaya, meskipun tidak ada kecelakaan pesawat yang serius terjadi. Badai Irma menghancurkan wilayah Sint Maarten pada tahun 2017, dan saat ini bandara tersebut sedang dalam proses pembangunan kembali setelah empat tahun.

Pesawat yang tiba mendekati pulau ini di bagian terakhir dari pendekatan akhir ke Runway 10, terbang rendah di atas Pantai Maho yang terkenal. Meskipun berbahaya, jarak Pantai Maho yang berdekatan dengan landasan pacu telah membuat bandara ini menjadi salah satu tempat favorit di dunia bagi para penggemar pesawat.

Pantai Maho juga merupakan daya tarik wisata yang populer meskipun berbahaya, terutama bagi mereka yang ingin merasakan angin kencang dari mesin jet pesawat yang lepas landas hanya beberapa meter dari mereka.

Pada tahun 2017, seorang wanita meninggal setelah terkena ledakan dari jet yang sedang lepas landas di dekatnya, yang mengakibatkannya terlempar ke dinding penahan. Meskipun pendekatannya sulit, Bandara Internasional Princess Juliana tidak pernah mencatatkan kecelakaan penerbangan serius.

6. Bandara Internasional Barra, Barra, Skotlandia

Sebuah bandara internasional di mana landasan pacu berupa pantai berpasir yang berbahaya.

Mendarat di Bandara Barra tidak hanya berbahaya, tetapi juga aneh.

Bandara ini diyakini sebagai satu-satunya di dunia di mana penerbangan terjadwal menggunakan pantai pasang surut sebagai landasan pacu. Pendaratan pesawat di bandara ini bergantung pada pasang surut, dengan landasan pacu yang sepenuhnya terendam air saat pasang naik.

Pada tahun 2011, Bandara Barra dinobatkan posisi pertama "No.1" dalam pendekatan bandara terbaik di dunia oleh jajak pendapat yang dilakukan oleh PrivateFly.com. Satu-satunya tujuan langsung bandara ini adalah Glasgow.

Pantai ini diatur dengan tiga landasan pacu dalam bentuk segitiga, ditandai dengan tiang kayu permanen di ujungnya, dalam arah 07/25, 11/29, dan 15/33.

Dalam keadaan darurat, penerbangan kadang-kadang dilakukan pada malam hari dari bandara. Pada saat itu, lampu kendaraan digunakan untuk menerangi landasan pacu dan strip reflektif dipasang di pantai untuk membantu panduan bagi pilot.

Semua landasan pacu berada di bawah laut saat pasang tinggi, dan karenanya, waktu penerbangan bervariasi sesuai dengan pasang surut.

3 dari 4 halaman

5. Bandara Madeira, Portugal

Pernah dinobatkan sebagai bandara paling berbahaya kesembilan di dunia karena landasan pacunya yang pendek dan sempit.

Madeira, yang terkenal dengan keindahan alamnya, pulau-pulau, kebun anggur, dan berbagai atraksi, menawarkan pengalaman unik bagi para pelancong.

Sebagai bandara internasional, Bandara Madeira yang juga dikenal sebagai Bandara Funchal dan sekarang secara resmi bernama Bandara Internasional Cristiano Ronaldo, pernah terkenal karena landasan pacunya yang sangat sempit. Bahkan pilot paling berpengalaman pun mungkin menganggap pengalaman mendaratkan pesawat di landasan ini sebagai tantangan yang mendebarkan.

Program History Channel "Most Extreme Airports" menempatkan Bandara Madeira sebagai bandara paling berbahaya kesembilan di dunia dan ketiga paling berbahaya di Eropa. Secara geografis, bandara ini terletak di semenanjung yang menjorok ke laut, sehingga memberi tantangan unik dan menarik bagi pilot.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, pilot harus menjalani pelatihan khusus. Pelatihan mencakup pendekatan visual, di mana pesawat terbang mengelilingi bandara, kemudian berputar sekitar 180 derajat sebelum menyelaraskan pada pendekatan akhir yang sangat pendek. Landasan pacu bandara 05/23 merupakan landasan pacu meja, yang ditandai dengan penurunan curam di kedua ujungnya.

Pada tahun 1977, sebuah jet Boeing 727, Penerbangan Air Portugal 425, melampaui landasan pacu saat turun, tergelincir, dan jatuh, menewaskan 131 orang. Insiden ini memaksa pihak berwenang untuk merombak dan memperbesar landasan pacu menjadi lebih besar seperti yang ada saat ini.

4. Courchevel Altiport, Prancis

Landasan pacu pendek hanya sepanjang 1.722 kaki dan berbahaya karena mirip dengan lereng ski dengan es, salju, dan angin tak terduga.

Courchevel Altiport melayani Courchevel, sebuah resor ski besar di Pegunungan Alpen Prancis. Landasan pacu ini dianggap berbahaya karena memiliki kemiringan sebesar 18,6% dan panjang yang hanya 1.762 kaki.

Hal tersebut semakin diperparah dengan adanya es, salju, dan angin silang yang kencang. Selain itu, tidak ada prosedur go-around untuk pendaratan di Courchevel karena medan pegunungan di sekitarnya.

Bandara ini juga ditampilkan dalam beberapa film, termasuk film James Bond "Tomorrow Never Dies," dan dinobatkan sebagai bandara paling ekstrem ketujuh di dunia oleh program History Channel "Most Extreme Airports." Beberapa kecelakaan pernah terjadi di bandara ini, tetapi tidak ada bencana besar pada maskapai penerbangan.

Mengingat kemiringan yang curam dan lokasinya yang dekat dengan resor ski Courchevel, bandara ini telah digunakan sebagai garis akhir etape Tour de France pada beberapa kesempatan.

4 dari 4 halaman

3. Bandara Internasional Toncontin, Honduras

Dikelilingi oleh pegunungan dan berada di dalam kota, dengan landasan pacu pendek serta pendekatan yang sulit secara historis dengan tikungan tajam, menjadikannya salah satu tempat pendaratan pesawat yang berbahaya.

Pendekatan ke Bandara Toncontin dianggap sebagai salah satu yang paling sulit di dunia untuk semua jenis pesawat, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Landasan pacu yang pendek, medan pegunungan, dan hembusan angin kencang membuat Bandara Madeira terkenal sulit untuk didarati. Landasan pacu 02, yang memiliki panjang 7.100 kaki, termasuk salah satu yang terpendek di dunia untuk pesawat komersial besar. Kondisi ini menunjukkan bahwa para pilot menghadapi salah satu pendekatan dan pendaratan yang paling menantang.

Pada Mei 2008, sebuah Airbus A320 melampaui landasan pacu, menewaskan lima orang. Pesawat tersebut jatuh sejauh 20 meter ke lereng dan berhenti di jalan. Ada daftar panjang kecelakaan di bandara ini dan baru pada tahun 2009 landasan pacu diperpanjang setelah kecelakaan Airbus tersebut.

2. Bandara Internasional Paro, Bhutan

Ada tikungan tajam 45 derajat menuju landasan pacu, yang bahkan tidak dapat dilihat oleh pilot hingga beberapa saat sebelum mendarat.

Dengan puncak-puncak yang mengelilingi setinggi 18.000 kaki, Bandara Internasional Paro di Bhutan dianggap sebagai salah satu bandara paling menantang di dunia.

Hanya 24 pilot yang bersertifikat untuk mendarat di sana. Penerbangan menuju dan dari Paro hanya diizinkan dalam kondisi meteorologi visual dan terbatas pada jam siang dari matahari terbit hingga terbenam. Buddha Air menjadi maskapai internasional pertama yang mengoperasikan charter ke Paro pada Agustus 2010. Pada tahun 2018, 397.599 penumpang dan 6.761 penerbangan ditangani oleh bandara ini.

Terletak di lembah yang dalam dan dikelilingi oleh pegunungan Himalaya yang tinggi, Bandara Paro berada pada ketinggian 7.332 kaki dan rentan terhadap angin silang yang tidak terduga dan turbulensi. Banyak faktor yang membuat bandara ini berbahaya, termasuk medan yang sulit, cuaca yang tidak menentu, kurangnya teknologi canggih, dan bahaya fisik lainnya.

Bandara Paro tidak memiliki kecelakaan yang tercatat, tetapi hampir setiap pendaratan berbahaya bagi pilot dan penumpang yang sedang melihat keluar jendela.

1. Bandara Kai Tak, Hong Kong

Ditutup pada tahun 1998, lokasi ini merupakan mimpi buruk bagi setiap pilot dari setiap pesawat yang terbang ke Hong Kong.

Dengan air di tiga sisi, kompleks apartemen di barat laut, dan pegunungan setinggi lebih dari 2.000 kaki di timur laut, Bandara Kai Tak adalah tantangan besar untuk pendaratan. Manuver "Hong Kong Turn" atau "checkerboard turn" terkenal sering kali menyebabkan kecelakaan dan kesalahan fatal.

Pesawat tidak bisa terbang di atas pegunungan dan langsung turun untuk pendekatan akhir. Sebaliknya, pesawat harus menavigasi melalui gedung pencakar langit di kota sekitarnya dan pegunungan berbatu, di atas Kota Kowloon. Pilot secara visual memasuki belokan kanan terakhir pada posisi 47 derajat dan pada ketinggian sekitar 650 kaki dan keluar pada ketinggian 140 kaki untuk menyelaraskan dengan landasan pacu.

Biasanya, ada angin silang yang kuat dengan hujan sepanjang tahun, yang membuat tantangan ini semakin sulit. Hal ini dilakukan oleh pesawat segala ukuran, dan sungguh ngeri membayangkan pesawat besar seperti Boeing 747 membelok pada sudut tersebut di ketinggian rendah di atas kota.

Saat ini, Hong Kong memiliki banyak daya tarik untuk dikunjungi, tetapi pada tahun 1990-an dan sebelumnya, banyak orang merasa takut terbang ke sana kecuali mereka tidak tahu apa-apa tentang risikonya.

Banyak pesawat jatuh di Kai Tak karena cuaca buruk dan pendekatan yang sulit.

Bandara yang berfungsi di Hong Kong saat ini, yaitu Bandara Internasional Chek Lap Kok, atau Bandara Chek Lap Kok, yang dibuka pada tahun 1998.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini