Sukses

10 Negara Ini Unggul dalam Melawan Perubahan Iklim, Apa Saja?

Climate Change Performance Index 2024 merupakan sebuah analisis internasional tahunan tentang kinerja perlindungan iklim, yang mengevaluasi 63 negara. Berikut 10 negara teratas.

Liputan6.com, Jakarta - Saat waktu semakin mendekati ambang batas iklim 1,5 derajat Celcius, suatu tingkat panas yang negara-negara yang menandatangani Perjanjian Paris sepakat untuk tidak lampaui, beberapa negara terpantau unggul dalam upaya menghindari bencana iklim tersebut.

Climate Change Performance Index 2024 merupakan sebuah analisis internasional tahunan tentang kinerja perlindungan iklim, yang mengevaluasi 63 negara dan Uni Eropa berdasarkan kemajuan dan kebijakan iklim.

Diterbitkan pada akhir 2023, indeks ini menilai setiap negara dalam skala 100 poin terkait kinerja mereka dalam empat kategori, yaitu emisi gas rumah kaca, energi terbarukan, penggunaan energi, dan kebijakan iklim, dengan bobot terbesar diberikan pada emisi 40% dan sisanya 20% pada kategori lainnya.

Namun, dalam peringkat keseluruhan, serta dalam tiga dari empat kategori, tidak ada negara yang menduduki peringkat pertama hingga ketiga, karena tidak "cukup kuat di semua kategori untuk mencapai penilaian keseluruhan yang sangat tinggi," sesuai laporan tersebut. Di kategori terakhir energi terbarukan, juga tidak ada negara yang menduduki peringkat pertama atau kedua.

Berikut 10 negara yang menduduki peringkat tertinggi dalam Climate Change Performance Index 2024, seperti dikutip dari US News, Jumat, (14/6/2024);

10. Portugal

Skor keseluruhan: 67,39. Dengan pencapaian terbaik: emisi gas rumah kaca (No.13)

Portugal memperoleh peringkat "tinggi" baik dalam kategori emisi gas rumah kaca maupun penggunaan energi. Negara ini, bersama dengan 32 negara lainnya, diajukan ke pengadilan oleh enam warga Portugal muda pada akhir 2023 atas tuduhan melanggar HAM yang lambat menindak perubahan iklim,  seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

Kasus tersebut ditolak oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa pada April 2024 atas alasan prosedural, meskipun pengadilan tersebut juga mengeluarkan keputusan bersejarah yang mendukung sekelompok wanita dari Swiss dalam kasus serupa.

9. Norwegia

Skor keseluruhan: 67,48. Dengan pencapaian terbaik: Energi terbarukan (No.1)

Meskipun turun dua peringkat dari tahun sebelumnya, Norwegia memimpin dunia dalam kategori energi terbarukan. Grid listrik Norwegia didominasi oleh sumber-sumber energi terbarukan, terutama tenaga air, dan negara ini memiliki tingkat adopsi kendaraan listrik tertinggi di dunia.

Namun demikian, indeks mencatat bahwa Norwegia adalah salah satu eksportir minyak dan gas terbesar di dunia dan bahwa "kerangka kerja penentuan harga karbon negara ini mengandung pembebasan pajak untuk sektor minyak, menunjukkan bagaimana industri bahan bakar fosil memperoleh keuntungan dari kerangka kerja legislatif." Negara ini mendapat skor "rendah" dan peringkat No. 41 dalam kategori kebijakan iklim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8. Chile

Skor Keseluruhan: 68,74. Dengan pencapaian terbau: Emisi gas rumah kaca (No. 3)

Chile, yang turun lima peringkat dari peringkat tahun sebelumnya, memiliki emisi gas rumah kaca per kapita yang relatif rendah.

Negara ini telah menetapkan target netralitas karbon pada tahun 2050 dan penghijauan lebih dari 100.000 hektar tanah.

7. Swedia

Skor Keseluruhan: 69,39. dengan pencapaian terbaik: Energi terbarukan (No. 2) dan emisi gas rumah kaca (No. 2)

Swedia turun lima tempat dalam laporan 2024 ini, dan mendapat peringkat "rendah" dalam kategori kebijakan iklim bersama dengan peringkat "sangat rendah" untuk penggunaan energi.

Pemerintah Swedia mengumumkan pada tahun 2023 bahwa mereka akan mengurangi anggaran untuk program-program iklim, yang menyebabkan protes. Namun demikian, Swedia tetap menjadi negara Uni Eropa dengan performa terbaik dalam kategori emisi di indeks ini.

6. Maroko

Skor Keseluruhan: 69,82. dengan pencapaian terbaik: emisi gas rumah kaca (No. 7).

Maroko mendapat penilaian "tinggi" untuk emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi.

Negara ini telah menetapkan target untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 45,5% pada tahun 2030. Sektor pertanian Maroko, yang menyumbang sebagian besar ekonominya, sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim.

 

3 dari 4 halaman

5. Belanda

Nilai Keseluruhan: 69,98. Berkinerja terbaik dalam: kebijakan iklim (No. 1)

Belanda naik lima peringkat di peringkat 2024, meningkatkan kinerjanya di tiga dari empat kategori meskipun peringkatnya cukup rendah dalam penggunaan energi dan emisi gas rumah kaca.

Negara ini memimpin dalam hal kebijakan iklim, meskipun laporan tersebut mencatat bahwa tidak ada negara yang memiliki peringkat "tinggi" dalam kategori ini.

Belanda memiliki target untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 55% pada tahun 2030 dan menjadi netral iklim pada tahun 2050.

4. India

Skor Keseluruhan: 70,25. Berkinerja terbaik dalam: emisi gas rumah kaca (No. 6)

Sebagai negara demokrasi terbesar di dunia dan negara dengan penduduk terpadat di dunia, India memiliki potensi untuk memainkan peran mendasar dalam memerangi perubahan iklim.

Dengan peringkat "tinggi" untuk emisi dan penggunaan energi, India sudah berada di jalur yang tepat, meskipun para ahli menekankan bahwa negara ini perlu mengambil langkah-langkah seperti mengurangi ketergantungan pada gas dan memperluas energi terbarukan, menurut indeks tersebut.

3. Filipina

Skor Keseluruhan: 70,70. Berkinerja terbaik dalam: emisi gas rumah kaca (No. 1) dan penggunaan energi (No. 1)

Filipina naik enam peringkat dalam indeks ini dibandingkan dengan tahun 2023 dan menduduki peringkat teratas dalam dua kategori, yaitu emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi.

Pada saat yang sama, negara Asia Tenggara ini mendapat skor "rendah" dalam kebijakan iklim, dan para ahli indeks mengkhawatirkan dampak lingkungan dari pembangunan masa depan di negara ini.

4 dari 4 halaman

2. Estonia

Nilai Keseluruhan: 72,07. Berkinerja terbaik dalam: energi terbarukan (No. 5) dan kebijakan iklim (No. 5)

Estonia sedang mengendarai gelombang energi terbarukan. Setelah mencapai  dan melampaui  target sebelumnya, yaitu 40% bauran listrik terbarukan pada tahun 2022, menurut indeks tersebut, negara ini menargetkan tujuan ambisius lainnya, yaitu menjadikan 100% listriknya terbarukan pada tahun 2030.

1. Denmark

Skor Keseluruhan: 75,59. Berkinerja terbaik dalam: energi terbarukan (No. 3)

Denmark menduduki peringkat teratas dalam Indeks Kinerja Perubahan Iklim selama tiga tahun berturut-turut pada tahun 2024.

Negara Nordik ini mendapat skor "tinggi" dalam kategori emisi gas rumah kaca dan energi terbarukan, tetapi masih jauh dari peringkat "sangat tinggi" yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam tiga besar peringkat keseluruhan.

Para ahli indeks mengatakan bahwa target emisi negara tersebut perlu diperketat, karena "aksi iklim Denmark hampir terhenti sejak Oktober 2022, saat pemilihan umum nasional digelar."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini