Sukses

Studi Ungkap Makan Keju Bikin Bahagia, Kolesterol Turun hingga Membuat Awet Muda

Temuan menarik menunjukkan bahwa konsumsi keju berkontribusi positif pada kesehatan dan penuaan, lebih besar dibandingkan dengan makan buah.

Liputan6.com, Jakarta - Ada alasan mengapa seseorang mengatakan "cheese" untuk membuat Anda tersenyum saat mengambil foto.

Sebuah studi genetik berskala besar mengungkapkan bahwa orang dengan kesehatan mental yang baik cenderung memiliki umur yang lebih panjang dan hidup lebih sehat. Pilihan gaya hidup tertentu, seperti mengonsumsi lebih banyak keju ternyata dapat berperan penting dalam efek tersebut.

Para peneliti di China tidak hanya memeriksa gen jutaan orang Eropa untuk menunjukkan bahwa gouda (keju dari Belanda) bermanfaat bagi Anda, namun temuan ini menjadi salah satu yang paling menarik.

Siapa yang tidak ingin mendengar bahwa konsumsi lebih banyak keju bisa membantu mereka hidup lebih lama dan lebih sehat?

Namun, hasil penelitian ini lebih dari sekadar makanan yang membuat Anda merasa bahagia.

Melansir dari Science Alert, Selasa (16/7/2024) penelitian observasional sebelumnya telah menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat mempengaruhi penuaan seseorang, bahkan lebih dari kebiasaan merokok. Namun, hubungan ini seringkali dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diperhitungkan, seperti status sosial ekonomi.

Studi terbaru ini berbeda. Penelitian ini menggunakan metode analisis yang dikenal sebagai pengacakan Mendel, sebuah alat berharga untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi gen kita dan menghasilkan hasil kesehatan tertentu.

Ini adalah salah satu dari beberapa metode yang dapat digunakan peneliti untuk memprediksi efek kausal yang mungkin terjadi tanpa harus melakukan uji klinis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keju Terbukti Meningkatkan Kesehatan Mental

Dari delapan kumpulan data populasi yang berbeda di Eropa, yang masing-masing mencakup antara 38.000 hingga 2,4 juta orang, para peneliti menemukan bukti kausal potensial bahwa kesejahteraan mental yang lebih baik, diukur melalui kepuasan hidup, suasana hati, neurotisisme, dan gejala depresi, dapat membantu seseorang hidup lebih lama dan lebih sehat.

"Studi kami memberikan bukti yang menjanjikan bahwa peningkatan kesejahteraan mental adalah jalan yang tepat menuju penuaan yang sehat, terlepas dari status sosial ekonomi," kesimpulan penulis.

Dengan berfokus pada 33 individu dari kumpulan data Eropa, tim peneliti meneliti faktor-faktor perantara yang mungkin mendorong hubungan antara kesejahteraan mental dan penuaan yang sehat.

Faktor-faktor tersebut termasuk pilihan gaya hidup seperti merokok, perilaku individu seperti penggunaan obat, faktor fisik seperti massa otot, dan penyakit seperti diabetes dan kanker.

Di sinilah keju memainkan perannya. Dari 33 orang yang diteliti, mereka yang mengonsumsi lebih banyak keju dan buah cenderung memiliki nilai kesehatan mental yang lebih tinggi. Selain itu, konsumsi keju memiliki dampak positif sebesar 3,67% terhadap kesehatan dan umur mereka.

Sebagai perbandingan, merokok memiliki dampak negatif sebesar 4,56% terhadap faktor penuaan, sementara makan buah memberikan dampak positif sebesar 1,96%.

3 dari 4 halaman

Penelitian Ini Dipastikan Teliti dan Lengkap

Menariknya, para peneliti menemukan bahwa waktu menonton TV adalah faktor gaya hidup dengan dampak negatif terbesar terhadap faktor proses penuaan yang sehat, yaitu sebesar 7,39%.

Upaya menjembatani kesenjangan antara kesehatan mental dan fisik merupakan tugas yang sangat kompleks, dan tidak ada penelitian yang dapat mempertimbangkan semua variabel yang mungkin berpengaruh.

Meski begitu, para penulis penelitian saat ini berpendapat bahwa penelitian mereka "sangat teliti dan lengkap" dalam mempertimbangkan kemungkinan pengaruhnya, setidaknya di antara mereka yang berasal dari Eropa.

Penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk mempertimbangkan mengapa makan keju mungkin memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penuaan yang sehat, dibandingkan dengan, (misalnya) makan buah.

4 dari 4 halaman

Efek Keju ke Tubuh dapat Bervariasi

Meskipun makanan tinggi lemak sering dianggap buruk bagi kesehatan tubuh, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lemak dari produk susu dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular serta risiko kematian secara keseluruhan.

Produk susu berlemak penuh seperti es krim sering dikaitkan dengan dampak negatif terhadap kesehatan mental, tetapi berbagai jenis keju mungkin memiliki efek yang berbeda ketika dimasukkan dalam diet seimbang.

Studi terbaru di Jepang menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak keju berhubungan dengan peningkatan fungsi kognitif, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa keju dapat memengaruhi jalur dopamin di otak, yang berkontribusi pada perasaan bahagia.

Dari penelitian awal ini, tampaknya keju memiliki manfaat potensial bagi kesehatan pikiran dan tubuh. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, menambahkan keju ke dalam diet seimbang bisa menjadi pilihan yang baik, lebih baik daripada hanya menikmatinya sesekali di atas hidangan pasta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.