Sukses

14 Museum dengan Koleksi Unik nan Aneh di Dunia, dari Pameran Seksualitas hingga Barang Kenangan Mantan

Tertarik mengunjungi museum-museum unik nan aneh di seluruh dunia dengan koleksi yang tak biasa? Cek dulu di sini referensinya.

Liputan6.com, Jakarta - Frasa umum ‘seni adalah subjektif’ mendapatkan makna baru dengan hadirnya 14 museum yang aneh dan unik dari seluruh dunia ini.

Dari pameran toilet internasional hingga koleksi rambut terbesar, berikut daftar museum dengan koleksi aneh dan unik seperti dikutip dari Tribune Wired, Selasa (23/7/2024):

14. Museum of Bad Art (Museum Seni Jelek) Massachusetts, AS

‘Keindahan terletak pada mata yang memandang’ di museum ini.

Pameran ini menyambut "seni yang terlalu jelek untuk diabaikan", menampilkan lebih dari 600 karya, banyak di antaranya ditemukan di tempat sampah, pinggir jalan, atau toko barang bekas.

Namun, museum ini tidak menerima sembarang karya seni yang jelek. Mereka hanya menyambut karya yang asli dan dibuat dengan niat tulus. Museum ini akan memberikan perspektif unik dan pandangan berbeda tentang seni.

13. Museum of Broken Relationships (Museum Hubungan Gagal Zagreb, Kroasia)

Tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kenang-kenangan dari mantan kekasih Anda? Kabar baik, Anda bisa menyumbangkannya ke museum aneh yang didedikasikan untuk hubungan yang gagal.

Benar sekali, Museum Hubungan Gagal di Zagreb, Kroasia menampilkan koleksi barang-barang dari para kekasih yang patah hati setelah hubungan mereka berakhir. Dari botol berisi air mata hingga kaki prostetik, pameran ini menghormati kenang-kenangan dari hubungan masa lalu.

Semua orang dipersilakan untuk menyumbangkan kenang-kenangan cinta mereka ke museum ini, tanpa memandang ukuran, disertai dengan catatan yang menjelaskan makna barang tersebut.

12. The Underwater Museum of Art (Museum Seni Bawah Air Cancun, Meksiko)

Anda mungkin berpikir hanya akan melihat kehidupan laut saat menyelam ke dalam air biru yang indah saja. Namun, hal itu berubah sejak dibukanya Museo Subacuatico de Arte, atau Museum Seni Bawah Air, di Cancun, Meksiko pada tahun 2010.

Pengunjung museum dapat snorkeling, menyelam, atau naik perahu kaca untuk menjelajahi lebih dari 500 patung yang dipasang di dasar laut.

Museum unik ini didirikan untuk melestarikan terumbu karang lokal, menggunakan bahan-bahan dalam patung mereka yang memungkinkan karang tumbuh di dalam dan di atasnya, sehingga mengubah penampilan karya seni tersebut dari waktu ke waktu.

11. The Dog Collar Museum (Museum Kalung Anjing Kent, Inggris)

Pernahkah Anda membayangkan gaya mode anjing pada zaman Abad Pertengahan? Di dalam Kastil Leeds, Kent, Inggris, Museum Kalung Anjing memamerkan koleksi aksesoris anjing dari abad ke-15.

Pameran unik ini menampilkan kalung-kalung langka dari periode Barok, serta kalung antik dari abad-abad yang lalu yang dirancang untuk melindungi teman berbulu dari serigala dan beruang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10. Museum of Bread and Art (Museum Roti dan Seni Ulm, Jerman)

Terletak di sebuah bangunan era Renaissance di Ulm, Jerman, Museum Roti dan Seni menampilkan lebih dari 16.000 artefak, tetapi anehnya, tidak ada roti sungguhan.

Pameran unik ini terbagi menjadi dua bagian: satu sisi terdiri dari seni, sementara sisi lainnya menggambarkan sejarah roti yang berusia 6.000 tahun serta topik-topik seperti nutrisi dan konsumsi.

9. Museum of Sex (Museum Seks, New York)

Museum Seks di Kota New York, AS didirikan pada tahun 2002 untuk "melestarikan dan mempresentasikan sejarah, evolusi, dan signifikansi budaya dari seksualitas manusia." Dengan lebih dari 20.000 artefak, museum ini menampilkan sejarah seksualitas manusia dari waktu ke waktu.

Menampilkan pameran tentang kehidupan seksual hewan dan koleksi besar mainan seks bersejarah, Museum Seks yang unik ini menjawab pertanyaan yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

8. Chez Galip Hair Museum (Museum Rambut Chez Galip Avanos, Turki)

Salah satu museum paling aneh di dunia, Museum Rambut Chez Galip, menampilkan koleksi rambut terbanyak di dunia.

Dikumpulkan dari lebih dari 16.000 wanita, gua-gua di museum rambut Avanos dipenuhi dengan berbagai rambut dari segala ukuran, warna, dan latar belakang. Nama dan alamat para wanita yang murah hati tersebut menyertai rambut mereka di dinding museum yang aneh dan gila ini.

7. The Icelandic Phallological Museum (Museum Falologi Islandia Reykjavík, Islandia)

Menampilkan koleksi biologi falus terbesar di dunia, Museum Falologi Islandia memamerkan lebih dari 215 spesimen falus yang berbeda, mulai dari hamster kecil hingga walrus Kanada.

Jika itu belum cukup aneh bagi Anda, museum ini juga menampilkan kap lampu yang terbuat dari testis banteng dan empat tubuh manusia yang disumbangkan. Tidak diragukan lagi, tidak ada tempat yang lebih baik untuk mempelajari tentang organ kelamin pria.

3 dari 4 halaman

6. Museum of Witchcraft and Magic (Museum Ilmu Sihir Boscastle, Inggris)

Museum aneh ini mungkin saja membuat Anda terpesona. Terletak di Boscastle, Inggris, Museum Ilmu Sihir menyimpan koleksi perlengkapan sihir terbesar di dunia.

Dari pameran tentang penganiayaan terhadap penyihir hingga catatan tentang ritual kuno, takhayul, dan praktik sihir, pengunjung dapat menjelajahi sejarah praktik magis Inggris.

5. Cup Noodles Museum Yokohama (Museum Cup Noodles Yokohama di Yokohama, Jepang)

Siapa sangka makanan murah untuk mahasiswa miskin memiliki museumnya sendiri?

Museum Cup Noodles di Yokohama, Jepang menghormati pencipta ramen instan, Momofuku Ando. Museum unik ini mengenang kontribusi Ando dalam menyediakan makanan murah bagi para penyintas miskin pasca Perang Dunia II.

Dengan pabrik-pabrik di mana pengunjung dapat membuat ramen ayam mereka sendiri dan paket Cup Noodles yang disesuaikan, pameran unik ini menawarkan pengalaman interaktif bagi para penggemar mie dari segala usia.

4. Museum of Miniature Books (Museum Buku Miniatur Baku, Azerbaijan)

Jangan lupa membawa kaca pembesar jika Anda berencana mengunjungi satu-satunya Museum Buku Miniatur di dunia di Baku, Azerbaijan.

Museum ini menyimpan koleksi lebih dari 5.600 buku miniatur yang diterbitkan di 66 negara berbeda dan bahkan menampilkan buku terkecil di dunia. Di antara ribuan publikasi miniatur, salah satu tampilan paling unik adalah salinan Al-Quran dari abad ke-17.

4 dari 4 halaman

3. International Cryptozoology Museum (Museum Kriptozoologi Internasional, Maine, AS)

Jelajahi dunia misterius makhluk yang belum terverifikasi keberadaannya di International Cryptozoology Museum di Portland, Maine.

Kriptozoologi adalah studi tentang makhluk mitos yang belum diverifikasi dan hanya dirumorkan ada, seperti Bigfoot dan Monster Loch Ness.

Loren Coleman, pendiri museum dan ahli di bidang ini, memamerkan koleksi "bukti" miliknya, termasuk jejak kaki, kotoran, dan sampel rambut dari banyak legenda yang dirumorkan.

Salah satu daya tarik utama pameran ini adalah "Crookston Bigfoot", yang mungkin jadi satu-satunya kesempatan Anda untuk menyaksikan makhluk legendaris tersebut secara langsung.

 2. Beijing Museum of Tap Water (Museum Air Ledeng Beijing, China)

Dibangun di atas pabrik air kota pertama di Beijing, Museum Air Ledeng mengeksplorasi cara kerja dalam menyuplai air ke sebuah metropolis.

Museum ini menampilkan pameran tentang bagaimana air dikumpulkan dan disaring, serta 130 objek nyata yang menggambarkan sejarah air ledeng Beijing selama 90 tahun.

1. Sulabh International Museum of Toilets (Museum Toilet Internasional Sulabh, Delhi, India)

Museum Toilet Internasional Sulabh lebih dari sekadar koleksi beragam 'singgasana kerajaan'. Pameran ini membawa Anda melalui sejarah kebersihan dan sanitasi, dengan pemeriksaan teknologi saluran pembuangan dan evolusi toilet, urinoir, dan pot kamar sejak tahun 2500 SM.

Di Delhi, India, museum yang unik ini menawarkan pengalaman mendalam dalam mempelajari sejarah praktik sanitasi yang menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.