Sukses

Jutaan Nyamuk Wolbachia Dilepas di Hawaii, Demi Selamatkan Spesies Burung dari Kepunahan

Burung-burung honeycreeper endemik yang berwarna cerah di kepulauan Hawaii terancam mati akibat malaria yang dibawa oleh nyamuk. Jurus penyebaran nyamuk Wolbachia kini jadi pilihan terakhir.

Liputan6.com, Pulau Maui - Jutaan nyamuk dilepaskan di Hawaii menggunakan helikopter sebagai upaya terakhir untuk menyelamatkan burung-burung langka dari kepunahan.

Burung-burung honeycreeper endemik yang berwarna cerah di kepulauan ini terancam mati akibat malaria yang dibawa oleh nyamuk yang pertama kali dikenalkan oleh kapal-kapal Eropa dan Amerika pada abad ke-19. Tanpa kekebalan terhadap penyakit tersebut, burung-burung ini dapat mati setelah digigit sekali saja oleh nyamuk.

Melansir dari The Guardian, Selasa (2/7/2024), 33 spesies burung honeycreeper telah punah dan banyak dari 17 yang tersisa sangat terancam, dengan kehawatiran beberapa bisa punah dalam satu tahun jika tidak ada tindakan yang diambil. Kini para konservasionis sedang berusaha dengan strategi yang tidak biasa, yaitu melepaskan lebih banyak nyamuk.

Setiap minggunya, sebuah helikopter menjatuhkan 250.000 nyamuk jantan yang diberi Wolbachia, bakteri alami yang bertindak sebagai kontrol kelahiran ke pulau-pulau di kepulauan terpencil ini. Sudah ada 10 juta nyamuk Wolbachia yang dilepaskan.

"Satu-satunya hal yang lebih tragis adalah jika (burung-burung) punah dan kita tidak mencoba. Kita tidak bisa tidak mencoba," kata Chris Warren, koordinator program burung hutan untuk Taman Nasional Haleakala di Pulau Maui.

Populasi salah satu jenis honeycreeper, yaitu Kauaʻi creeper atau ʻakikiki, telah turun dari 450 pada tahun 2018 menjadi lima pada tahun 2023, dengan hanya satu ekor yang diketahui tersisa di alam liar di Pulau Kauaʻi, menurut layanan taman nasional.

Honeycreeper memiliki suara mirip kanari dan keanekaragaman yang luar biasa.

Setiap spesies telah berevolusi dengan bentuk paruh khusus, beradaptasi untuk makan berbagai makanan, mulai dari siput, buah, hingga nektar. Mereka merupakan bagian penting dari ekosistem, membantu mempolinisasi tanaman dan memakan serangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memiliki Kekebalan yang Rendah Terhadap Malaria

Burung-burung di Hawaii tidak berevolusi bersama malaria avian, sehingga memiliki respons kekebalan yang sangat rendah terhadap penyakit tersebut, contohnya burung honeycreeper scarlet atau disebut i'iwi, yang memiliki peluang 90% untuk mati jika digigit nyamuk yang terinfeksi.

Burung-burung yang tersisa umumnya hidup di elevasi tinggi di atas 1.200-1.500 meter (4.000-5.000 kaki), di mana nyamuk dengan parasit malaria avian tidak dapat hidup karena terlalu dingin.

Namun, dengan adanya pemanasan iklim, nyamuk mulai bergerak ke elevasi yang lebih tinggi.

Para peneliti menggunakan teknik incompatible insect technique (IIT)/insektisida yang tidak kompatibel, yang melibatkan pelepasan nyamuk jantan yang mengandung bakteri alami yang menghentikan telur-telur betina liar yang mereka kawini agar tidak menetas.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Teknik yang Melibatkan Nyamuk Wolbachia

Nyamuk betina hanya kawin sekali, dan ide di balik teknik ini adalah bahwa dari waktu ke waktu ini akan mengurangi populasi secara keseluruhan.

Bakteri Wolbachia hidup secara alami di sebagian besar serangga, yang hanya dapat menghasilkan keturunan yang dapat bertahan hidup dengan pasangan yang memiliki jenis Wolbachia yang sama.

Teknik ini telah berhasil digunakan untuk mengurangi populasi nyamuk di China dan Meksiko, dengan program-program yang terus berlanjut di California dan Florida. Efektivitas program ini akan terlihat pada musim panas ketika populasi nyamuk biasanya meningkat pesat.

Proyek ini dipimpin oleh koalisi kelompok termasuk Layanan Taman Nasional AS, negara bagian Hawaii, dan Proyek Pemulihan Burung Hutan Maui, beroperasi di bawah spanduk "Burung, Bukan Nyamuk".

Dr. Nigel Beebe, dari Universitas Queensland, melakukan penelitian tentang bagaimana teknik IIT bekerja pada spesies nyamuk lainnya, "Ini jauh lebih baik daripada menggunakan pestisida yang memiliki efek samping besar. Terutama untuk hal-hal seperti konservasi spesies penting," katanya.

Namun, ia menambahkan bahwa eliminasi nyamuk secara jangka panjang merupakan tantangan, terutama untuk negara-negara di daratan.

"Eradikasi mungkin sulit kecuali kita dapat mencegah migrasi kembali ke dalam lanskap," katanya. "Pulau-pulau adalah ideal untuk hal ini."

Teknik ini telah berhasil digunakan untuk mengurangi populasi nyamuk di Tiongkok dan Meksiko, dengan program yang berlanjut di California dan Florida. Efektivitas program ini akan terlihat jelas pada musim panas ketika populasi nyamuk biasanya meningkat.

Proyek ini dipimpin oleh koalisi kelompok termasuk US National Park Service, negara bagian Hawaii dan Maui Forest Bird Recovery Project, yang beroperasi di bawah bendera Birds, Not Mosquitoes.

Dr Nigel Beebe, dari Universitas Queensland, meneliti bagaimana teknik IIT bekerja pada spesies nyamuk lain. “Jauh lebih baik dibandingkan menggunakan pestisida yang mempunyai efek tidak tepat sasaran yang besar. Apalagi untuk hal-hal seperti konservasi spesies kritis," ujarnya.

Namun, ia menambahkan bahwa pemberantasan nyamuk dalam jangka panjang merupakan sebuah tantangan, terutama bagi negara-negara daratan. “Pemberantasan mungkin sulit dilakukan kecuali kita dapat mencegah migrasi kembali ke wilayah tersebut,” katanya. “Pulau-pulau ideal untuk ini.”

4 dari 4 halaman

Paris yang Berusaha Atasi Ancaman Nyamuk Macan

Sementara itu, demi kelancaran Olimpiade Paris, Prancis berusaha keras untuk memastikan bahwa nyamuk macan pembawa virus dan penyakit tidak mengganggu.

Pasalnya, tidak hanya para atlet, jutaan pengunjung yang meliputi suporter, turis dan lainnya akan datang ke ibu kota Prancis tersebut untuk menghadiri Olimpiade musim panas.

Melansir dari laman Channel News Asia, nyamuk macan Asia dilaporkan datang ke sebagian besar Eropa utara, termasuk Prancis, selama dua dekade terakhir.

Nyamuk ini menyebarkan penyakit seperti demam berdarah, chikungunya dan zika.

Perubahan iklim dikatakan menyebabkan adaptasi lebih mudah terhadap suhu yang lebih dingin, dengan pihak berwenang baru-baru ini mengidentifikasi Normandia di barat laut sebagai wilayah terakhir di Prancis yang bebas dari nyamuk.

Pihak berwenang telah mencoba, tetapi sia-sia untuk membasmi serangga tersebut, termasuk dengan mengasapi sebagian wilayah Paris, sebuah teknik yang biasa digunakan di kota-kota tropis.

Namun, dimulainya Olimpiade Paris 2024 yang tinggal satu bulan lagi, mereka sudah siap dan para ahli memperingatkan bahwa gigitan nyamuk macan dapat menghancurkan peluang seorang atlet untuk mencapai garis akhir sebuah perlombaan.

“Ketika Anda terjangkit demam berdarah, Anda tidak akan bisa melewati rintangan apa pun,” kata Didier Fontenille, ahli entomologi dan pakar penyakit yang ditularkan melalui vektor.

“Kota-kota yang menjadi tuan rumah dan khususnya Perkampungan Olimpiade harus dijaga bebas nyamuk,” ujarnya.

 Selengkapnya baca disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini