Sukses

Pesawat Boeing 777 Maskapai KLM ke Brasil Putar Balik Mendarat Darurat di Amsterdam

Sebuah pesawat Boeing 777 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Belanda KLM ini kembali ke Bandara Schiphol Amsterdam.

Liputan6.com, Amsterdam - Insiden di udara yang melibatkan pesawat Boeing dilaporkan kembali terjadi.

"Sebuah pesawat Boeing 777 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Belanda KLM kembali ke Bandara Schiphol Amsterdam pada hari Minggu (23/6/2024) setelah melaporkan masalah teknis yang tidak ditentukan," kata pengawas lalu lintas udara nasional seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (25/6/2024).

Penerbangan KLM705 dengan tujuan Rio de Janeiro di Brasil berbalik melewati Belgia setelah meminta mendarat sebagai tindakan pencegahan, kata juru bicara pengawas lalu lintas udara Belanda.

Sejauh ini belum jelas apa tepatnya yang salah dalam penerbangan tersebut.

KLM mengatakan keselamatan penumpang dan awak tidak terancam dan pesawat alternatif digunakan untuk penerbangan tersebut.

Pesawat tersebut terlihat di FlightRadar 24 telah kembali ke Bandara Schiphol.

Menurut Theeuropetoday.com, insiden ini terjadi di tengah masa penuh tantangan bagi raksasa penerbangan AS Boeing, yang sedang menghadapi serangkaian masalah keselamatan. CEO Boeing, Dave Calhoun bahkan telah mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri pada akhir tahun ini.

Boeing telah menghadapi pengawasan ketat, khususnya terkait pesawat Boeing 737 MAX-9. Pada bulan Januari, penerbangan Alaska Airlines 737 MAX-9 mengalami insiden kritis ketika penutup pintu terlepas pada ketinggian sekitar 16.000 kaki.

Regulator AS telah meningkatkan pengawasan mereka, sehingga membatasi produksi karena Boeing mengatasi masalah keselamatan dan kualitas.

Pada bulan Maret, sekitar 50 orang terluka ketika sebuah Boeing 787 tiba-tiba jatuh di tengah penerbangan. Selain itu, bulan lalu, sebuah Boeing 777-300ER tujuan Singapura dari London mengalami turbulensi parah di cekungan Irrawaddy, mengakibatkan satu penumpang pesawat meninggal dunia dan dialihkan ke Bangkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insiden Fatal Boeing yang Menelan Banyak Korban Jiwa

Namun keadaan darurat di udara ini dan lainnya tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan dua pesawat Boeing MAX 8 yang jatuh pada tahun 2018 dan 2019, menewaskan 346 orang dan menyebabkan larangan terbang terhadap semua pesawat MAX 8 dan MAX 9 di seluruh dunia yang berlangsung hampir dua tahun.

Mengutip DW,diketahui juga bahwa pada tahun 2018, pesawat Lion Air Boeing 737 Max di Indonesia jatuh dan menewaskan 189 orang. Setahun kemudian, Ethiopian Airlines Boeing 737 Max jatuh segera setelah lepas landas dari Addis Ababa, menewaskan 157 orang.

Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap kedua tragedi tersebut, kedua kecelakaan tersebut terkait dengan Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS) pesawat, yang dirancang untuk secara otomatis mendorong hidung pesawat ke bawah jika mendeteksi bahaya posisi stalling.

Beberapa perusahaan pembuat pesawat juga telah melaporkan hal ini, menuduh adanya risiko dalam proses produksi pesawat. Pemrosesan inisiatif ini menjadi rumit karena adanya dua kematian baru-baru ini.

Pada bulan Maret, seorang mantan karyawan Boeing yang baru-baru ini memberikan bukti yang memberatkan perusahaan tersebut dalam tuntutan pengungkap fakta (whistleblower) meninggal karena apa yang kemudian dikatakan polisi sebagai luka tembak yang dilakukan sendiri.

Pada akhir April, pelapor lainnya meninggal dunia setelah sakit sebentar, setelah menderita infeksi yang menyebar cepat dan menderita pneumonia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini