Sukses

Juara Masterchef Australia Brent Draper Jalan-jalan ke BSD Serpong, Ngapain Saja?

Sebagai bagian dari acara "Taste of Australia", Brent Draper, pemenang Masterchef Australia, menjelajahi BSD Serpong dan sekitarnya untuk melakukan berbagai kegiatan, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia, Kedutaan Besar Australia kembali mengadakan acara bertajuk "Taste of Australia", yang turut dimeriahkan oleh Brent Draper -- pemenang MasterChef Australia 2023.

Salah satu rangkaian acara dalam "Taste of Australia" adalah jalan-jalan keliling BSD Serpong bersama Brent Draper, yang akan diikuti dengan Kitchen Takeover di sebuah restoran bernuansa Australia di Gading Serpong.

"Saya sangat menyukai dan bangga dengan makanan Indonesia. Makanan khas Indonesia mirip-mirip dengan makanan Australia," ujar Brent sebelum memulai aksi memasaknya di restoran "The Rocks Underground", Gading Serpong, Tangerang Selatan, pada Selasa (25/6/2024).

"Saya akan memasak daging t-bone, dengan saus spesial buatan saya," tambahnya.

"Di sini ada daging t-bone, dan ada juga daging porterhouse," sebut Brent sambil memasak yang juga ditemani oleh pemilik restoran sendiri, Yulius Ergo atau akrab dipanggil Chef Ergo.

Selain hidangan daging, udang sebagai bagian dari hidangan seafood juga akan dimasak. Chef Ergo sendiri yang menyiapkannya.

"Sambil dibantu oleh Brent, saya akan memasak udang bakar dengan sentuhan bumbu khas Madura," jelas Chef Ergo. 

Hidangan udang buatan Chef Ergo akan disajikan bersama hidangan daging t-bone buatan Brent, yang dilengkapi dengan saus khas Australia.

"Dalam saus ini ada beberapa bahan khas Indonesia, seperti kunyit, cabai, dan juga daun ketumbar," kata Brent. 

Untuk mempersiapkan Kitchen Takeover ini, Chef Ergo yang berdomisili di Surabaya langsung terbang ke Tangerang Selatan untuk menyambut Brent, sang juara MasterChef Australia, di restorannya yang baru dibuka pada bulan Februari lalu.

"Saya bahkan membawa pisau khusus dari Surabaya, agar bisa digunakan oleh Brent," ucap Chef Ergo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengkombinasikan Ciri Khas Indonesia dan Australia

Chef Ergo menyatakan bahwa ada alasan tersendiri di balik paduan masakan Brent dengan kreasi masakannya ini.

"Untuk menghormati hubungan diplomatik Australia dan Indonesia, kedua masakan ini kami usahakan untuk di combine, baik dalam teknik memasaknya dan cara menyajikannya," jelas Chef Ergo.

Ia juga menginformasikan bahwa kedua hidangan tersebut ditemani oleh nasi yang diberi serpihan kelapa dan terasi.

"Jadi, ini semua Indonesian flavor tetapi kita masaknya dengan cara Australia," tambah Chef Ergo.

Kombinasi rasa yang dihasilkan kedua hidangan juga menampilkan rasa khas masing-masing dari kedua negara.

"Yang mencicipi nanti akan merasakan rasa pedas, yaitu rasa ciri khas Indonesia, dan asin-asin, itu ciri khas Australia," lanjut Chef Ergo.

Berdasarkan informasi dari Brent, teknik memasaknya pun menggunakan teknik Australian barbeque.

"Orang Australia kan sering bbq-an, mereka sering melakukannya di rumah, saat pesta, siang bahkan malam juga," tambah Brent.

3 dari 4 halaman

Turut Cicipi Kopi di Pasar Modern BSD

Selain Kitchen Takeover, Brent Draper juga mengunjungi gerai kopi "Rosso Micro Roastery" di Pasar Modern BSD, untuk mencicipi berbagai kopi khas Indonesia.

"Saya sering berkunjung ke Bali, dan mencoba beberapa kopi di sana, menurut saya kopi Indonesia sangat berbeda dan enak," ucap Brent.

Ia juga menceritakan momen di mana ia mencoba kopi luwak, "Saya pernah mencoba kopi luwak, dan itu menurut saya sangat menarik."

Brent mengatakan, "Bagi saya, kopi adalah minuman yang layak dinikmati setiap hari, baik disajikan panas maupun dingin, semuanya enak."

Gerai kopi "Rosso Micro Roastery" dimiliki oleh Andres, yang sebelumnya juga menghabiskan beberapa tahun di Australia.

"Saya sudah mulai untuk membuat coffee shop di tahun 2009, saya juga sempat mengikuti beberapa komunitas mengenai coffee roasting," kata Andres.

 

4 dari 4 halaman

Senang Bisa Mengunjungi Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Brent Draper juga mengutarakan perasaannya selama ia berkunjung ke Indonesia.

"Saya sangat senang bisa mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Anda semua di sini," ucapnya.

Ia mengatakan selalu disuguhi makanan khas Asia selama berkunjung, "Di mana pun saya pergi, saya selalu disuguhi makanan khas Asia, dan saya sangat menyukai semuanya."

"Saya juga sangat suka dengan kopi yang saya coba tadi dan juga udang khas Indonesia ini," kata Brent, menyinggung udang bakar khas Madura yang sempat dihidangkan oleh Chef Ergo tersebut.

"Terima kasih, kepada semuanya." lanjut Brent.

Selain rangkaian acara keliling BSD Serpong ini, Brent Draper juga sempat meriahan Festival BBQ di Hotel Double Tree, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/6/2024), di mana ia turut memperkenalkan keragaman budaya kuliner Australia dengan kombinasi cita rasa khas Indonesia.

Dalam perjalanannya kali ini, Brent Draper telah mengunjungi Indonesia ini sejak tanggal 19 Juni 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.