Sukses

Posting Media Sosial Dianggap Hina Agama dan Keadilan Raja Salman, Guru di Arab Saudi Divonis Penjara 20 Tahun

Asaad bin Nasser Al-Ghamdi, seperti dikutip dari pemberitaan Middle East Monitor Selasa (25/6/2024), divonis bersalah atas tuduhan terkait aktivitas media sosialnya.

Liputan6.com, Riyadh - Seorang guru di Arab Saudi dijatuhi hukuman 20 tahun penjara kepada gara-gara aktivitas media sosialnya.

Asaad bin Nasser Al-Ghamdi, seperti dikutip dari pemberitaan Middle East Monitor Selasa (25/6/2024), divonis bersalah atas tuduhan terkait aktivitas media sosialnya, termasuk tuduhan menghina agama dan keadilan Raja Salman, mendukung gagasan teroris, berupaya mengacaukan sistem, dan membahayakan persatuan nasional.

Semua itu bermula dari penangkapan Asaad bin Nasser Al-Ghamdi terkait cuitan di akun Twitter pribadinya, yang ingin ditutup oleh Jaksa Penuntut Umum. Di antara tweet yang dianggap sebagai bukti yang memberatkannya adalah tweet yang menyatakan belasungkawa kepada Dr Abdullah Al-Hamid, pendiri the Saudi Civil and Political Rights Association (HASM) atau Asosiasi Hak Sipil dan Politik Saudi (HASM). Al-Ghamdi juga mengkritik proyek Visi 2030 dan transformasi di Kerajaan serta pengabaian pihak berwenang terhadap aliansi agama lama.

Partai oposisi Saudi National Assembly Party (Majelis Nasional Saudi) mengecam Pengadilan Kriminal Khusus di Riyadh karena menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepada guru Asaad bin Nasser Al-Ghamdi, disertai dengan larangan bepergian, menurut laporan Kantor Pers Yaman. 

Al-Ghamdi, yang sudah ditahan selama satu setengah tahun, dilaporkan terus menerus disiksa dan diabaikan secara medis di penjara Dhahban dan Al-Hayer. Partai tersebut mengklaim bahwa dia diberi obat yang mempengaruhi kondisi mentalnya, sehingga menyebabkan penurunan kesehatan yang nyata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saudara Si Guru juga Dihukum Sebelumnya

Pihak berwenang Saudi telah dikritik karena menunjuk seorang pengacara yang bertindak lebih seperti petugas keamanan daripada pengacara pembela, lapor outlet Middle East Monitor, mengutip partai oposisi .

Al-Ghamdi adalah saudara laki-laki pembangkang Sa’id bin Nasser Al-Ghamdi yang berbasis di London dan Mohammed Al-Ghamdi, yang dijatuhi hukuman mati karena jabatannya di X.

Dr Al-Hamid, seorang aktivis hak asasi manusia terkemuka, meninggal dalam tahanan pada bulan April 2020. Sejak September 2017, pihak berwenang Saudi telah menangkap dan menargetkan banyak cendekiawan, pemikir, dan akademisi.

Organisasi hak asasi manusia Saudi yang berbasis di Inggris, SANAD mengeluarkan pernyataan yang mengutuk "penangkapan sewenang-wenang, hukuman berikutnya, dan hukuman penjara 20 tahun yang dijatuhkan kepadanya semata-mata karena menjalankan hak dasarnya atas kebebasan berekspresi."

"Kami mengutuk keras penangkapan Asaad Al-Ghamdi dan segala pelanggaran yang dihadapinya selama masa penahanan, penyidikan, dan persidangan. Kami juga dengan keras menolak hukuman tidak adil yang dijatuhkan kepadanya hanya karena menggunakan hak alami dan sahnya atas kebebasan berekspresi dengan cara yang damai."

"Kami menyerukan kepada pemerintah Saudi untuk mempercepat pembebasannya dan memberinya perawatan medis yang diperlukan tanpa penundaan," tambah pernyataan itu.

 

3 dari 4 halaman

Akibat Hina Raja, Musisi dan Anggota Parlemen di Thailand Dijatuhi Hukuman Penjara

Perkara menghina raja juga terjadi di Thailand.

 Pengadilan Thailand menjatuhkan hukuman penjara pada Senin (27/5/2024), terhadap seorang aktivis musisi yang membakar potret raja dan seorang anggota parlemen oposisi karena menghina monarki.

Musisi dan anggota parlemen tersebut telah melanggar undang-undang lese-majeste Thailand, salah satu undang-undang yang paling ketat di dunia, yang melindungi monarki dari kritik dan membawa hukuman hingga 15 tahun penjara untuk setiap pelanggaran.

Dilansir CNA, Rabu (29/5/2024), Chonthicha Jangrew (31) seorang anggota parlemen dari Partai Move Forward, menerima masa jabatan dua tahun karena pidatonya yang dibuat pada tahun 2021 di sebuah protes anti-pemerintah. Dia membantah tuduhan tersebut dan diberi jaminan sambil menunggu banding. Hal ini diungkapkan oleh pengacaranya, Marisa Pidsaya kepada Reuters.

Sementara itu, hukuman empat tahun penjara dijatuhkan kepada musisi Chaiamorn Kaewwiboonpan (35) karena membakar potret Raja Maha Vajiralongkorn.

Chaiamorn, yang dinyatakan bersalah karena melakukan pembakaran foto raja, membantah tuduhan tersebut dan mengatakan dia melakukannya untuk melampiaskan rasa frustrasinya atas penahanan sesama aktivis atas tuduhan penghinaan terhadap kerajaan.

Kelompok bantuan hukum Pengacara Hak Asasi Manusia Thailand mengatakan Chaiamorn juga diberikan jaminan dan bermaksud mengajukan banding.

Pengadilan belum mengeluarkan pernyataan mengenai hukuman tersebut. Namun, Istana biasanya tidak mengomentari undang-undang tersebut.

Menurut kelompok bantuan hukum Pengacara Hak Asasi Manusia Thailand, lebih dari 272 orang telah didakwa berdasarkan undang-undang lese-majeste sejak tahun 2020, dan 17 orang ditahan sebelum persidangan. 

 

4 dari 4 halaman

Tweet Hina Penguasa, Guru Perempuan Kuwait Dibui 11 Tahun

Di Kuwait, penguasa juga tak boleh dikritik. Siapa berani melanggar, hukuman berat menanti. Seperti yang dialami seorang guru perempuan, ia divonis hukuman penjara selama 11 tahun, hanya gara-gara dianggap menghina Sang Emir lewat Twitter. Namun ia belum ditahan dan masih punya kesempatan untuk mengajukan banding.

"Dia belum ditahan dan memiliki hak untuk mengajukan banding," kata Direktur Badan Hak Asasi Manusia di Kuwait, Mohammad al-Humaidi, seperti dilansir Aljazeera, Selasa (11/6/2013).

Perempuan bernama Huda al-Ajmi itu dinyatakan bersalah terkait tweet atau kicauan yang dianggap menghina Emir Kuwait, Sheikh Sabah al-Ahmad al-Sabah. Pengajar berusia 37 tahun ini juga diyatakan terbukti telah memposting kicauan yang menghasut warga untuk menggulingkan rezim pemerintahan.

Al-Ajmi menjadi wanita pertama yang divonis penjara berat. Sebelumnya ada juga 2 aktivis wanita yang melakukan hal yang sama. Tapi mereka belum diproses di pengadilan.

Kasus dugaan penghinaan terhadap Emir al-Humaidi yang berujung pada proses hukum memang sering terjadi. Badan HAM di AS melaporkan, telah ada 25 kasus penghinaan terhadap Emir. Pada April 2013 lalu, politisi oposisi divonis 5 tahun penjara karena dianggap terbukti bersalah menghina Emir.

Blogger Dipenjara

Seorang blogger Hamad Al Khalidi juga dijatuhi hukuman 2 tahun penjara setelah berkicau terkait Emir Shaikh di Twitter. Al Rasheedi telah mendekam dibalik jeruji sel sejak 28 November 2012. Selain 'menyentil' Raja Kuwait, ia juga dipidana atas penyebaran isu palsu soal pemerintah.

"Al Khalidi bakal segera dijebloskan ke penjara selama 2 tahun," ungkap Al Humaidi, seperti dimuat Gulf News.

Meski demikian, vonis tersebut belum final. Al Khalidi baru mulai dipenjara setelah proses pengajuan banding selesai. Pengacara Jasser Al Khalidi , Al Jadaei menyatakan, pihaknya akan mengajukan banding untuk menolak vonis. "Kami akan ajukan banding," ucap Al Jadaei. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.