Sukses

Polisi Kenya Menembaki Demonstran yang Serbu Parlemen Picu 10 Orang Tewas, Auma Obama Kena Gas Air Mata

Setidaknya lima orang dilaporkan ditembak mati pada unjuk rasa menentang undang-undang untuk menaikkan pajak selama krisis biaya hidup melanda Kenya.

Liputan6.com, Nairobi - Polisi menembaki pengunjuk rasa di luar gedung parlemen Kenya ketika mereka berusaha menyerbu gedung di Nairobi itu, sementara anggota parlemen di dalam gedung parlemen mengesahkan undang-undang untuk menaikkan pajak.

Menurut Reuters seperti juga diberitakan The Guardian yang dikutip Rabu (26/6/2024), setidaknya lima orang ditembak mati, di tengah kekacauan di mana polisi mulai menembak setelah gas air mata dan meriam air gagal membubarkan ribuan orang yang membuat petugas kewalahan. Kobaran api kemudian terlihat dari dalam gedung parlemen.

Seorang paramedis mengatakan sedikitnya 10 orang tewas dan seorang jurnalis Reuters di luar parlemen menghitung sedikitnya lima mayat pengunjuk rasa.

"Kami ingin menutup parlemen dan setiap anggota parlemen harus mengundurkan diri,” kata salah satu pengunjuk rasa, Davis Tafari, kepada kantor berita tersebut. “Kami akan memiliki pemerintahan baru.”

Para pengunjuk rasa menentang kenaikan pajak di negara yang sedang terguncang akibat krisis biaya hidup, dan banyak juga yang menyerukan agar Presiden William Ruto mundur.

“Kami bangun setiap hari untuk pergi dan bergegas, tapi akhir-akhir ini Anda bahkan tidak bisa membeli apa pun karena hidup menjadi sangat mahal,” kata Daniel Mwangi, seorang pekerja informal berusia 32 tahun, saat ia berjalan melewati kerumunan orang di jalanan berwarna merah jambu karena semprotan meriam air.

“Kami tidak punya pekerjaan sehingga kami bisa berada di sini [mengunjuk rasa] setiap hari. Jika kita tidak dapat menemukan sesuatu untuk dijalani, kita akan menemukan sesuatu untuk mati.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Auma Obama Saudara Tiri Obama Terkena Gas Air Mata

Auma Obama, seorang aktivis dan saudara tiri mantan presiden AS Barack Obama, termasuk di antara para pengunjuk rasa yang terkena gas air mata, menurut wawancara CNN.

Protes dan bentrokan dimulai seminggu yang lalu dan juga terjadi di kota-kota lain di seluruh negeri, Kenya.

Kamis (20/6) lalu, satu orang tewas dan sedikitnya 200 orang terluka dalam demonstrasi di seluruh negeri, menurut kelompok hak asasi manusia dan Otoritas Pengawasan Kepolisian Independen, sebuah badan pengawas polisi.

Protes ini sebagian besar didorong oleh aktivisme digital yang dipimpin oleh kaum muda. Generasi muda Kenya telah menggunakan platform seperti X dan TikTok untuk menentang RUU tersebut, menggalang dana, mengorganisir dan memobilisasi protes terhadap RUU tersebut.

Setidaknya 12 orang yang dicurigai terlibat dalam protes selama lima hari terakhir telah diculik, menurut Amnesty International.

Pada hari Selasa (25/6), stasiun penyiaran Kenya KTN melaporkan bahwa mereka telah menerima ancaman dari pihak berwenang untuk menutup stasiun tersebut karena liputannya mengenai protes.

Pengawas internet NetBlocks pada hari Selasa (25/6) melaporkan “gangguan besar” terhadap konektivitas internet di negara tersebut selama demonstrasi. Sehari sebelumnya, Otoritas Komunikasi Kenya, membantah rencana untuk mematikan internet atau mengganggu kualitas konektivitas.

3 dari 4 halaman

Presiden Kenya Terjebak Tuntutan

Presiden William Ruto memenangkan pemilu hampir dua tahun lalu dengan platform memperjuangkan pekerja miskin di Kenya, namun ia terjebak di antara tuntutan para pemberi pinjaman, seperti Dana Moneter Internasional (IMF), yang mendesak pemerintah untuk mengurangi defisit agar dapat mengakses lebih banyak pendanaan dan populasi yang mengalami kesulitan.

Pada Selasa (25/6) malam, Menteri Pertahanan Kenya, Aden Duale, mengumumkan pengerahan militer untuk mendukung polisi, “sebagai tanggapan terhadap darurat keamanan yang disebabkan oleh protes kekerasan yang sedang berlangsung”.

Dalam konferensi pers, Ruto menggambarkan kejadian hari itu sebagai “pengkhianatan”. Dia menyalahkan kekerasan yang terjadi pada “penjahat”, dan menambahkan: “Kita harus mengisolasi kejahatan dari ekspresi demokrasi.”

“Peristiwa hari ini menandai titik balik penting dalam cara kita merespons ancaman besar terhadap keamanan nasional kita,” katanya. “Pemerintah telah memobilisasi semua sumber daya yang dimiliki negara untuk memastikan bahwa situasi seperti ini tidak akan terulang lagi, apa pun akibatnya.”

 

4 dari 4 halaman

Guncangan Ekonomi yang Melanda Masyarakat Kenya

Masyarakat Kenya telah berjuang untuk mengatasi beberapa guncangan ekonomi yang disebabkan oleh dampak pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, perang di Ukraina, kekeringan selama dua tahun berturut-turut, dan depresiasi mata uang.

Adapun parlemen menyetujui rancangan undang-undang keuangan pada hari Selasa (25/6), dan meneruskannya ke pembahasan ketiga oleh anggota parlemen. Langkah selanjutnya adalah mengirimkan undang-undang tersebut ke presiden untuk ditandatangani. Dia dapat mengirimkannya kembali ke parlemen jika dia keberatan.

RUU keuangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pajak tambahan sebesar $2,7 miliar sebagai bagian dari upaya meringankan beban utang, dengan pembayaran bunga saja menghabiskan 37% pendapatan tahunan.

Pemerintah telah memberikan beberapa kelonggaran, berjanji untuk membatalkan usulan pajak baru atas roti, minyak goreng, kepemilikan mobil dan transaksi keuangan. Namun hal itu belum cukup memuaskan para pengunjuk rasa.

“Kita tidak bisa dikenai pajak untuk setiap hal kecil,” kata Alex Wachira, seorang pekerja IT berusia 34 tahun, sambil berlindung dari serangan gas air mata. “Kami dibebani secara berlebihan dan tidak melihat hasil apa pun, namun kami melihat para pemimpin kami [hidup sejahtera].”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.