Sukses

5 Juli 2019: Gempa Bumi M6,9 di California, Bangunan Bergoyang dan Terjadi Kebakaran

Gempa ini merupakan gempa susulan yang terjadi satu hari sebelumnya, pada 1 Juli 2019 yang bermagnitudo 6,4 -- gempa terbesar dalam 20 tahun terakhir.

Liputan6.com, Ridgecrest - Tepat pada hari ini, 5 tahun yang lalu pada Jumat malam 5 Juli 2019, gempa berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang California Selatan.

Ini merupakan gempa besar kedua dalam kurun waktu kurang dari dua hari, yang akhirnya menambah kegelisahan di wilayah tersebut.

Bencana ini berpusat di dekat Ridgecrest, lokasi yang satu hari sebelumnya juga diguncang gempa  dengan kekuatan magnitudo 6,2 pada Kamis 4 Juli 2019 -- yang merupakan gempa terbesar dalam hampir 20 tahun terakhir, seperti yang dilansir dari Los Angeles Times, Jumat (5/7/2024).

Ada laporan bahwa gempa pada Jumat malam itu menyebabkan beberapa kebakaran dan kerusakan lainnya di Ridgecrest, menurut petugas darurat di tempat kejadian.

Di Trona dan Ridgecrest, dua kota di Mojave, California yang diguncang gempa ini dan gempa sebelumnya, warga menjawab telepon dengan panik dan ketakutan.

"Mereka mengatakan tanah terbelah," kata Winter Wilson, yang sedang dalam perjalanan pulang ke Trina dari Bakersfield, suaranya bergetar.

"Mereka menyuruh saya berjanji untuk tidak datang." "Saya tidak bisa bicara sekarang," kata Heather terburu-buru sambil bergegas menghubungi saudara perempuannya.

Kekuatan guncangan gempa tidak terlalu terasa di wilayah metro Los Angeles, dan tidak ada laporan langsung mengenai kerusakan besar atau korban luka yang ada di sana.

Para ilmuwan sebenarnya sudah memperingatkan ketika gempa pada hari Kamis terjadi, gempa tersebut akan menyebabkan gempa yang lebih besar lagi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merupakan Gempa Susulan

Wilayah Ridgecrest telah diguncang oleh lebih dari 17 gempa berkekuatan magnitudo 4 dan sedikitnya 1.200 gempa susulan sejak hari Kamis, 4 Juli 2019. Gempa susulan bermagnitudo 5,4 yang terjadi di pagi hari cukup kuat untuk membangunkan beberapa penduduk Los Angeles yang berjarak sejauh 125 mil atau setara dengan 201 km.

Para ahli seismologi mengatakan bahwa gempa pada Jumat malam tampaknya merupakan bagian dari rangkaian gempa yang sama.

Gempa besar pada hari Kamis itu bisa jadi merupakan gempa pendahuluan dari gempa bermagnitudo 6,9 hari Jumat, kata Lucy Jones, seismolog dan suara publik untuk ilmu pengetahuan gempa bumi dan keselamatan gempa bumi di California.

Awalnya dilaporkan bermagnitudo 7,1, dan kemudian dilaporkan berkekuatan lebih kecil, yaitu magnitudo 6,9.

"Jadi, magnitudo 6,4 adalah gempa pendahuluan. Ini adalah magnitudo 7,1 pada patahan yang sama dengan yang telah menghasilkan urutan Lembah Searles. Ini adalah bagian dari rangkaian gempa yang sama," jelas Lucy seperti dikutip dari akun X (sebelumnya Twitter) miliknya.

3 dari 4 halaman

Jarak Pusat Gempa yang Cukup Jauh

Gempa bumi yang terjadi pada hari Jumat itu memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan gempa bumi Northridge pada tahun 1994 yang cukup merusak.

Namun pusat gempa Northridge terjadi di daerah perkotaan, sementara gempa besar Jumat itu terjadi sekitar 100 km dari Los Angeles.

Sebelumnya, gempa bermagnitudo 7,1 pernah terjadi pada tahun 1999 menghantam daerah Hector Mines di Gurun Mojave. Karena jaraknya yang jauh dari Los Angeles, gempa tersebut tidak menyebabkan kerusakan besar atau cedera luas di masyarakat.

Adapun gempa bumi 4 Juli tercatat telah memecahkan patahan sepanjang 10 mil atau sekitar 16 km dari titik terpencil di timur laut Ridgecrest, California, sebuah kota yang berpenduduk 29.000 jiwa, dan "Terus berlanjut ke arah barat daya hampir sampai ke batas kota," kata para ilmuwan.

Gempa susulan mungkin akan "berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun," ujar ahli seismologi Caltech, Egill Hauksson, hari ini.

Ia juga mengatakan kepada Times, kemungkinan besar akan ada gempa susulan bermagnitudo 5 atau lebih besar lagi pada suatu saat nanti.

4 dari 4 halaman

Gempa Magnitudo 6,4 California 4 Juli 2019 Terkuat Sejak 1999

Sementara itu, gempa satu hari sebelumnya pada 4 Juli 2019, menurut pihak berwenang itu menandai gempa terkuat sejak 1999, demikian mengutip ABC News, Jumat (30/6/2023).

"Kami akan terus mengalami banyak gempa susulan," ucap seismolog Dr. Lucy Jones, memperingatkan pada konferensi pers setelah gempa.

Pejabat setempat menyebut gempa tersebut terkuat sejak tahun 1999, rumah-rumah pun rusak parah. 

Gempa besar berkekuatan magnitudo 6,4 itu melanda sekitar pukul 10.30 waktu setempat, berpusat di dekat kota Ridgecrest, daerah terpencil dekat Lembah Searles di Gurun Mojave, yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Kern.

Di Kern County itu, gempa telah memicu kebakaran serta evakuasi di Rumah Sakit Regional Ridgecrest dan beberapa gedung apartemen, kata para pejabat.

Walikota Ridgecrest mengonfirmasi kepada ABC News bahwa mereka telah mengumumkan keadaan darurat di kota tersebut.

Ada beberapa korban luka yang dilaporkan di kota tersebut. Tidak ada kematian yang dilaporkan, mengutip CBS.

Namun, disebutkan bahwa rumah-rumah di Ridgecrest mengalami kerusakan parah.

“Tidak terselamatkan,” ucap Charlotte Sturgeon, pemilik rumah di kota itu.

Sebelumnya, 86 gempa telah terjadi di timur laut Ridgecrest, menurut kantor Layanan Cuaca Nasional di Las Vegas.

Stacy Bindschatel, seorang perawat di Rumah Sakit Regional Ridgecrest, kepada ABC News, bahwa pasien terus berdatangan dengan cedera yang mereka dapatkan karena terkena benda jatuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini