Sukses

Hujan Lebat Picu Atap Bandara di New Delhi India Runtuh, 1 Orang Tewas dan Sejumlah Penerbangan Domestik Dibatalkan

Daerah bandara di New Delhi India menerima curah hujan sekitar 148,5 mm selama tiga jam di pagi hari, lebih banyak dari rata-rata sepanjang bulan Juni, menurut kantor cuaca India

Liputan6.com, New Delhi - Setidaknya satu orang tewas setelah sebagian atap gedung terminal di bandara utama ibu kota India runtuh akibat hujan lebat. Insiden itu memicu pembatalan sejumlah penerbangan domestik.

"Atap runtuh terjadi di Bandara Internasional Indira Gandhi di New Delhi pada Jumat (28/6/2024) pagi, ketika pihak berwenang mengevakuasi Terminal 1 dan membatalkan penerbangan hingga pukul 14.00 (08:30 GMT)," kata Menteri Penerbangan Sipil K Ram Mohan Naidu kepada wartawan di fasilitas tersebut seraya membenarkan kematian tersebut seperti dikutip dari Al Jazeera.

Atul Garg selaku Direktur Dinas Pemadam Kebakaran Delhi, mengatakan sedikitnya delapan orang terluka dalam runtuhnya sebagian bangunan di area keberangkatan domestik terminal.

Gambar yang disiarkan menunjukkan sebuah taksi tertimpa reruntuhan pilar logam di area pintu masuk terminal, yang sebagian besar digunakan oleh maskapai penerbangan bertarif rendah IndiGo dan SpiceJet untuk penerbangan domestik.

Otoritas bandara mengatakan atap runtuh tersebut disebabkan oleh "hujan lebat" pada pukul 05.00 pagi (23:30 GMT pada hari Kamis 27 Juni).

"Personel darurat berupaya memberikan semua bantuan dan bantuan medis yang diperlukan kepada mereka yang terkena dampak," kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan.

Selain atap, beberapa tiang penyangga juga roboh sehingga merusak mobil di area penjemputan dan pengantaran terminal, kata kantor berita Press Trust of India.

Adapun daerah bandara menerima curah hujan sekitar 148,5 mm selama tiga jam di pagi hari, lebih banyak dari rata-rata sepanjang bulan Juni, menurut kantor cuaca India. Banyak wilayah lain di ibu kota yang terendam banjir saat musim hujan tahunan melanda setelah gelombang panas yang berkepanjangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjadi Beberapa Bulan Usai Proyek Perbaikan Bandara

Runtuhnya bandara tersebut terjadi beberapa bulan setelah proyek perbaikan bandara diresmikan oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Bandara ini dianggap sebagai salah satu proyek infrastruktur andalannya.

Standar keselamatan dan konstruksi di negara ini masih menjadi perhatian. Di tempat kejadian, Naidu mengatakan kepada wartawan bahwa atap yang runtuh adalah bagian dari bangunan tua yang dibuka pada tahun 2009 dan bangunan yang diresmikan oleh Modi “berada di sisi lain”.

Penyelidikan telah diperintahkan mengenai keruntuhan tersebut, kata menteri.

Politisi oposisi mengecam perdana menteri setelah insiden tersebut, dan menuduhnya melakukan "inagurasi" menjelang pemilu, yang berakhir pada awal bulan ini.

"Akankah Ketua Pelantikan Menteri bertanggung jawab atas pekerjaan konstruksi yang buruk dan model korup ini?” kata Priyanka Gandhi Vadra, sekretaris jenderal partai oposisi Kongres.

3 dari 4 halaman

Atap Gimnasium Sekolah di China Runtuh Tewaskan 10 Orang, Sejumlah Orang Ditangkap

Peristiwa atap runtuh juga pernah terjadi di China. Kala itu, atap beton gimnasium sekolah di Kota Qiqihar, dilaporkan runtuh pada Minggu 23 Juli 2023 waktu setempat dan menewaskan 10 orang dengan satu orang masih terjebak. Demikian menurut media pemerintah CCTV melaporkan pada Senin (24/7/2023).

Menurut laporan CCTV, awalnya 15 orang diperkirakan terjebak di bawah reruntuhan dan pihak berwenang menarik 14 orang keluar dari reruntuhan.

Runtuhnya No. 34 Middle School (Sekolah Menengah No. 34) di Distrik Longsha di Qiqihar, yang terletak di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, dilaporkan pada Minggu 23 Juli pukul 14.56 (6.56 GMT), menurut departemen pemadam kebakaran dan penyelamatan provinsi, lapor Xinhua.

Ada 19 orang di gimnasium saat kecelakaan atap runtuh itu terjadi. Empat orang dilaporkan berhasil melarikan diri dan 15 orang terjebak, kata markas pencarian dan penyelamatan kota, menurut media pemerintah.

Pada Senin 24 Juli pukul 03.00 pagi, 14 orang telah ditarik keluar dari reruntuhan, dengan empat orang tidak menunjukkan tanda-tanda vital. Enam orang meninggal setelah perawatan yang diberikan gagal menyelamatkan nyawa mereka, lapor media pemerintah.

Pemandangan udara dari tempat kejadian dari gambar-gambar media sosial menunjukkan atap yang benar-benar runtuh dengan petugas penyelamat di gym di samping batu-batu besar beton.

Gambar lain menunjukkan derek besar diangkat di sisi gedung sekolah saat upaya penyelamatan masih berlangsung.

Wilayah itu dan beberapa bagian China mengalami hujan lebat akhir pekan ini, menyebabkan banjir dan kerusakan di beberapa daerah.

Investigasi awal menemukan bahwa pekerja konstruksi secara ilegal menempatkan perlite, mineral dengan kandungan air yang tinggi, di atap gimnasium selama pembangunan gedung pengajaran yang berdekatan dengan gimnasium, lapor Xinhua.

Di bawah guyuran hujan yang terus-menerus, perlite menyerap air dan bertambah berat, mengakibatkan atap runtuh, kata media pemerintah.

Investigasi mendalam sedang berlangsung, dan orang-orang yang bertanggung jawab atas perusahaan konstruksi telah ditahan polisi, lapor Xinhua

 

4 dari 4 halaman

Badai di Thailand Picu Atap Bangunan Sekolah Runtuh Tewaskan 7 Orang, Banyak Rumah Warga Rusak

Sementara itu, badai menghantam Thailand pada Senin 22 Mei 2023 waktu setempat, mengakibatkan sejumlah orang meninggal dunia.

"Tujuh orang, termasuk empat anak, tewas ketika atap di atas lapangan olahraga sekolah runtuh akibat badai di Thailand," kata para pejabat pada Selasa, 23 Mei 2023.

Anak-anak yang berusia antara enam dan 13 tahun sedang bermain di gedung terbuka di sebuah sekolah di Provinsi Phichit pada Senin, 22 Mei, disaksikan oleh sejumlah penonton. Sekitar pukul 18.30 waktu setempat, badai melanda, menurut media setempat.

Kemudian, hujan lebat dan angin kencang menyebabkan atap bangunan runtuh secara tiba-tiba.

"Orang dewasa yang terluka parah adalah dua orang tua dan seorang petugas kebersihan," kata kantor humas provinsi kepada AFP, sementara 18 orang lainnya terluka.

Sebuah video yang dibagikan di halaman Facebook kantor hubungan masyarakat setempat menunjukkan logam yang bengkok, dengan tiang dan besi bergelombang tergeletak di tanah.

Badai juga merusak sejumlah rumah di Distrik Sam Ngam, kata polisi.

"Semua rumah rusak akibat badai tapi arena ini benar-benar runtuh," kata wali kota setempat, Kannika Intarakul kepada penyiar ThaiPBS, demikian dilansir dari The Straits Times, Selasa (23/5/2023).

Sekolah-sekolah di Thailand umumnya memiliki lapangan olahraga dengan atap terbuka untuk melindungi anak-anak dari terik matahari tropis saat mereka bermain.

Salah satu anak laki-laki, berusia enam tahun, dilarikan ke rumah sakit tetapi meninggal karena luka-lukanya.

Mereka yang terluka tetap di dua rumah sakit, di mana mereka menerima perawatan. Tidak ada yang dilaporkan dalam kondisi serius.

Insiden itu terjadi saat Thailand memasuki musim hujan, dengan perkiraan hujan lebat di sebagian besar negara itu dalam beberapa hari mendatang.

"Dalam sekejap mata, saya mendengar suara seperti di zona perang dan dalam rentang waktu lima detik, badai mencapai saya," cerita saksi lain.

Standar keselamatan dan pemeliharaan di negara itu terkadang lemah, dan beberapa bangunan yang runtuh tidak diketahui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.