Sukses

Israel Izinkan 68 Orang di Gaza Ikut Evakuasi Medis Pertama Sejak Mei, Termasuk 19 Anak

Mohammed Zaqout, kepala rumah sakit di Gaza, mengatakan lebih dari 25.000 pasien di Gaza memerlukan perawatan di luar negeri.

Liputan6.com, Jenin - Evakuasi medis pertama sejumlah warga Gaza yang sakit dan terluka terjadi pada hari Kamis (27/6/2024). Mereka akhirnya diizinkan masuk ke Mesir sejak penyeberangan menuju Mesir ditutup pada bulan Mei.

Melansir VOA Indonesia, Sabtu (29/6/2024), diketahui sebanyak 68 orang – 19 anak yang sakit dan terluka serta pendamping mereka – menyeberang ke Mesir dalam evakuasi yang dikoordinasikan dengan pejabat dari Amerika Serikat, Mesir dan komunitas internasional, menurut pihak militer Israel.

Menurut kantor berita Agence France-Presse (AFP), 21 pasien kanker dari Gaza diangkut ke Uni Emirat Arab untuk menjalani perawatan. Kendati demikian tidak diketahui pasti apakah ke-21 pasien kanker tersebut merupakan bagian dari 68 orang yang dievakuasi.

Mohammed Zaqout, kepala rumah sakit di Gaza, mengatakan lebih dari 25.000 pasien di Gaza memerlukan perawatan di luar negeri dan bahwa rute penyeberangan Kerem Shalom ke Mesir bukanlah pengganti penyeberangan Rafah, yang menghubungkan Gaza langsung ke Mesir.

Laporan Associated Press (AP) menyebut anggota keluarga mengucapkan selamat tinggal kepada anak-anak yang dievakuasi dengan penuh air mata di Rumah Sakit Nasser di kota Khan Younis, Gaza selatan. Banyak keluarga yang tampak cemas – sebagian besar kerabat harus tetap tinggal, dan bahkan mereka yang diperbolehkan menemani pasien tidak mengetahui tujuan akhir mereka.

Nour Abu Zahri menangis sambil mencium putrinya yang masih kecil untuk mengucapkan selamat tinggal. Gadis itu mengalami luka bakar parah di kepalanya akibat serangan udara Israel. Dia mengatakan tidak mendapat izin untuk meninggalkan Gaza bersamanya, meskipun ibunya mendapatkannya.

"Sudah hampir 10 bulan, dan rumah sakit di sini belum ada solusinya," ujar Nour Abu Zahri.

Kamela Abukweik menangis tersedu-sedu setelah putranya naik bus menuju penyeberangan bersama ibunya. Baik dia maupun suaminya tidak diizinkan untuk pergi. "Dia menderita tumor yang tersebar di sekujur tubuhnya dan kami tidak tahu apa alasannya. Dan dia terus-menerus demam," katanya. "Saya masih tidak tahu kemana dia pergi."

Penyeberangan Rafah antara Gaza dan Mesir, satu-satunya yang tersedia bagi orang untuk masuk atau keluar, ditutup setelah pasukan Israel merebutnya dalam operasi mereka di kota tersebut awal bulan lalu. Mesir menolak membuka kembali jalur penyeberangannya sampai sisi Gaza dikembalikan ke kendali Palestina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Evakuasi Atas Koordinasi WHO dan Badan Amal Amerika Serikat

Enam dari anak-anak tersebut dipindahkan ke Rumah Sakit Nasser dari Rumah Sakit Al-Ahli di Kota Gaza awal pekan ini. Lima menderita kanker dan satu menderita sindrom metabolik. Evakuasi tersebut diselenggarakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, yang tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Pada konferensi pers di Rumah Sakit Nasser pada hari Kamis, Dr. Mohammed Zaqout, kepala rumah sakit di Gaza, mengatakan evakuasi dilakukan melalui koordinasi dengan WHO dan tiga badan amal Amerika.

Zaqout mengatakan lebih dari 25.000 pasien di Gaza memerlukan perawatan di luar negeri, termasuk sekitar 980 anak-anak penderita kanker, seperempat di antaranya memerlukan “evakuasi segera dan segera.”

Dia mengatakan kasus-kasus yang termasuk dalam evakuasi pada hari Kamis adalah “setetes air di lautan” dan bahwa rute rumit melalui Kerem Shalom dan ke Mesir tidak dapat menjadi alternatif selain penyeberangan Rafah.

Zaqout mengatakan 21 anak awalnya dijadwalkan berangkat pada Kamis, tetapi satu anak terlambat tiba di rumah sakit untuk berangkat. Belum jelas apa yang menghalangi anak lainnya untuk ikut dalam evakuasi.

3 dari 4 halaman

Dinilai Tragis Hanya Evakuasi 68 Orang

Physicians for Human Rights Israel atau Dokter untuk Hak Asasi Manusia Israel dan Gisha, sebuah organisasi hak asasi manusia Israel, mengajukan petisi kepada Mahkamah Agung Israel untuk menciptakan “mekanisme permanen” yang memungkinkan orang yang membutuhkan perawatan medis untuk dievakuasi dari Gaza.

Adi Lustigman, seorang pengacara di Dokter untuk Hak Asasi Manusia Israel, mengatakan bahwa sebelum tanggal 7 Mei, ketika militer Israel melancarkan operasi darat di Rafah dan mengambil kendali penyeberangan, sekitar 50 pasien Palestina setiap hari menyeberang ke Mesir untuk perawatan medis di luar negeri.

Fakta bahwa kurang dari 70 orang meninggalkan wilayah itu pada hari Kamis (27/6) "setelah dua bulan penyeberangan ditutup sungguh tragis," kata Tania Hary, direktur eksekutif Gisha. “Menurut kami, respons terhadap hal ini tidak berkelanjutan.”

Dia meminta militer Israel untuk membuka kembali Penyeberangan Rafah dan mengizinkan pasien keluar dari Penyeberangan Erez di bagian utara wilayah tersebut, yang sebelumnya merupakan penyeberangan utama bagi warga Palestina yang memasuki Israel.

4 dari 4 halaman

Operasi Israel Terus Berlanjut ke Gaza

Adapun pasukan Israel bergerak ke area Kota Gaza pada Kamis (29/6) dan memerintahkan warga Palestina yang berada di sana untuk bergerak ke selatan dalam sebuah operasi yang digambarkan sebagai tahap akhir pertempuran melawan militan Hamas.

Sedikitnya tujuh orang tewas di Shijaiyah, menurut Layanan Darurat Sipil Palestina.

Warga Shijaiyah mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa mereka terkejut ketika mendengar tank dan drone menembaki area tempat mereka berada. Diperkirakan akan ada lebih banyak korban jiwa karena banyak warga sipil terjebak di bawah reruntuhan yang tidak dapat dijangkau oleh tim penyelamat.

Militer Israel mengatakan pada Kamis bahwa salah seorang tentaranya tewas dan seorang lainnya terluka parah dalam operasi di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Operasi tersebut berlangsung di Jenin di mana para saksi mata melaporkan adanya bom rakitan yang diledakkan.

Pasukan Israel telah melakukan penggerebekan rutin di Jenin dan wilayah lain di Tepi Barat sebagai bagian dari upaya yang menurut militer bertujuan untuk mengganggu aktivitas teroris. Penggerebekan terus berlanjut selama serangan Israel terhadap militan Hamas di Jalur Gaza berlangsung, dan Israel melaporkan telah menangkap lebih dari 1.700 anggota Hamas di Tepi Barat.

Militer Israel juga mengatakan pada hari Kamis (27/6) bahwa pihaknya melakukan serangan udara di Kota Khan Younis di Gaza selatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.