Sukses

2 Penari Kontemporer IMAGO Asal Inggris Meriahkan Perayaan Hubungan Diplomatik ke-75 RI dan UK

Pertunjukan ini bertujuan untuk pertukaran budaya dan membuka peluang kerja sama kedua negara yang lebih besar di masa depan

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris tahun ini sudah berjalan selama 75 tahun. Dalam rangka memperingati hari istimewa tersebut, British Council dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Balet Indonesia (Ballet.id) mengadakan pertunjukan tari kontemporer "IMAGO" oleh dua penari-koreografer asal Inggris. untuk pertukaran budaya yang diharapkan akan memperkuat hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris.

"Malam ini sangat istimewa karena kita akan merayakan ulang tahun ke-75 antara Inggris dan Indonesia untuk membangun koneksi, kepercayaan, dan rasa saling mengerti di antara masyarakat," jelas Summer Xia Direktur British Council untuk Indonesia dan Asia Tenggara pada pertunjukan tari IMAGO yang diselenggarakan di Taman Ismail marzuki Jakarta, Jumat, (28/7/2024).

Tidak hanya menjadi hiburan, pertunjukan ini juga berfungsi sebagai platform untuk pertukaran budaya dan membuka peluang kerja sama kedua negara yang lebih besar di masa depan.

“Dengan pertunjukan ini, kita dapat memiliki pemahaman yang lebih baik satu sama lain dan kemudian kita dapat mencari cara untuk berkolaborasi satu sama lain ke depannya,” tambah Summer.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris di berbagai sektor sudah berjalan dengan baik selama 75 tahun ini, termasuk dalam bidang seni dan budaya.

“Pertunjukan malam ini merupakan bukti kekuatan kemitraan kedua negara, kita telah menempuh perjalanan panjang selama 75 tahun terakhir, dan kolaborasi kita terus berkembang dalam banyak bidang, terutama dalam seni dan budaya,” ungkap Matt Downing, Wakil dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste.

Perayaan ini mengundang James Pett &  Travis Clausen-Knight (PCK Dance) yang baru-baru ini mendapat nominasi sebagai Best Independent Company dari National Dance Awards di Inggris.

“Kami sangat senang dapat menghadirkan James dan Travis, duo koreografer hebat untuk penonton Indonesia malam ini,” ujar Summer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi Indonesia-Inggris untuk Memajukan Ekonomi Kreatif di ASEAN

Dalam upaya memajukan ekonomi kreatif di Indonesia dan kawasan ASEAN, Summer Xia, menyoroti pentingnya kolaborasi antara Indonesia dan Inggris. 

"Saya pikir kolaborasi Indonesia dan Inggris perlu melihat nilai ekonomi kreatif, dan kami berdua fokus pada pengembangan pelatihan," jelas Summer.

Salah satu contoh nyata kolaborasi ini adalah pertunjukan tari "IMAGO" oleh Pett|Clausen-Knight (PCK Dance) yang juga menjadi awal untuk peluang kerja sama yang lebih besar kedepannya.

“Untuk menginspirasi lebih banyak orang untuk bergabung dalam perjalanan budaya yang kaya dan saling menguntungkan, dan membuka banyak kesempatan kedepannya,” jelas Summer.

Kolaborasi melalui seni, seperti "IMAGO," diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia dan ASEAN, menciptakan lapangan kerja untuk generasi muda, serta memperkuat hubungan dengan Inggris.

"Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini, kita dapat bekerja sama, mengembangkan sektor ini, menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda, dan benar-benar memanfaatkan kekayaan kreativitas generasi muda, " tambah Summer.

3 dari 4 halaman

“IMAGO” di Indonesia Sebagai Eksplorasi Mendalam Hubungan Antarmanusia

Memperingati 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris, peluncuran perdana “IMAGO,” karya tari kontemporer dari duo penari-koreografer Inggris, Pett|Clausen-Knight dipertunjukan.

Tari kontemporer ini menawarkan eksplorasi mendalam tentang hubungan antarmanusia yang dibagi dalam dua belas babak yang memukau.

Melalui tarian yang menghanyutkan, penonton diajak menyaksikan dua individu menjelajahi berbagai dimensi interaksi, konflik, penyangkalan, dan penerimaan. Setiap babak membuka pintu selebar-lebarnya bagi interpretasi pribadi, menjadikan pengalaman ini unik bagi setiap penonton.

“IMAGO” tidak hanya sekadar pertunjukan tari, tetapi juga sebuah refleksi mendalam tentang dinamika hubungan manusia, menawarkan perpaduan seni dan emosi yang kuat. Pertunjukan ini merupakan bagian dari kolaborasi yang didukung oleh British Council, memperkuat hubungan budaya antara Indonesia dan Inggris.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Pett|Clausen-Knight

Duo koreografer Inggris, Pett|Clausen-Knight (PCK Dance), terus mencuri perhatian dunia dengan lebih dari 20 karya yang mendapatkan apresiasi internasional.

Mereka telah menampilkan kreasi mereka di berbagai teater dan festival ternama, termasuk The New National Theatre of Tokyo, Teatro Grande di Brescia, dan Teatro Raul Flores Canelo di Meksiko.

PCK Dance bahkan menjadi kelompok seni internasional pertama yang menampilkan karya kontemporer di Cerulean Tower Noh Theatre di Tokyo.

Prestasi mereka baru-baru ini diakui dengan nominasi sebagai Best Independent Company dari National Dance Awards di Inggris.

Karya-karya PCK Dance terkenal karena pendekatan multidimensi yang menggabungkan film, pencahayaan, dan skulptur. Semua elemen ini digunakan untuk menyampaikan pesan mendalam yang disampaikan dengan elegan dan cerdas, tanpa mengesampingkan keindahan gerakan tari mereka.

Dengan reputasi yang terus berkembang, Pett|Clausen-Knight menjadi salah satu nama yang diperhitungkan dalam dunia tari kontemporer, membawa pengalaman seni yang kaya dan memukau ke panggung internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini