Sukses

Minum Teh Setiap Hari Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Anda, Ini Penjelasannya

Menyeruput secangkir teh setiap hari mungkin merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimanapun cara Anda menikmati teh? Entah dengan sepotong kue, menaruhnya dalam cangkir yang bisa dibawa kemana-mana, atau sambil duduk di sofa yang nyaman di depan TV Anda. Faktanya, minum teh setiap hari bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia setelah air putih, dan dikonsumsi oleh lebih dari dua pertiga populasi dunia, menurut sebuah tinjauan tahun 2019 dalam jurnal Nutrients.

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang secara teratur mengonsumsi teh dan bertanya-tanya apa sebenarnya akibat dari kebiasaan ini pada tubuh Anda? Simak penjelasannya di sini.

Fakta-fakta Nutrisi Dalam Teh

Mengutip Eating Well, Minggu (30/6/2024), teh adalah istilah yang mencakup teh asli dan teh herbal. Ada empat teh yang termasuk dalam kategori teh sejati: teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan teh putih.

Keempat teh ini berasal dari tanaman Camellia sinensis. Hal yang membuat tiap teh asli unik dalam hal rasa dan manfaat kesehatan adalah apakah daunnya dipanaskan atau dioksidasi selama pemrosesan.

Teh herbal bukanlah teh yang sebenarnya, melainkan minuman yang dibuat dengan cara menyeduh herba, bunga, akar, atau bahan lainnya ke dalam air.

Namun, teh herbal tertentu mengandung senyawa unik yang mungkin mengandung banyak manfaat kesehatan. Hal ini bervariasi tergantung pada bahan apa saja yang termasuk dalam campuran teh.

Meskipun teh yang sebenarnya hanya memberikan sedikit kandungan makronutrien, teh merupakan sumber senyawa tanaman yang disebut flavan-3-ols.

Seperti yang dicatat dalam Advances in Nutrition edisi 2022, satu porsi 8 ons teh hijau mengandung 319 miligram flavan-3-ols; porsi teh hitam yang sama mengandung 277 mg senyawa tanaman ini.

Salah satu flavan-3-ol spesifik yang ditemukan dalam teh asli adalah epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang memiliki sifat anti-inflamasi, menurut sebuah studi tahun 2023 di International Journal of Molecular Sciences.

Teh asli juga mengandung L-theanine, asam amino, yang dapat membantu orang merasa lebih waspada, menurut sebuah artikel ulasan di Cureus pada tahun 2021

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kesehatan yang Anda Dapatkan dari Mengonsumsi Teh

Teh adalah minuman yang cocok untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehat, dan telah dinikmati di banyak budaya selama berabad-abad.

Berfokus pada teh hijau, hitam, oolong, atau putih, penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa bagi orang yang minum teh secara teratur.

Tekanan Darah yang Lebih Baik

Konsumsi flavan-3-ols, senyawa tanaman yang ditemukan dalam teh asli, dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung, termasuk penurunan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah, menurut penelitian Advances in Nutrition.

Sebaiknya targetkan 400 hingga 600 mg flavan-3-ols setiap hari atau jumlah yang terkandung dalam sekitar dua cangkir teh hitam atau teh hijau.

Penurunan Risiko Kanker Tertentu

Risiko kanker dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, dan beberapa di antaranya berada di luar kendali kita (seperti genetika).

Di antara faktor-faktor yang dapat berperan dalam risiko kanker, minum teh mungkin merupakan salah satu faktor yang memiliki efek melindungi.

Data yang dipublikasikan dalam studi Advances in Nutrition pada tahun 2020 menunjukkan bahwa konsumsi teh mungkin memiliki efek melindungi terhadap beberapa jenis kanker, terutama kanker mulut.

Bukti yang lebih lemah menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi teh dan kanker payudara, endometrium, dan hati.

Polifenol dalam teh, yang memiliki sifat antioksidan, dapat menyerap radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker, dan mereka juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

 

3 dari 4 halaman

Konsentrasi yang Lebih Baik

Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang telah terbukti memengaruhi kesehatan otak.

Menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, L-theanine yang ditemukan dalam teh dapat berperan dalam meningkatkan konsentrasi, yang pada akhirnya meningkatkan daya ingat.

L-theanine dapat, di antara fungsi lainnya, membantu meningkatkan gelombang otak tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan kognisi.

Sistem Kekebalan Tubuh yang Baik

Varietas teh, seperti teh hitam dan hijau, kaya akan polifenol. Dan polifenol tertentu yang ditemukan dalam beberapa teh asli, seperti EGCG dan theaflavin, dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh, menurut sebuah tinjauan di Frontiers in Immunology pada tahun 2020. Selain itu, teh kaya akan senyawa dengan sifat anti-inflamasi, yang dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh juga.

Umur yang Lebih Panjang

Sebuah studi pada tahun 2022 di Annals of Internal Medicine yang mengevaluasi setengah juta peminum teh di Inggris menunjukkan bahwa asupan teh hitam yang lebih banyak dikaitkan dengan penurunan risiko kematian sebesar 13% dari penyebab apa pun bagi mereka yang minum dua cangkir atau lebih per hari dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Minum teh juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular, penyakit jantung iskemik, dan stroke.

Menjadi Lebih Terhidrasi

Teh termasuk dalam kategori cairan, jadi menyeruput minuman ini dapat membuat Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Tetap terhidrasi dapat membuat Anda tetap tajam secara kognitif di siang hari, membantu mengatur suhu tubuh dan menjaga pencernaan Anda tetap teratur.

4 dari 4 halaman

Potensi Efek Samping

Tidak diragukan lagi bahwa minum teh memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Namun, minum teh setiap hari dan berlebihan mungkin juga memiliki beberapa dampak negatif. Berikut ini di antaranya:

Gigi Bernoda atau Berwarna

Konsumsi teh hitam dapat menyebabkan gigi bernoda atau berubah warna. Namun, menambahkan susu ke dalam minuman Anda dapat meminimalisir perubahan warna yang Anda lihat.

Mengalami Kesulitan Tidur

Jika Anda sensitif terhadap kafein, memilih teh berkafein dapat membuat Anda terjaga di malam hari, sehingga mengganggu waktu tidur Anda.

Tentu saja, Anda dapat memilih teh tanpa kafein atau teh herbal (yang secara alami tidak mengandung kafein) untuk mendapatkan minuman yang menenangkan dan ramah untuk tidur.

Kesulitan Menyerap Zat Besi

Teh hitam dan hijau mengandung senyawa alami yang disebut tanin dan oksalat.

Senyawa ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi, mineral yang penting untuk membuat protein yang membawa oksigen dalam darah, menurut sebuah artikel tahun 2023 di Korean Journal of Family Medicine.

Bagaimana Cara Memilih Teh Terbaik?

Memilih teh terbaik mudah dilakukan dengan beberapa pengetahuan. Inilah hal yang harus dicari dan apa yang harus dibatasi.

Ketika Anda memilih teh, pastikan teh tersebut segar. Teh yang tersedia secara komersial harus memiliki tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasannya.

Menggunakan daun teh dapat menghasilkan minuman yang lebih kaya rasa, tetapi teh celup lebih praktis, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan selera dan gaya hidup Anda. Selain itu, pilihlah teh yang tidak mengandung gula tambahan.

Intinya

Minum teh setiap hari adalah kebiasaan sehat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam berbagai cara. Tidak hanya merupakan minuman rendah kalori, teh hitam, hijau, oolong, dan putih mengandung senyawa unik seperti flavan-3-ols yang mendukung kesehatan jantung. Membiasakan diri minum teh setiap hari adalah cara sederhana untuk mendukung kesehatan Anda dengan cara yang sangat mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.