Sukses

Bank Sentral Myanmar Bantah Laporan PBB soal Transaksi Senjata: Warga Sipil Sangat Dirugikan

Laporan pelapor khusus PBB turut menyinggung keterlibatan Thailand dalam membantu Myanmar mendapatkan senjata.

Liputan6.com, Napyidaw - Bank Sentral Myanmar pada hari Minggu (30/6/2024) membantah laporan PBB bahwa pemerintah militer negara itu masih dapat mengakses uang dan senjata untuk perang melawan pasukan anti-kudeta, dengan mengatakan lembaga-lembaga keuangan yang berada di bawah pengawasan bank tersebut telah mengikuti prosedur-prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam pernyataan yang dipasang di sebuah surat kabar junta militer hari Sabtu (29/6), Bank Sentral Myanmar menyampaikan keberatan keras terhadap laporan pelapor khusus HAM PBB untuk Myanmar. Demikian seperti dikutip VOA Indonesia, Senin (1/7).

Ditambahkan, "Laporan PBB tersebut sangat merugikan kepentingan warga sipil Myanmar dan hubungan antara Myanmar dan negara-negara lain."

Pelapor Khusus HAM PBB untuk Myanmar Tom Andrews pada Rabu (26/6) melaporkan meskipun upaya internasional untuk mengisolasi junta tampaknya telah mengurangi kemampuan membeli peralatan militer, junta militer itu masih mengimpor senjata, teknologi penggunaan ganda, peralatan manufaktur, dan bahan lainnya senilai USD 253 juta dalam 12 bulan terakhir hingga Maret lalu.

Laporan yang sama menyebutkan bahwa untuk melaksanakan pembelian itu, Myanmar mendapat bantuan dari bank-bank internasional, termasuk dari Thailand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Thailand

Menghadapi tantangan terbesarnya sejak kudeta tahun 2021 terhadap pemerintahan pemenang Nobel Aung San Suu Kyi, militer Myanmar terjebak dalam berbagai konflik intensitas rendah dan berjuang untuk menstabilkan ekonomi yang sedang menuju kebangkrutan.

Negara-negara Barat telah menjatuhkan berbagai sanksi finansial terhadap militer Myanmar, bank-bank, dan bisnis-bisnis terkait.

Bank Sentral Myanmar menggarisbawahi bahwa bank-bank lokal dan internasional yang terlibat dalam transaksi dengan Myanmar telah menjalani uji tuntas yang komprehensif untuk semua hubungan bisnis dan transaksi.

"Transaksi keuangan tersebut hanya untuk mengimpor barang-barang penting dan kebutuhan dasar bagi warga sipil Myanmar, seperti obat-obatan dan pasokan medis, pasokan pertanian dan peternakan, pupuk, minyak nabati, dan bahan bakar," sebut pernyataan Bank Sentral Myanmar.

Laporan PBB mengatakan ekspor dari Singapura anjlok dari USD 110 juta pada tahun 2022 menjadi sedikit di atas USD 10 juta pada tahun 2023. Tetapi perusahaan-perusahaan di Thailand mengisi kesenjangan itu dengan mengiirimkan senjata dan material lain bernilai USD 120 juta, dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Kementerian Luar Negeri Thailand, dalam sebuah pernyataan tertulis Kamis (27/6) mengatakan institusi perbankan dan keuangan negara itu mengikuti protokol sebagaimana pusat keuangan utama lainnya. Bangkok menambahkan bahwa pemerintah akan mengkaji laporan pelapor khusus PBB itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.