Sukses

Ketegangan AS-Tiongkok Meningkat Akibat Masalah Kabel Bawah Laut, Beijing Dituduh Lakukan Spionase

China dilaporkan terlibat dalam kegiatan spionase yang ekstensif terhadap AS dan Barat.

Liputan6.com, Beijing - Di bawah lautan, masalah spionase rahasia sedang berlangsung. Negara-negara saling menuduh memanipulasi kabel bawah laut untuk pengumpulan intelijen dan taktik geopolitik.

China dilaporkan terlibat dalam kegiatan spionase yang ekstensif terhadap AS dan Barat, dikutip dari laman pmldaily, Senin (1/7/2024).

Pada Mei 2024, pemerintahan Biden memperingatkan para raksasa teknologi di Lembah Silikon, termasuk Meta dan Google, yang telah melakukan investasi besar dalam kabel bawah laut, mengenai risiko yang dirasakan terkait dengan kapal-kapal China yang didedikasikan untuk perbaikan kabel.

Pejabat AS khawatir bahwa Tiongkok dapat mengganggu atau menyadap kabel komunikasi bawah laut, yang menangani 95 persen lalu lintas daring global, untuk mengekstrak berbagai informasi, mulai dari data pribadi hingga kekayaan intelektual dan intelijen militer yang sensitif.

Di bawah lautan dunia yang luas terdapat jaringan infrastruktur canggih yang penting bagi ekonomi modern.

Kabel bawah laut, yang dulunya merupakan hal baru, kini membentuk jaringan kompleks yang penting bagi era digital kita, yang pada intinya memfasilitasi perdagangan dan komunikasi global.

Pada awal tahun 2024, Tele geographic telah memetakan medan bawah laut, mengungkap total 574 kabel bawah laut yang masih aktif atau dalam tahap perencanaan di seluruh dunia.

Kabel-kabel ini secara kolektif membentang hampir 1,4 juta kilometer, yang menggarisbawahi permintaan global akan konektivitas yang konstan.

Namun, tingkat interkonektivitas ini juga memaparkan infrastruktur terhadap berbagai risiko seperti spionase, kerusakan yang tidak disengaja akibat tindakan manusia, penghancuran yang disengaja, dan konflik geopolitik.

Sistem komunikasi serat optik, keajaiban teknologi modern, merupakan inti dari transformasi bawah laut ini.

Sistem ini telah merevolusi cara kita mengirim dan menerima informasi. Dengan penggunaan teknologi serat optik, kabel-kabel kontemporer ini memberikan kecepatan, keandalan, dan efektivitas biaya yang tak tertandingi, jauh melampaui kemampuan koneksi satelit konvensional.

Namun, infrastruktur bawah laut ini berfungsi lebih dari sekadar jalan raya informasi; Ini adalah sumber daya strategis yang mendukung masalah ekonomi dan keamanan nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Spionase

Di tengah-tengah dunia kabel bawah laut dan operasi rahasia yang tidak jelas, kehadiran mata-mata laut yang tidak menyenangkan menambah lapisan kompleksitas lainnya.

Informasi yang terbatas menunjukkan bahwa negara-negara tertentu terlibat dalam pelatihan paus untuk tujuan spionase. Ini berfungsi sebagai pengingat yang jelas tentang infrastruktur bawah laut yang berkembang dan bahaya yang baru muncul yang bersembunyi di bawah gelombang laut, yang memerlukan pendekatan inventif untuk menguranginya.

Kabel bawah laut memiliki kepentingan strategis yang melampaui kepentingan komersial belaka, yang terkait erat dengan pergeseran geopolitik dan masalah keamanan nasional.

Pengendalian dan penerapan kabel bawah laut ini telah muncul sebagai titik panas ketegangan geopolitik, yang menyerukan peningkatan kewaspadaan dan kolaborasi untuk melindungi infrastruktur vital ini.

Pada tahun 2018, Australia menghentikan Huawei, raksasa teknologi Tiongkok, dari memasang kabel yang menghubungkan negara itu dengan Kepulauan Solomon, karena kekhawatiran tentang pemberian akses kepada pemerintah Tiongkok ke jaringannya.

Pada Juni 2020, sebuah komite keamanan nasional AS menyuarakan kekhawatiran atas proyek kabel sepanjang 8.000 mil yang didukung oleh Google, Facebook Inc., dan mitra Tiongkok, dengan tujuan menghubungkan Hong Kong dan AS.

Komite tersebut berpendapat bahwa hal ini dapat membuka jalan bagi peluang spionase yang tak tertandingi bagi pemerintah Tiongkok dengan menyadap lalu lintas internet.

3 dari 4 halaman

Berkaitan dengan Persimpangan Geopolitik dan Keamanan Nasional

Sektor kabel bawah laut berada di persimpangan geopolitik, keamanan nasional, dan persyaratan ekonomi digital yang terus berkembang. Perusahaan teknologi besar seperti Google, Amazon, Facebook, dan Microsoft adalah penerima manfaat utama dari kabel ini secara global, yang tertarik oleh kapasitasnya yang besar.

Dengan meningkatnya lalu lintas data, permintaan kabel komunikasi meroket. Akibatnya, perusahaan-perusahaan melakukan investasi besar pada kabel-kabel ini untuk memenuhi kebutuhan layanan yang berpusat pada data yang terus meningkat, sehingga mendorong perluasan pasar.

Misalnya, Google mengklaim memiliki kabel bawah laut internasional sepanjang 16.790 kilometer, dan bekerja sama dengan Facebook, Amazon, dan Microsoft, mereka mencakup total 102.362 kilometer. Facebook memiliki kepemilikan atas 92.874 kilometer, Amazon lebih dari 30.556 kilometer, dan Microsoft lebih dari 6.605 kilometer.Di masa mendatang, persaingan di antara perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka dalam industri kabel bawah laut akan meningkat. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan layanan yang semakin meningkat seperti Kecerdasan Buatan, komputasi awan, dan streaming, yang memerlukan bandwidth tinggi dan latensi rendah.

4 dari 4 halaman

Struktur Hukum dari UNCLOS

Meskipun Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS) menyediakan struktur hukum untuk mengelola kegiatan di dunia kelautan, termasuk perlindungan kabel bawah laut, namun hal itu belum dapat memenuhi semua kebutuhan.

Di wilayah yang tidak jelas ini, tempat arus perdagangan dan komunikasi global bersinggungan dengan arus bawah mata-mata dan perebutan kekuasaan, persaingan untuk mendominasi wilayah bawah laut terus berlanjut.

Pelestarian kabel bawah laut bukan hanya sekadar menjamin stabilitas ekonomi; tetapi juga tentang mengamankan keamanan nasional. Perlunya kerja sama internasional tidak dapat dilebih-lebihkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.