Sukses

Israel Perintahkan Warga Khan Younis Mengungsi

Khan Younis merupakan kota terbesar kedua di Jalur Gaza.

Liputan6.com, Gaza - Tentara Israel memerintahkan evakuasi massal warga Palestina dari sebagian besar Khan Younis pada hari Senin (1/7/2024). Hal tersebut diyakini sebuah tanda bahwa mereka akan melancarkan serangan darat baru di kota itu.  

Perintah tersebut menyatakan bahwa Khan Younis, kota kedua di Jalur Gaza, akan menjadi sasaran terbaru serangan Israel menyusul upaya Hamas untuk kembali bangkit. Sebagian besar wilayah Khan Younis hancur dalam serangan panjang awal tahun ini, namun sejumlah besar warga Palestina telah pindah kembali ke Khan Younis untuk menghindari serangan Israel lainnya di Rafah.

Seperti dilansir kantor berita AP, Selasa (2/7/), perintah evakuasi hari Senin mencakup bagian timur Khan Younis dan sebagian besar sudut tenggara Jalur Gaza. Sebelumnya pada hari itu, tentara Israel mengatakan rentetan roket dari Jalur Gaza ditembakkan dari Khan Younis.

Pasukan Israel bertempur selama berminggu-minggu di Khan Younis awal tahun ini dan mundur setelah mengklaim telah menghancurkan batalion Hamas. Namun di tempat lain di mana militer telah membuat klaim serupa, serangan baru telah menegaskan kemampuan Hamas.

Pekan lalu, militer memerintahkan evakuasi dari Distrik Shijaiyah di Gaza Utara dan pertempuran intensif pun terjadi.

Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Senin bahwa militer Israel membuat kemajuan dalam mengakhiri fase penghancuran tentara teror Hamas. Namun, dia menegaskan pasukannya akan terus menargetkan sisa-sisa mereka di masa depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Ada Tempat Aman di Jalur Gaza

Lebih banyak pertempuran di wilayah Khan Younis dapat semakin menghambat akses warga Palestina terhadap air minum yang sangat dibutuhkan. Yang termasuk dalam zona evakuasi adalah saluran air yang dipasang Israel menyusul kritik atas terputusnya pasokan air ke jalur tersebut pada awal perang.

Yang juga berada di zona tersebut adalah daerah sekitar penyeberangan Kerem Shalom, penyeberangan bantuan utama ke Gaza Selatan, dan jalur bantuan di dalam wilayah yang menurut Israel akan dijaga.

Sebagian besar penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta jiwa telah meninggalkan rumah mereka dan banyak di antaranya yang terpaksa mengungsi berkali-kali. Pembatasan dan gangguan ketertiban umum lainnya yang dilakukan Israel telah menghambat pengiriman bantuan kemanusiaan, memicu kelaparan yang meluas.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menuturkan perintah evakuasi baru sekali lagi menunjukkan bahwa tidak ada tempat yang aman di Jalur Gaza bagi warga sipil Palestina.

"Ini merupakan perhentian lain dari gerakan melingkar mematikan yang harus dialami oleh penduduk di Gaza secara rutin," katanya dalam sebuah pernyataan yang menyerukan gencatan senjata.

3 dari 4 halaman

Pembebasan Abu Selmia

Perintah evakuasi Khan Younis dikeluarkan ketika Israel membebaskan direktur rumah sakit utama Jalur Gaza setelah menahannya selama tujuh bulan tanpa pengadilan atas tuduhan bahwa fasilitas yang dipimpinnya telah digunakan sebagai pusat komando Hamas, namun hal tersebut dibantahnya dan pejabat kesehatan Palestina lainnya. Dia mengatakan dia dan tahanan lainnya ditahan dalam kondisi yang keras dan disiksa.

Keputusan untuk membebaskan Mohammed Abu Selmia menimbulkan pertanyaan atas klaim Israel terhadap Rumah Sakit al-Shifa, yang telah digerebek pasukan Israel sebanyak dua kali sejak dimulainya perang terbaru dengan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Pembebasannya memicu keributan di seluruh spektrum politik Israel. Kantor Perdana Menteri Israel menyebutnya sebagai "kesalahan besar".

Para menteri di pemerintahan dan pemimpin oposisi menyatakan kemarahannya dan bersikeras bahwa Abu Selmia berperan dalam dugaan penggunaan rumah sakit oleh Hamas – meskipun dinas keamanan Israel jarang membebaskan tahanan secara sepihak jika mereka dicurigai memiliki hubungan dengan militan.

Keputusan untuk membebaskan Abu Selmia dan 54 tahanan Palestina lainnya kembali ke Gaza tampaknya dimaksudkan untuk mengosongkan ruang di pusat-pusat penahanan yang penuh sesak. Sejak dimulainya perang, pasukan Israel telah menahan ribuan warga Palestina dari Gaza dan Tepi Barat yang diduduki. Banyak di antara mereka yang ditahan tanpa dakwaan atau diadili dalam apa yang dikenal sebagai penahanan administratif.

"Penahanan kami telah menjadi sasaran segala macam penyiksaan di balik jeruji besi," kata Abu Selmia dalam konferensi pers. "Hampir setiap hari terjadi penyiksaan."

Dia mengatakan para penjaga menggunakan tongkat untuk memukuli tahanan dan meneror mereka dengan anjing. Dia mengatakan pemukulan menyebabkan kepalanya berdarah dan jarinya patah.

4 dari 4 halaman

Saling Tunjuk

Pasukan Israel menggerebek Rumah Sakit Abu-Shifa pada November, menuduh bahwa Hamas telah menciptakan pusat komando dan kendali yang rumit di dalamnya. Abu Selmia dan staf lainnya membantah tuduhan tersebut dan balik menuding Israel secara ceroboh membahayakan ribuan pasien yang berlindung di sana. Abu Selmia ditahan pada 22 November.

Di tengah keributan atas pembebasan Abu Selmia, berbagai lembaga negara Israel yang bertanggung jawab atas penahanan bergegas cuci tangan.

Kantor Netanyahu mengatakan Abu Selmia seharusnya dipenjara dan bahwa PM telah memerintahkan peninjauan menyeluruh mengenai bagaimana pembebasan itu terjadi. Dikatakan bahwa keputusan itu dibuat tanpa sepengetahuan eselon politik atau pimpinan organisasi.

Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir, yang berhaluan kanan, yang mengendalikan kepolisian dan layanan penjara di negara itu, turut menyalahkan kementerian pertahanan.

Sebaliknya, Kantor Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan pembebasan tahanan adalah tanggung jawab layanan penjara dan badan keamanan internal Shin Bet. Pihak penjara mengaku keputusan itu dibuat oleh Shin Bet dan militer dan merilis sebuah dokumen yang memerintahkan pembebasan Abu Selmia yang ditandatangani oleh seorang jenderal cadangan militer.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini