Sukses

Malang, Pria di Philadelphia Alami Gangguan Penglihatan Usai Bola Mata Disengat Lebah

Setelah memeriksa mata kanan pria itu dua hari setelah disengat lebah, ahli oftalmologi Talia Shoshany dan Zeba Syed mendapati matanya bengkak, meradang, dan merah.

Liputan6.com, Philadelphia - Dalam salah satu dari sedikit kasus yang terdokumentasi secara medis di dunia, seorang pria Philadelphia disengat lebah tepat di bola matanya dan harus menanggung beberapa konsekuensi serius.

Kebanyakan orang takut disengat lebah di bagian tubuh mana pun, tetapi bayangkan jika salah satu tusukan dari lebah menusuk bola mata Anda dengan sengat parah saat sedang berjalan santai, dikutip dari Oddity Central, Rabu (3/7/2024).

Sayangnya, itulah yang dialami seorang pria Philadelphia berusia 55 tahun yang sangat malang. Ia kini dirawat di ruang gawat darurat dengan efek gangguan penglihatan yang memburuk dan rasa sakit di mata kanannya setelah disengat lebah di bola matanya dua hari sebelumnya.

Pasien tersebut memberi tahu dokter bahwa ia langsung pergi ke rumah sakit setelah tersengat, dan dokter di sana mengeluarkan sengat lebah tersebut dan memperbolehkannya pulang.

Ternyata mereka tidak melakukan pekerjaan dengan baik dan sepotong sengat masih tertanam di bola mata pria tersebut.

Setelah memeriksa mata kanan pria itu dua hari setelah disengat lebah, ahli oftalmologi Talia Shoshany dan Zeba Syed mendapati matanya bengkak, meradang, dan merah, dengan darah yang terlihat menggenang di bagian bawah iris.

Pria itu juga merasakan sakit yang luar biasa dan tes cepat menunjukkan bahwa penglihatannya telah memburuk hingga hampir tidak bisa menghitung jari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Terungkap

Setelah memeriksa bola mata pria itu dengan lampu celah, mikroskop dengan cahaya terang, dokter dapat mengidentifikasi masalahnya – serpihan sengat tajam tepat di perbatasan antara kornea pria itu dan bagian putih matanya.

Mereka mencabutnya dengan forsep mikro khusus mata dan meresepkan obat tetes mata antibakteri dan prednisolon.

Kondisi pria itu tidak langsung membaik, tetapi Shoshany dan Syed melaporkan bahwa pada tindak lanjut lima bulan, penglihatannya membaik.

Adapun bagaimana pria itu bisa tersengat di bola mata, rinciannya tidak diketahui, tetapi ia diduga sangat tidak beruntung, karena insiden seperti itu sangat jarang terjadi, hanya beberapa kasus yang terdokumentasikan dalam literatur ilmiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.