Sukses

Tak Tampil Maksimal di Debat Perdana Capres 2024, Joe Biden Ngaku Jet Lag

Joe Biden melakukan perjalanan ke Prancis dan Italia, dan bertolak ke Los Angeles sebelum kembali ke Washington untuk menghadiri debat.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakui bahwa penampilannya yang tidak maksimal dalam debat perdana calon presiden (capres) 2024 disebabkan karena jet lag, usai melakukan dua perjalanan ke luar negeri pada awal Juni.

Berbicara pada acara kampanye di McLean, Virginia, pada Selasa malam, Biden mengakui debat melawan mantan presiden Donald Trump, saingannya dari Partai Republik, tidak berjalan dengan baik.

"Saya tidak mendapatkan malam terbaik saya, namun faktanya Anda tahu, saya tidak terlalu pintar," kata Biden, berbicara pada acara penggalangan dana kampanye tanpa bantuan teleprompter, seperti dilansir CNA, Rabu (3/7/2024). 

"Saya memutuskan untuk melakukan perjalanan keliling dunia beberapa kali, melewati sekitar 100 zona waktu... sebelum... perdebatan."

"Tidak mendengarkan stafku dan hampir tertidur di atas panggung," katanya.

"Itu bukan alasan, tapi ini adalah penjelasan."

Biden melakukan perjalanan ke Prancis dan Italia dalam dua perjalanan terpisah dalam kurun waktu dua minggu pada bulan lalu, terbang semalaman dari KTT G7 di Bari, Italia, untuk menghadiri acara penggalangan dana bersama mantan Presiden Barack Obama di Los Angeles pada 15 Juni sebelum kembali ke Washington keesokan harinya.

Dia kemudian menghabiskan enam hari di Camp David untuk mempersiapkan debat pada 27 Juni.

Pejabat Gedung Putih menyebut bahwa penampilan Biden yang tidak maksimal di debat capres karena dia flu, namun Biden tidak menyebutkannya dalam acara penggalangan dana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Ada Kandidat yang Bisa Gantikan Biden

Jajak pendapat terbaru Reuters/Ipsos yang ditutup pada hari Selasa menunjukkan bahwa satu dari tiga anggota Partai Demokrat berpendapat Biden harus mengakhiri upayanya mencalonkan diri lagi setelah debat tersebut. Namun, tidak ada tokoh Demokrat terpilih yang lebih baik daripada Biden dalam pertarungan melawan Trump.

Jajak pendapat yang dilakukan selama dua hari tersebut menemukan bahwa Trump (78) dan Biden (81), mempertahankan dukungan dari 40 persen pemilih terdaftar, menunjukkan bahwa Biden tidak kehilangan dukungan meski tampil kurang maksimal dalam debat pertama.

3 dari 4 halaman

Proses Penggantian Kandidat

Jika Biden mundur, para delegasi harus mencari penggantinya. Hal ini berarti membawa politik AS kembali ke masa lalu, ketika para pemimpin partai berebut memilih calon melalui pembuatan kesepakatan di ruang tertutup dan putaran pemungutan suara yang tiada habisnya.

Pada tanggal 31 Maret 1968, Presiden Lyndon Johnson membuat pengumuman mengejutkan di tengah Perang Vietnam bahwa dia tidak akan mencalonkan diri kembali.

Tindakan ini mengubah konvensi tahun itu, juga di Chicago, hingga menjadi krisis politik dengan pengunjuk rasa di jalan dan delegasi sayap kiri marah atas sikap pro-perang dari kandidat yang dipilih partai Hubert Humphrey.

Setelah kegagalan tersebut, negara-negara secara lebih luas menerima proses pemilihan pendahuluan dan konvensi-konvensi menjadi urusan yang berjalan lancar, yang hasilnya telah diketahui sebelumnya karena ditentukan melalui pemilihan pendahuluan.

Jika seorang kandidat harus mengundurkan diri setelah dicalonkan secara resmi di konvensi, badan pengurus resmi sebuah partai, baik Komite Nasional Demokrat atau Komite Nasional Partai Republik, akan mencalonkan kandidat baru dalam sidang luar biasa.

4 dari 4 halaman

Siapa yang Menggantikan?

Ketika mencari siapa kandidat yang paling menggantikan Biden, wakilnya, Kamila Harris kemungkinan besar berada di urutan teratas dalam daftar tersebut.

Konstitusi AS menetapkan bahwa wakil presiden akan mengambil alih menjadi presiden jika presiden meninggal atau menjadi tidak mampu, namun hal ini tidak mempertimbangkan proses antar partai dalam memilih calon presiden.

Selain Harris, tokoh lain yang mendukung Biden pada tahun 2024 dan memiliki kemungkinan untuk menjadi kandidat termasuk Gubernur California Gavin Newsom, Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, Gubernur Illinois JB Pritzker, dan Menteri Transportasi Pete Buttigieg.

Kandidat harus mendapatkan tanda tangan dari 600 delegasi konvensi untuk dapat dicalonkan. Diperkirakan akan ada sekitar 4,672 delegasi pada tahun 2024, termasuk 3,933 delegasi yang dijanjikan dan 739 delegasi otomatis atau super.

Jika tidak ada yang mendapatkan mayoritas delegasi, maka akan ada "konvensi yang ditengahi" di mana para delegasi bertindak sebagai agen bebas dan bernegosiasi dengan pimpinan partai untuk menetapkan calon kandidat baru.

Aturan akan ditetapkan dan akan ada pemungutan suara untuk nama-nama yang dimasukkan ke dalam nominasi.

Diperlukan beberapa putaran pemungutan suara agar seseorang dapat memperoleh suara mayoritas dan menjadi calon. Konvensi terakhir yang ditengahi ketika Partai Demokrat gagal mencalonkan kandidat pada pemungutan suara pertama adalah pada tahun 1952.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini