Sukses

115 Penerbangan Jet Komersial Korea Selatan Terganggu Balon Sampah Korut, 10.000 Penumpang Pesawat Terdampak

Balon-balon sampah Korea Utara sempat memaksa penerbangan masuk dan keluar bandara Incheon Korea Selatan terhenti selama tiga jam pada tanggal 26 Juni 2024.

Liputan6.com, Seoul - Kisruh balon sampah antara Korea Utara dan Korea Selatan masih berlanjut dan memanas.

"Balon pembawa sampah yang dikirim oleh Korea Utara melintasi perbatasan telah mengganggu lebih dari 100 penerbangan yang membawa 10.000 penumpang," kata seorang anggota parlemen Korea Selatan pada hari Rabu (3/7/2024).

Pyongyang telah menerbangkan lebih dari 1.000 balon yang membawa kantong sampah ke Korea Selatan, sebagai pembalasan atas langkah serupa yang dikirim ke utara oleh para aktivis di Korea Selatan, yang membawa propaganda anti-Kim Jong Un.

Balon-balon sampah Korea Utara sempat memaksa penerbangan masuk dan keluar bandara Incheon Korea Selatan terhenti selama tiga jam pada tanggal 26 Juni, dan beberapa peluncuran balon selama sebulan terakhir mengharuskan penerbangan lain untuk menunda lepas landas atau mendarat – atau bahkan mengalihkan perhatian.

Mengutip data baru dari Kementerian Transportasi Korea Selatan, seperti dilansir dari AFP, anggota parlemen Jeong Jun-ho mengatakan bahwa 115 jet komersial terganggu oleh peluncuran balon sampah – yang dimulai pada akhir Mei – yang berdampak pada lebih dari 10.000 penumpang.

Setidaknya 15 jet, termasuk pendatang jarak jauh dari Amerika Serikat, terpaksa melakukan pendaratan alternatif, dan penumpang kemudian dibawa ke Incheon, sehingga menyebabkan penundaan dan ketidaknyamanan yang lama, kata Kementerian Transportasi Korea Selatan dalam pernyataan pers seperti dikutip dari AFP.

Ratusan penumpang dalam penerbangan dari San Francisco, Vancouver dan Los Angeles "dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Incheon namun berakhir di Bandara Cheongju tanpa mengetahui apa yang terjadi," kata Jeong Jun-ho.

Gangguan ini merupakan “perwujudan Risiko Korea", kata Jeong, mengacu pada istilah yang digunakan untuk menggambarkan keragu-raguan investor terhadap ancaman militer dari Korea Utara.

Jeong mendesak pihak berwenang untuk berbuat lebih banyak untuk mencegah para aktivis mengirimkan balon-balon tersebut ke Korea Utara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korea Selatan Tidak Bisa Memberi Sanksi Aktivis Pengirim Balon ke Korut

Korea Selatan tidak dapat memberikan sanksi kepada aktivis yang mengirim balon melintasi perbatasan, keputusan pengadilan tahun 2023 melarang hal tersebut karena merupakan pelanggaran yang tidak dapat dibenarkan terhadap kebebasan berpendapat.

Hubungan antara kedua Korea berada pada titik terendah dalam beberapa tahun terakhir, dengan Pyongyang meningkatkan uji coba senjata seiring dengan semakin dekatnya hubungan mereka dengan Rusia, di tengah tuduhan bahwa negara tersebut memasok senjata ke Moskow untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

Korea Utara terpaksa mengirimkan sampah dibandingkan selebaran propaganda seperti yang mereka lakukan selama Perang Dingin karena mereka tahu bahwa menggembar-gemborkan ideologi mereka kepada warga Korea Selatan adalah hal yang "menggelikan", kata Pusat Studi Strategis dan Internasional dalam sebuah laporan pada hari Senin.

Namun, balon-balon tersebut tidak boleh dianggap enteng. Balon-balon berisi sampah dan kerusakan yang diakibatkannya adalah bentuk terorisme ringan.

3 dari 4 halaman

Balas Serangan 330 Balon Sampah Korea Utara, Korsel Pasang Pengeras Suara Siarkan Propaganda Anti-Kim Jong Un

Korea Selatan mengumumkan pada Minggu (9 Juni) bahwa mereka akan melanjutkan kampanye propaganda melalui loudspeaker atau pengeras suara melawan Korea Utara, kata kantor kepresidenan, setelah Pyongyang mengirimkan rentetan balon berisi sampah melintasi perbatasan.

“Kami akan memasang pengeras suara terhadap Korea Utara hari ini dan melakukan siaran," kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (9/6/2024).

"Tanggung jawab atas meningkatnya ketegangan antara kedua Korea akan sepenuhnya berada di tangan Korea Utara," imbuh  kantor kepresidenan Korea Selatan.

Korea Utara kembali mengirimkan ratusan balon sampah melintasi perbatasan dalam serangan baru, kata militer Seoul pada hari Minggu (9/6), seiring dengan semakin cepatnya serangan balon antara kedua negara tetangga tersebut.

Sejak serangan terakhir dimulai pada Sabtu (8/6) malam, Pyongyang telah mengirimkan sekitar 330 balon yang membawa kantong sampah ke Korea Selatan, kata militer Seoul.

“Sejauh ini, sekitar 80 di antaranya telah jatuh di wilayah kami dan tidak ada yang teridentifikasi di udara," kata Kepala Staf Gabungan pada hari Minggu (9/6).

"Analisis kami menunjukkan tidak ada zat yang berbahaya bagi keselamatan," katanya, seraya menambahkan bahwa balon terbaru tersebut berisi kertas bekas dan plastik.

Pemerintah Kota Seoul, serta pejabat di sekitar Provinsi Gyeonggi, mengirimkan pesan teks peringatan kepada penduduk pada hari Sabtu (8/6), memperingatkan tentang balon tersebut.

“Korea Utara kembali melakukan provokasi kelas bawah dengan balon sampah terhadap wilayah sipil kami,” tulis Wali Kota Seoul Oh Se-hoon dalam postingan Facebooknya.

 

4 dari 4 halaman

Korea Selatan Tangguhkan Sepenuhnya Perjanjian Militer dengan Korea Utara Pasca Dikirimi Balon Isi Sampah

Menanggapi peluncuran tersebut, Presiden Yoon menangguhkan sepenuhnya perjanjian militer yang dibuat tahun 2018 untuk mengurangi ketegangan dengan Korea Utara. Langkah ini akan memungkinkan Korea Selatan untuk melanjutkan latihan tembakan langsung.

Korea Selatan pada hari Selasa (4/6/2024) menangguhkan sepenuhnya perjanjian militer dengan Korea Utara dan melanjutkan kegiatan militernya di garis depan.

Korea Utara tidak segera memberikan tanggapan atas keputusan Korea Selatan, namun dimulainya kembali latihan menembak atau siaran propaganda melalui pengeras suara di sisi Korea Selatan kemungkinan akan mendorong Korea Utara mengambil langkah serupa atau bahkan lebih kuat.

Selain itu, Korea Selatan memulai kembali kampanye propaganda melalui pengeras suara di sepanjang perbatasan.

Adapun Dewan Keamanan Nasional Seoul bertemu pada hari Minggu (9/6) untuk membahas peluncuran balon terbaru. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini