Sukses

Mengulas Kisah Gayton McKenzie, Mantan Gangster yang Kini Jadi Menteri Afrika Selatan

Analis menilai bahwa Gayton McKenzie menawarkan gaya yang berani dalam kabinet Afrika Selatan.

Liputan6.com, Cape Town - Seorang anggota kabinet mulanya tidak selalu berasal dari dunia politik. Sebut saja Volodymyr Zelenskyy, presiden Ukraina yang sebelumnya merupakan seorang pelawak sekaligus aktor.

Demikian pula dengan Gayton McKenzie, Menteri Olahraga, Seni dan Budaya Afrika Selatan, yang merupakan seorang mantan gangster, perampok bank sekaligus pemilik klub malam.

Presiden Cyril Ramaphosa menunjuk McKenzie – pemimpin Aliansi Patriotik (PA) – untuk menduduki jabatan di pemerintahan multi-partai yang ia umumkan pada hari Minggu setelah Kongres Nasional Afrika (ANC) kehilangan mayoritas di parlemen pada pemilu tanggal 29 Mei.

Pria berusia 50 tahun itu pun menyambut baik pengangkatannya sebagai menteri, dengan mengunggah foto dirinya yang tampil mengenakan sepatu bola.

"Terima kasih atas semua pesan ucapan selamatnya, saya akan segera membalasnya. Saya hanya sibuk bersiap-siap, ada pekerjaan yang harus diselesaikan 🥅 ⚽️," tulis dia di X, seperti dilansir BBC, Rabu (4/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merampok Bank Pertama Kali di Usia 16 Tahun

Bagi para pengagum McKenzie, pengangkatannya merupakan tanda terbaru bagaimana ia melewati berbagai kesulitan untuk mencapai kesuksesan. Dia merampok bank pertamanya sebelum dia berusia 16 tahun, kemudian, seperti yang dia ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio lokal, menjadi seorang gangster sejati. Ia menghabiskan tujuh tahun di balik jeruji, dan bersumpah untuk berubah setelah dia dibebaskan.

"Saya mungkin punya 12 rand (mata uang Afrika Selatan) di saku saya, tapi saya punya miliaran rand di benak saya. Dan itulah yang tidak dipahami orang-orang - mereka berkonsentrasi pada kekurangan mereka daripada bagaimana mendapatkan kekurangan mereka," katanya dalam sebuah wawancara pada tahun 2013.

Ia kemudian menjadi motivator dan menerbitkan buku-buku yang mengangkat kisah hidupnya, serta merambah berbagai bisnis mulai dari pertambangan di Zimbabwe hingga klub malam di Afrika Selatan - bersama Kenny Kunene, sobatnya dari penjara. Kunene mendapat julukan "Raja Sushi" setelah dia menyajikan sushi pada tubuh wanita yang hanya mengenakan pakaian dalam pada pesta ulang tahunnya yang ke-40 di klub malam Zar Lounge di pinggiran kota kelas atas Johannesburg, kota utama Afrika Selatan.

Klub malam tersebut kemudian ditutup, begitu pula sebuah cabang di Cape Town yang terdaftar atas nama McKenzie menyusul tuntutan hukum atas dugaan sewa dan listrik yang belum dibayar, menurut situs berita IOL.

"Saya tidak tertarik clubbing. Saya sibuk dengan proyek lain. Kami mematikan merek Zar - tidak ada rencana masa depan (untuk Zar)," kata McKenzie pada saat itu.

3 dari 4 halaman

Kini Jadi Politisi

Saat ini, ia lebih dikenal sebagai politisi, setelah meluncurkan PA pada tahun 2013, dengan Kunene sebagai wakilnya.

Lebih dari satu dekade kemudian, partai tersebut memperoleh 2 persen suara nasional dan bernasib lebih baik dalam pemilihan pemerintah provinsi di Western Cape, memperoleh 8 persen.

Dukungannya terutama datang dari komunitas kulit berwarna, sebutan bagi orang-orang ras campuran di Afrika Selatan.

Slogan khas PA adalah "Ons baiza nie", sebuah frasa Afrikaans yang diterjemahkan menjadi "Kami tidak takut". Bahasa Afrikaans digunakan secara luas di komunitas kulit berwarna, yang mencakup sekitar 8 persen populasi Afrika Selatan.

"Untuk pertama kalinya ada warga kulit berwarna yang juga pergi ke parlemen melalui Aliansi Patriotik. Kami adalah satu-satunya partai yang membawa semua ras ke parlemen," kata McKenzie setelah hasil pemilu diumumkan.

4 dari 4 halaman

Tawarkan Gaya Berani

Analis politik Kagiso Pooe mengatakan kepada BBC bahwa McKenzie memiliki gaya yang "berani", yang menarik bagi konstituennya.

"Orang-orang ingin memercayai dan melihat seseorang yang berasal dari latar belakang seperti mereka dan tidak malu untuk mengatakan: 'Inilah saya.' Anda melihatnya pada orang-orang seperti Presiden Zuma, Presiden Trump, dan tokoh-tokoh sejenis lainnya," katanya.

Kampanye McKenzie melawan migran tidak berdokumen adalah pemenang suara baginya, tambah analis tersebut.

Sayangnya, politisi dan partai arus utama menghindari hal ini dan dia langsung menanganinya.

Kritikus mengecam kampanyenya sebagai xenofobia. Dia mengobarkannya di bawah slogan "Abahambe", yang diterjemahkan dari bahasa Zulu sebagai "Biarkan mereka pergi" - dan, dalam aksi publisitas, dia mengunjungi perbatasan dengan Zimbabwe untuk mengusir orang-orang yang mencoba memasuki Afrika Selatan.

Dia juga dituduh munafik, seperti yang ditunjukkan oleh para pengkritiknya bahwa dalam wawancara SABC tahun 2013 ketika dia menggambarkan imigran dari wilayah lain di Afrika, termasuk Zimbabwe, sebagai bagian "integral" dari perekonomian Afrika Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini