Sukses

Balas Kematian Komandan Top, 200 Roket dan 1 Skuadron Drone Peledak Hizbullah Serang Israel

Bentrokan lintas batas antara Hizbullah Lebanon yang mendukung warga Palestina, Hamas di Gaza versus Israel terus memicu kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.

Liputan6.com, Beirut - Hizbullah Lebanon mengatakan pihaknya meluncurkan lebih dari 200 roket dan drone peledak ke posisi militer Israel pada hari Kamis (4/7/2024), ketika ketegangan meningkat di tengah perang yang berlangsung hampir sembilan bulan di Gaza.

Kelompok militan yang didukung Iran mengatakan serangan terbarunya, setelah peluncuran lebih dari 100 roket pada hari sebelumnya, terjadi sebagai tanggapan atas pembunuhan Israel terhadap seorang komandan top atau senior Hizbullah di Lebanon selatan.

Israel tidak melaporkan adanya kematian di wilayah perbatasan utaranya, tempat sebagian besar masyarakat telah dievakuasi, namun dengan cepat mengatakan bahwa pihaknya telah merespons dengan serangan terhadap sasaran di Lebanon selatan.

Israel dan Hizbullah, sekutu kelompok militan Palestina Hamas, hampir setiap hari saling baku tembak di perbatasan sejak perang Gaza meletus pada 7 Oktober 2023, sehingga memicu kekhawatiran bentrokan tersebut dapat meningkat menjadi perang habis-habisan.

Sekjen PBB Antonio Guterres "sangat khawatir dengan meningkatnya baku tembak”, kata juru bicaranya Stephane Dujarric pada hari Rabu (3/7), memperingatkan risiko terhadap Timur Tengah yang lebih luas "jika kita berada dalam konflik yang berkepanjangan”.

Hizbullah dan Hamas adalah bagian dari "Poros Perlawanan" yang dipimpin Iran melawan Israel dan Amerika Serikat, sebuah aliansi regional yang juga mencakup pemberontak Houthi Yaman dan kelompok militan di Irak dan Suriah.

Militer Israel mengatakan pada hari Kamis (4/7) bahwa pasukannya “menyerang pos peluncuran di Lebanon selatan” setelah “banyak proyektil dan sasaran udara yang mencurigakan melintasi dari Lebanon ke wilayah Israel”.

Dikatakan bahwa sebagian besar berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara tetapi “kebakaran terjadi di sejumlah wilayah di Israel utara” setelah serangan tersebut.

Adapun Israel pada hari Rabu (3/7) membunuh seorang komandan senior Hizbullah, Mohammed Naameh Nasser, di dekat kota pesisir Tirus, Lebanon.

Sebuah sumber yang dekat dengan kelompok tersebut menggambarkannya sebagai "komandan Hizbullah yang bertanggung jawab atas salah satu dari tiga sektor di Lebanon selatan". Kepala sektor perbatasan lainnya tewas dalam serangan Israel bulan lalu.

Hizbullah mengatakan bahwa "sebagai bagian dari respons terhadap… pembunuhan yang dilakukan oleh musuh"" mereka telah menembakkan "lebih dari 200 roket" dan "satu skuadron drone peledak" ke pangkalan-pangkalan Israel.

Sirene serangan udara terdengar di seluruh Israel utara pada pagi hari, dan seorang koresponden AFP menyaksikan roket melintasi perbatasan yang berhasil dicegat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertempuran sengit mengguncang Gaza

Perang Gaza pecah setelah serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan yang mengakibatkan kematian 1.195 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka Israel.

Para militan juga menyandera 251 sandera, 116 di antaranya masih berada di Gaza termasuk 42 orang yang menurut tentara tewas.

Serangan balasan Israel telah menewaskan sedikitnya 38.011 orang, sebagian besar warga sipil, menurut angka dari kementerian kesehatan wilayah yang dikelola Hamas.

Bentrokan perbatasan Israel-Hizbullah telah menewaskan sedikitnya 496 orang di Lebanon, sebagian besar dari mereka adalah pejuang tetapi juga termasuk 95 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Pihak berwenang Israel mengatakan sedikitnya 15 tentara dan 11 warga sipil tewas di wilayah perbatasan yang dipatroli PBB.

Sementara itu, perang Gaza yang menjadi jantung ketegangan regional terus berkecamuk, dan baku tembak, serangan udara, dan tembakan artileri mengguncang Kota Gaza selama delapan hari pada hari Kamis.

Pasukan Israel selama beberapa hari terakhir telah “menghancurkan rute terowongan di daerah tersebut dan melenyapkan puluhan teroris dalam pertempuran jarak dekat dengan tembakan tank, dan serangan udara,” kata militer.

Badan pertahanan sipil Gaza mengatakan sedikitnya lima orang tewas dalam serangan yang melanda sebuah sekolah di Kota Gaza.

Kekhawatiran akan terjadinya kembali pertempuran sengit juga meningkat di wilayah selatan Gaza dekat Khan Yunis dan Rafah setelah militer pada hari Senin mengeluarkan perintah evakuasi besar-besaran yang menurut PBB berdampak pada 250.000 orang.

Para saksi melaporkan serangan udara dan penembakan artileri intensif di Rafah barat pada hari Kamis (4/7).

 

3 dari 3 halaman

Upaya Menuju Gencatan Senjata

Israel telah menghadapi kecaman internasional atas melonjaknya angka kematian warga sipil, hukuman atas pengepungan dan pemusnahan massal di Gaza.

Koordinator kemanusiaan PBB untuk Gaza, Sigrid Kaag, pekan ini kembali menyerukan diakhirinya “pusaran kesengsaraan manusia”.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menegaskan Israel akan menghancurkan Hamas dan memulangkan sandera yang tersisa.

Presiden AS Joe Biden, yang berada di bawah tekanan domestik yang semakin besar atas dukungan Washington terhadap Israel, pada akhir Mei menguraikan peta jalan untuk gencatan senjata enam minggu dan pertukaran sandera dengan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Hanya ada sedikit kemajuan sejak itu, namun Hamas mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya sedang berkomunikasi dengan para pejabat di Qatar dan Mesir serta Turki dengan tujuan untuk mengakhiri konflik tersebut.

Hamas mengatakan pemimpin politik Hamas yang berbasis di Qatar, Ismail Haniyeh, telah "melakukan kontak dengan mediator bersaudara di Qatar dan Mesir mengenai gagasan yang sedang didiskusikan gerakan tersebut dengan mereka dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan".

Kantor Netanyahu dan badan intelijen Mossad mengatakan "Israel sedang mengevaluasi pernyataan (Hamas) dan akan menyampaikan jawabannya kepada para mediator".

Kendala utama sejauh ini berpusat pada permintaan Hamas untuk mengakhiri pertempuran secara permanen – sebuah tuntutan yang ditolak keras oleh Netanyahu dan sekutu pemerintah nasionalis sayap kanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini