Sukses

Reformator Massoud Pezeshkian Terpilih Jadi Presiden Iran, Menang Pilpres Putaran Kedua

Pemungutan suara Pilpres Iran dinyatakan menguntungkan Dr Massoud Pezeshkian setelah ia memperoleh 53,3% dari lebih dari 30 juta suara yang dihitung. Sementara pesaingnya, Saeed Jalili memperoleh suara 44,3%.

Liputan6.com, Teheran - Massoud Pezeshkian yang reformis telah terpilih sebagai presiden baru Iran, mengalahkan saingannya yang konservatif garis keras, Saeed Jalili.

BBC yang dikutip Sabtu (6/7/2024) melaporkan, pemungutan suara dinyatakan menguntungkan Dr Pezeshkian setelah ia memperoleh 53,3% dari lebih dari 30 juta suara yang dihitung. Sementara pesaingnya, Jalili memperoleh suara 44,3%.

Pilpres Iran putaran kedua terjadi setelah tidak ada kandidat yang memperoleh suara mayoritas pada putaran pertama pemilu tanggal 28 Juni 2024, yang secara historis menunjukkan tingkat partisipasi pemilih yang rendah, yaitu 40%.

Adapun Pemilu Iran untuk Presiden (Pilpres) tersebut diadakan setelah presiden Iran sebelumnya, Ebrahim Raisi, tewas dalam kecelakaan helikopter pada bulan Mei. Sebuah tragedi yang menewaskan tujuh orang lainnya.

Bahkan sebelum hasil akhir diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri Iran, para pendukung Dr Pezeshkian telah turun ke jalan di Teheran dan sejumlah kota lain untuk merayakannya.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan sebagian besar anak muda menari dan mengibarkan bendera hijau khas kampanyenya, sementara mobil yang lewat membunyikan klakson.

Dr Pezeshkian, mantan ahli bedah jantung, mengkritik kebijakan moralitas Iran yang terkenal kejam dan menimbulkan kehebohan setelah menjanjikan “persatuan dan kohesi”, serta mengakhiri “isolasi” Iran dari dunia.

Pezeshkian juga menyerukan “negosiasi konstruktif” dengan negara-negara Barat mengenai pembaruan perjanjian nuklir tahun 2015 yang gagal, di mana Iran setuju untuk mengekang program nuklirnya dengan imbalan pelonggaran sanksi Barat. Saingannya, Saeed Jalili, lebih menyukai status quo. Mantan perunding nuklir ini mendapat dukungan kuat dari komunitas paling religius di Iran.

Jalili dikenal karena sikap garis kerasnya yang anti-Barat dan penolakannya terhadap pemulihan perjanjian nuklir, yang menurutnya melanggar “garis merah” Iran.

 

2 dari 4 halaman

Tingkat Partisipasi Pilpres Putaran Kedua 50%

Tingkat partisipasi pemilih pada putaran terakhir pemilu adalah 50% – lebih tinggi dibandingkan putaran pertama minggu lalu, ketika jumlah pemilih merupakan yang terendah sejak revolusi Islam pada tahun 1979 di tengah meluasnya ketidakpuasan, namun masih tetap rendah.

Ketidakpuasan yang meluas menyebabkan jutaan orang memboikot pemilu.

Kurangnya pilihan bagi para kandidat, yang didominasi oleh kelompok garis keras Islam, dan ketidakmungkinan perubahan nyata selama pemimpin tertinggi mengontrol kebijakan dengan ketat menambah rasa frustrasi mereka.

Beberapa orang yang tidak memilih pada putaran pertama dibujuk untuk memberikan suara mereka untuk Dr Pezeshkian kali ini untuk mencegah Jalili menjadi presiden. Mereka khawatir bahwa dengan kemenangan Jalili, Iran akan melakukan lebih banyak konfrontasi dengan dunia luar dan bahwa ia tidak akan memberikan apa-apa kepada Iran kecuali sanksi yang lebih besar dan isolasi yang lebih besar.

Untuk dapat mencalonkan diri, kedua kandidat harus melalui proses pemeriksaan yang dijalankan oleh Dewan Wali, sebuah badan yang terdiri dari 12 ulama dan ahli hukum yang memegang kekuasaan signifikan di Iran.

Proses tersebut menyebabkan 74 kandidat lainnya dikeluarkan dari pencalonan, termasuk beberapa perempuan.

Dewan Penjaga sebelumnya telah dikritik oleh kelompok hak asasi manusia karena mendiskualifikasi kandidat yang tidak cukup setia kepada rezim.

Setelah kerusuhan sipil selama bertahun-tahun – yang berpuncak pada protes anti-rezim yang mengguncang negara itu pada tahun 2022-2023 – banyak generasi muda dan kelas menengah Iran yang sangat tidak mempercayai pemerintah dan sebelumnya menolak untuk memilih.

 

3 dari 4 halaman

Tagar Persia Minoritas Pengkhianat Jadi Viral

Di media sosial Iran, tagar Persia "minoritas pengkhianat" menjadi viral, mendesak masyarakat untuk tidak memilih salah satu kandidat dan menyebut siapa pun yang melakukan hal tersebut sebagai "pengkhianat". Namun Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei menolak anggapan bahwa rendahnya jumlah pemilih mewakili penolakan terhadap pemerintahannya.

"Ada alasan [di balik rendahnya jumlah pemilih] dan politisi serta sosiolog akan mengkajinya, namun jika ada yang berpikir bahwa mereka yang tidak memilih menentang pemerintah, mereka jelas salah,” katanya.

Dalam sebuah tindakan yang jarang terjadi, ia mengakui bahwa beberapa warga Iran tidak menerima rezim saat ini.

"Kami mendengarkan mereka dan kami tahu apa yang mereka katakan dan ini bukan berarti mereka disembunyikan dan tidak terlihat,” kata Khamenei.

Di Iran, media lokal mendorong masyarakat untuk memberikan suara.

Surat kabar harian reformis Sazandegi mengatakan "masa depan bergantung pada suara Anda" sementara surat kabar Hammihan mengatakan "sekarang giliran Anda".

Surat kabar harian yang dikelola pemerintah kota Teheran, Hamshahri, menerbitkan artikel berjudul "100 alasan untuk memilih", sementara surat kabar harian yang dikelola pemerintah, Jaam-e Jam, mengatakan Iran "menunggu rakyat".

4 dari 4 halaman

Massoud Pezeshkian Satu-satunya Capres Moderat Unggul Tipis Pilpres Iran

Iran telah menggelar pemilihan presiden atau pilpres untuk mencari pengganti Ebrahim Raisi, sang pemimpin yang meninggal akibat kecelakaan helikopter.

Mengutip laporan VOA Indonesia, Minggu (30/6/2024), sejauh ini kandidat pilpres Iran beraliran moderat yang bersahaja memimpin penghitungan suara dalam pemilihan presiden (pilpres) Iran di antara empat kandidat yang setia kepada pemimpin tertinggi dan sangat dikontrol, di tengah meningkatnya rasa frustrasi publik dan tekanan Barat.

Dengan lebih dari 3,8 juta surat suara dari pilpres pada Jumat (28/6) yang telah dihitung sejauh ini, Massoud Pezeshkian meraup lebih dari 1.595.000 suara. Sementara penantangnya, mantan perunding nuklir Saeed Jalili yang bergaris keras, memperoleh sekitar 1.594.000 suara.

Hasil perhitungan sementara itu diungkapkan oleh pejabat Kementerian Dalam Negeri Mohsen Eslami kepada TV pemerintah pada Sabtu (29/6) pagi.

Meskipun beberapa orang dalam mengatakan jumlah pemilih sekitar 40 persen, lebih rendah dari perkiraan para penguasa Iran, para saksi mata mengatakan kepada Reuters bahwa tempat pemungutan suara di Teheran dan beberapa kota lainnya tidak ramai.

Kantor berita Iran Tasnim mengatakan pemilihan putaran kedua "sangat mungkin" untuk memilih presiden berikutnya setelah kematian Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter.

Pemilu tersebut bertepatan dengan meningkatnya ketegangan regional akibat perang antara Israel dan sekutu Iran, gerakan Hamas, di Gaza dan Hizbullah di Lebanon, serta meningkatnya tekanan Barat terhadap Iran atas program nuklirnya yang berkembang pesat.

Selengkapnya di sini...

Video Terkini