Sukses

Kala PM Inggris Ganti Keir Starmer, Larry Tetap Jadi Kucing Downing Street 10

Larry, yang menduduki posisi yang unik dalam politik Inggris, telah bekerja di bawah kepemimpinan sejumlah perdana menteri, seperti Theresa May, Boris Johnson, Liz Truss, dan Rishi Sunak selama masa pemerintahan Konservatif yang penuh dengan perubahan dan ketegangan.

Liputan6.com, Jakarta Inggris kini punya perdana menteri baru. Keir Starmer namanya. Pemimpin Partai Buruh itu menang pemilu dan menjadi pengganti Rishi Sunak.

Laporan VOA Indonesia yang dikutip Minggu (7/7/2024) menyebut, pada malam terjadinya perubahan besar-besaran dalam percaturan politik Inggris, ada satu hal yang tak berubah pada Jumat (5/7) pagi. Larry si kucing penghuni tetap Downing Street 10.

Kucing putih belang, yang menyandang jabatan sebagai Kepala Pembasmi Tikus di Kantor Kabinet, terlihat berkeliling di sekitar pintu hitam mengkilap yang terkenal di bangunan Nomor 10. Di sana, Larry akan menjadi teman sekantor perdana menteri Inggris yang keenam, yang baru saja memenangkan pemilu.

Sejak 2011, Larry menjadi "penguasa" di Inggris setelah diadopsi dari Rumah Anjing & Kucing Battersea di dekatnya saat Downing Streeet di bawah kekuasaan Perdana Menteri David Cameron.

Larry, yang menduduki posisi yang unik dalam politik Inggris, telah bekerja di bawah kepemimpinan sejumlah perdana menteri, seperti Theresa May, Boris Johnson, Liz Truss, dan Rishi Sunak selama masa pemerintahan Konservatif yang penuh dengan perubahan dan ketegangan.

  

 

 

2 dari 4 halaman

Larry Bakal Punya Teman Baru; JoJo

Pada Jumat (5/7), teman serumah terbarunya, pemimpin Partai Buruh Keir Starmer, mulai menjabat setelah berhasil mengantongi kemenangan telak dalam pemilu.

Meskipun Larry tetap berada di kantor PM Inggris, tetapi dia kemungkinan besar akan mendapat teman baru. Starmer diketahui sudah memiliki seekor kucing bernama JoJo yang diperkirakan juga akan mendiami Downing Street.

Tak ambil pusing oleh masalah itu, Larry dengan cepat memutuskan untuk menghindari cuaca basah dan berangin yang tidak biasa dengan memasuki bangunan ke Nomor 10 sebagaimana yang kerap ia lakukan: menunggu di dekat pintu masuk sampai seorang polisi yang ramah membukakan pintu untuknya.

3 dari 4 halaman

Partai Buruh Menang Pemilu, Keir Starmer Jadi PM Inggris Gantikan Rishi Sunak

Situs Times yang dikutip Jumat (5/7/2024) menyebut, setelah masa pemerintahan selama 14 tahun yang ditentukan oleh Brexit, pandemi, dan periode gejolak politik dan keuangan yang menakjubkan yang menghasilkan tiga Perdana Menteri hanya dalam satu tahun, partai politik paling sukses di dunia—yang sejak tahun 1945 telah berkuasa dua kali lebih lama selama mereka tidak terlibat—telah didorong kembali menjadi oposisi. Sebagai gantinya adalah Partai Buruh, yang meraih kemenangan telak dalam pemilu Inggris.

Pemimpin partai tersebut, jaksa yang kemudian menjadi politikus Keir Starmer, akan menjadi Perdana Menteri atau PM Inggris ke-58.

Kita berhasil!" Starmer mengatakan kepada para pendukungnya dalam pidato kemenangan yang penuh kegembiraan pada Jumat pagi hari. “Perubahan dimulai sekarang.”

Partai Buruh diperkirakan akan memperoleh 410 kursi di House of Commons yang memiliki 650 kursi, menurut jajak pendapat, yang terbukti dapat diandalkan secara historis. Sementara itu, Partai Konservatif diperkirakan akan berkurang perolehannya menjadi hanya 131 kursi—suatu hasil yang jika dikonfirmasi, akan menandai kinerja terburuk partai tersebut dalam hampir 200 tahun sejarahnya. Jika jajak pendapat tersebut berhasil, Partai Buruh akan menikmati sekitar 170 kursi mayoritas di parlemen, hanya sedikit dari rekor yang dicapai di bawah kepemimpinan Tony Blair pada tahun 1997.

Menurut laporan South China Morning Post, Partai Buruh Inggris menuju kemenangan telak, berdasarkan jajak pendapat dan hasil parsial.

Perdana Menteri terpilih Keir Starmer berjanji “perubahan dimulai sekarang” dalam pidato kemenangannya ketika Perdana Menteri Rishi Sunak mengakui kekalahannya.

Partai Buruh melaju melewati 326 kursi yang dibutuhkan untuk mengamankan mayoritas keseluruhan di parlemen yang memiliki 650 kursi untuk mengakhiri 14 tahun pemerintahan yang dipimpin Konservatif. Hasil akhir diumumkan pada Jumat pagi waktu Inggris.

Sebelumnya, sebuah jajak pendapat pada hari Kamis menempatkan Partai Buruh pada jalur untuk memenangkan 410 kursi, atau mayoritas dengan 170 kursi. Partai Konservatif Sunak diperkirakan akan menderita kekalahan bersejarah, hanya meraih 131 kursi. Ini akan menjadi jumlah kursi terendah di House of Commons sejak tahun 1906. 

4 dari 4 halaman

Profil Singkat Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer: Sosok yang Tak Menonjolkan Diri Tapi Punya Gelar Bangsawan

Situs AFP menyebut, Keir Starmer selalu berpenampilan rapi, dengan rambut abu-abu yang disisir rapi, ekspresi tegas dan suara tidak memihak.

Starmer yang berusia 61 tahun adalah orang yang berbeda dalam politik Inggris dibandingkan dengan rekan-rekannya dan pendahulunya dari Partai Konservatif.

Jauh dari kelakuan orang-orang seperti Boris Johnson, Liz Truss, Jeremy Corbyn, dan Nigel Farage – yang kariernya dipenuhi kontroversi dan skandal – pemimpin Partai Buruh ini menonjol karena kemampuannya untuk tidak menonjolkan diri.

Faktanya, hanya sedikit yang diketahui tentang penghuni baru 10 Downing Street.

Seorang knight (ksatria) dengan asal usul yang sederhana, Sir Keir – dia sendiri jarang menggunakan gelar kehormatan atau bangsawan – dianugerahi gelar ksatria pada tahun 2014 atas jasanya pada “hukum dan peradilan pidana”.

Starmer berasal dari latar belakang sederhana. Lahir dari orang tua kerah biru pada tahun 1962, Starmer diberi nama setelah Keir Hardie, pendiri Partai Buruh yang orang tuanya adalah pendukung setianya, dan dibesarkan di sebuah kota kecil di Surrey.

“Ayah saya adalah seorang pembuat perkakas dan bekerja di pabrik sepanjang hidupnya, dan ibu saya adalah seorang perawat,” Starmer sering menyatakan dalam pidatonya.

Anak pertama dari empat bersaudara yang menerima pendidikan tinggi, Starmer kuliah di Universitas Leeds dan lulus dengan pujian dan gelar sarjana hukum sebelum berangkat ke Oxford untuk studi pascasarjana.

Starmer kemudian menjadi pengacara pada tahun 1987, dengan spesialisasi hukum hak asasi manusia dan mewakili terpidana mati di Afrika dan Karibia.

Seringkali memberikan nasihat hukum secara gratis, Starmer juga menangani beberapa kasus penting termasuk pembelaan aktivis lingkungan terhadap McDonald’s dan Shell.

Dijuluki "pengacara kidal" oleh para penentangnya, Starmer mengambil tindakan hukum terhadap pelanggaran hak asasi manusia dalam konteks konflik Irlandia Utara dan membantu membentuk Dewan Kepolisian Irlandia Utara setelah perjanjian Jumat Agung yang mengakhiri konflik kekerasan selama beberapa dekade di Irlandia Utara.

Pada tahun 2008, Starmer ditunjuk sebagai Direktur Penuntutan Umum dan mengawasi penuntutan anggota parlemen yang dituduh melakukan penggelapan dan jurnalis yang dituduh melakukan peretasan telepon.