Sukses

Produser Film Titanic Jon Landau Meninggal Dunia di Usia 63 Tahun

Jon Landau dilaporkan meninggal dunia pada Jumat (5/7/2024) setelah menderita kanker selama lebih dari setahun.

Liputan6.com, Jakarta - Jon Landau, produser pemenang Oscar dari beberapa film terlaris sepanjang masa, termasuk Titanic dan Avatar meninggal dunia pada usia 63 tahun.

Landau dilaporkan meninggal dunia pada Jumat (5/7/2024) setelah menderita kanker selama lebih dari setahun.

Kakaknya Tina mengonfirmasi kematiannya di media sosial, menyebutnya "kakak terbaik yang pernah diimpikan seorang gadis," dikutip dari BBC, Minggu (7/7).

"Hati saya hancur tetapi juga meluap dengan rasa bangga & terima kasih atas kehidupannya yang paling luar biasa, dan cinta serta hadiah yang ia berikan kepada saya - dan semua orang yang mengenalnya atau film-filmnya," tulisnya.

Landau adalah putra dari produser Hollywood Ely dan Edie Landau dan pernah menjadi eksekutif di perusahaan produksi film 20th Century Fox, yang mengawasi film-film termasuk The Last Of The Mohicans dan Die Hard 2.

Bersama Cameron, ia membantu menciptakan film hit Titanic tahun 1997, yang merupakan film pertama yang berhasil melampaui angka US$ 1 miliar di box office global. Film-film berikutnya Avatar dan sekuelnya Avatar: The Way of Water, yang masing-masing dirilis pada tahun 2009 dan 2022, berhasil memecahkan rekor Titanic.

Landu juga ikut memproduksi film-film hit lainnya termasuk Honey, I Shrunk the Kids, dan Dick Tracy, serta memegang posisi manajemen di perusahaan produksi milik Cameron, Lightstorm Entertainment.

 

2 dari 2 halaman

Duka Mendalam dari Rekan-rekan

Menyusul berita kematian Landau, Cameron mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa "seorang produser hebat dan manusia hebat telah meninggalkan kita".

"Jon Landau percaya pada mimpi sinema. Ia percaya bahwa film adalah bentuk seni manusia yang paling hakiki, dan untuk membuat film, Anda harus terlebih dahulu menjadi manusia," katanya.

"Ia akan dikenang karena kemurahan hatinya yang besar dan juga film-filmnya sendiri."

Sutradara Sir Peter Jackson dan istrinya, penulis skenario Fran Walsh, yang perusahaan efek visualnya digunakan untuk film Avatar, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka "hancur oleh kehilangan Jon Landau".

"Jon membawa semangat yang tak tertandingi ke dalam proyek-proyek yang dikerjakannya dan pengaruhnya akan terus menginspirasi selama bertahun-tahun mendatang."

Aktor Zoe Saldaña, yang membintangi film Avatar, menulis pesan kepada Landau di Instagram, mengatakan bahwa kematiannya "sangat menyakitkan".

"Kebijaksanaan dan dukungan Anda membentuk banyak dari kami dengan cara yang akan selalu kami syukuri."