Sukses

Jepang dan Sejumlah Negara Anggota NATO Akan Latihan Militer di Hokkaido, Sinyal Waspada untuk China?

China mengatakan bahwa rencana Jepang untuk latihan militer gabungan dengan Jerman, Prancis, dan Spanyol jelas "diatur" oleh Amerika Serikat.

Liputan6.com, Hokkaido - Mulai dari tanggal 19-25 Juli, Jepang dan negara-negara anggota NATO termasuk Jerman, Prancis, dan Spanyol berencana untuk melakukan latihan tempur udara gabungan pertama mereka di wilayah udara sekitar Hokkaido.

Hokkaido adalah sebuah pulau di utara Jepang, yang tampaknya menimbulkan keresahan di Tiongkok, dikutip dari laman truthmv, Minggu (7/7/2024).

China mengatakan bahwa rencana Jepang untuk latihan militer gabungan dengan Jerman, Prancis, dan Spanyol jelas "diatur" oleh Amerika Serikat.

The Japan Times, mengutip Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara, melaporkan bahwa kontingen yang terdiri dari lebih dari 30 pesawat militer dari Jerman, Prancis, dan Spanyol akan tiba pada Juli untuk melakukan serangkaian latihan dengan Angkatan Udara Bela Diri.

Surat kabar harian Tiongkok mengatakan latihan ini bertujuan untuk mengintegrasikan pasukan militer NATO di kawasan tersebut dan menggabungkannya dengan pasukan militer AS dan Jepang untuk "menunjukkan kemampuan tempur udara bersama."

Latihan udara akan diadakan dalam dua bagian: ASDF akan melakukan latihan tempur udara dengan Prancis di wilayah udara sekitar Pangkalan Udara Hyakuri di Prefektur Ibaraki pada 19-20 Juli, dan dengan Jerman dan Spanyol di wilayah udara sekitar Pangkalan Udara Chitose di Hokkaido pada 22-25 Juli.

Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan taktis dan mempromosikan saling pengertian, menurut Menteri Pertahanan Jepang.

Tema latihan udara gabungan yang akan datang adalah "Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka," yang menunjukkan niat Jepang untuk menciptakan pencegahan yang kuat terhadap Tiongkok yang agresif di kawasan tersebut.

Hal ini membuat beberapa analis Tiongkok gelisah, merasa bahwa serbuan jarak jauh beberapa negara NATO untuk melakukan latihan militer di Indo-Pasifik bukanlah sesuatu yang harus diabaikan Beijing.

2 dari 4 halaman

Jepang Kerahkan Jet Tempur F-15 hingga F-2

Jepang akan mengerahkan empat jet tempur F-15 dan dua jet tempur F-2 untuk latihan udara gabungan mendatang, sementara Jerman mengirimkan delapan pesawat Eurofighter, tiga pesawat angkut A400M, empat pesawat pengisian bahan bakar udara A330 MRTT, dan satu pesawat angkut A321.

Prancis akan mengerahkan empat jet tempur Rafale, tiga pesawat angkut A400M, dan tiga pesawat pengisian bahan bakar udara A330 MRTT.

Spanyol akan mengirimkan empat jet tempur Eurofighter dan dua pesawat angkut A400M untuk latihan udara gabungan tersebut.

Dalam latihan udara gabungan pertama antara Jepang dan anggota NATO ini, sebanyak 260 personel dari Prancis, sekitar 180 personel dari Jerman, dan sekitar 150 personel dari Spanyol diperkirakan akan berpartisipasi.

Lu Chao, Peneliti Senior di Akademi Ilmu Sosial Liaoning, lembaga pemikir yang berbasis di Tiongkok, mengatakan kepada Global Times bahwa anggota NATO ingin menimbulkan masalah di kawasan tersebut untuk meredakan tekanan dari konflik yang sedang berlangsung di Ukraina dan Timur Tengah.

Hal ini menunjukkan bahwa Tiongkok tidak ingin perang Ukraina berakhir, dan juga tidak ingin perang Israel melawan Hamas berakhir, karena kedua medan perang ini membuat AS dan sekutu-sekutunya di Eropa tetap sibuk, sambil menguras sumber daya militer dan ekonomi mereka.

3 dari 4 halaman

Situasi di Ukraina

Meskipun perang Ukraina yang melelahkan dan konflik Timur Tengah telah memengaruhi persediaan senjata AS dan sekutu-sekutunya, hal ini tidak akan memberi Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok keuntungan strategis atas para pesaingnya.

AS dan sekutu-sekutunya di Eropa telah memperluas basis industri pertahanan mereka untuk mengisi kembali persediaan senjata mereka baru-baru ini, menurut laporan CNN.

Eropa lebih cerdas dalam hal ini. Untuk meningkatkan daya saing dan kesiapan Basis Industri dan Teknologi Pertahanan Eropa (EDTIB), Uni Eropa meluncurkan Strategi Industri Pertahanan pada Maret 2024.

Strategi ini, menurut Pusat Studi Strategis & Internasional (CSIS), merupakan lompatan maju dalam ambisi UE untuk menjadi "siap berperang" demi membela kepentingannya di benua itu dan sekitarnya.

Strategi Indo-Pasifik AS lebih ambisius. Menggarisbawahi fakta bahwa Tiongkok memiliki angkatan laut terbesar di dunia, dengan lebih dari 370 kapal dan lebih banyak rudal dan personel daripada Amerika, Washington D.C. pada bulan Agustus 2023 meluncurkan 'program Replicator.'

Di bawah program ini, AS bertujuan untuk mengoperasikan ribuan platform otonom untuk melawan militer Tiongkok.

Menurut portal berita pertahanan The War Zone, program Replicator akan melihat militer AS mengoperasikan sistem udara nirawak (c-UAS) dan kendaraan permukaan nirawak (USV) dengan berbagai ukuran dan muatan.

Di wilayah strategis, NATO, didorong oleh AS, telah mulai beralih ke Indo-Pasifik.

NATO telah meningkatkan hubungannya dengan Jepang dan Korea Selatan menjadi kerangka kerja kemitraan strategis dan telah meningkatkan keterlibatannya dengan Tokyo dan Seoul di bidang-bidang seperti perubahan iklim, operasi informasi, dan pembagian intelijen militer, dunia maya, luar angkasa, serta teknologi yang baru dan penting.

 

4 dari 4 halaman

Hubungan Jepang dan NATO

Keterlibatan politik antara Jepang dan NATO, serta Korea Selatan dan aliansi antarpemerintah yang beranggotakan 32 negara, juga meningkat secara signifikan baru-baru ini. Pada tanggal 9 Juli, Fumio Kishida akan menghadiri KTT NATO di Washington, menandai tahun ketiga berturut-turut

Perdana Menteri Jepang akan menghadiri pertemuan puncak tersebut. Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol juga diundang untuk menghadiri pertemuan puncak NATO mendatang di Washington. Presiden Korea Selatan telah mewakili negaranya di dua pertemuan puncak NATO sebelumnya yang diadakan di Spanyol pada tahun 2022 dan Lithuania pada tahun 2023.

Meskipun China tidak terlalu khawatir tentang meningkatnya keterlibatan Korea Selatan dengan NATO, negara Asia Timur tersebut khawatir tentang Jepang.

Karena Jepang terus memperluas dan mengembangkan kemampuan militernya, meningkatnya hubungan Tokyo dengan AS dan NATO dapat terbukti membawa bencana bagi perdamaian di kawasan tersebut, kata beberapa pakar Tiongkok.