Sukses

Jumlah Anak Putus Sekolah di Pakistan Mengalami Peningkatan

Pada Mei 2024, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengumumkan keadaan darurat pendidikan di negara itu dan menjanjikan reformasi.

Liputan6.com, Islamabad - Jumlah anak putus sekolah di Pakistan terus meningkat meskipun ada klaim besar yang dibuat oleh pemerintah berturut-turut di Islamabad.

Jumlah anak putus sekolah dari usia 5-16 tahun telah mencapai angka 26 juta sekarang. Situasinya lebih buruk bagi anak perempuan karena lebih dari separuh anak perempuan tidak dapat menyelesaikan pendidikan dasar di Pakistan.

Dikutip dari laman islamkhabar, Senin (8/7/2024) hambatan sosial-ekonomi, kekakuan budaya, pembiayaan yang tidak memadai, terbatasnya penegakan komitmen kebijakan, dan kesenjangan gender telah membatasi akses ke pendidikan dasar dan meningkatkan angka putus sekolah.

Pada Mei 2024, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengumumkan keadaan darurat pendidikan di negara itu dan menjanjikan reformasi, sejalan dengan yang dilakukan Jerman dan Jepang, untuk menahan angka putus sekolah dan mempromosikan literasi.

“Mengapa Pakistan tidak bisa? Saya jamin, jika kita bergerak bersama untuk menemukan ruang kita, Pakistan akan muncul sebagai salah satu masyarakat paling terdidik suatu hari nanti,” kata Sharif.

Pakar pendidikan M Nadeem Nadir mengkritik pernyataan darurat pendidikan dengan mengatakan bahwa upaya-upaya sebelumnya hanya dapat mengurangi angka putus sekolah sebesar 2 persen dalam satu dekade.

"Lelucon darurat pendidikan telah berulang kali dilakukan tanpa dampak perbaikan yang nyata," katanya.

"Angka literasi yang rendah sebesar 62,2 persen dan alokasi yang buruk sebesar 1,7 persen dari PDB untuk sektor pendidikan menunjukkan tingkat dan validitas perhatian masing-masing pemerintah dan keadaan darurat pendidikan mereka."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Inflasi di Pakistan

Pakistan dilanda inflasi yang sangat tinggi, yang membuat kebutuhan hidup menjadi pekerjaan yang menantang bagi sebagian besar penduduknya. Dengan latar belakang seperti itu, biaya buku pelajaran meningkat sebesar 95 persen pada tahun 2023. Hal ini memperburuk angka putus sekolah.

Akibatnya, semakin banyak anak yang putus sekolah atau bersekolah di rumah. Dampak dari melonjaknya harga buku pelajaran melampaui tekanan keuangan langsung pada keluarga.

Di ibu kota Pakistan, Islamabad, lebih dari 83.000 anak tidak bersekolah. Situasinya jauh lebih buruk di wilayah lain Pakistan karena sekitar 40 persen dari total penduduk yang bersekolah tidak terdaftar.

"Alasan di balik ini beragam: ketidakstabilan ekonomi yang menyebabkan anak-anak bekerja, norma budaya yang membatasi pendidikan anak perempuan, dan kesenjangan geografis yang menghambat akses ke sekolah bagi anak-anak di daerah pedesaan atau daerah yang terkena dampak konflik," kata analis pendidikan Muhammad Murtaza Noor.

 

3 dari 4 halaman

Masalah Kesenjangan Gender

Terdapat kesenjangan gender yang besar dalam akses pendidikan di Pakistan karena tingkat pendaftaran anak perempuan 49 persen lebih rendah daripada anak laki-laki.

Hal ini cukup merajalela di daerah pedesaan, di mana norma sosial budaya dan keterbatasan finansial menghalangi anak perempuan untuk mendaftar di sekolah, kata penulis Pakistan Saira Batada.

"Kendala signifikan terhadap pendidikan perempuan adalah pernikahan dini, karena 21 persen anak perempuan menikah sebelum berusia 18 tahun, yang meningkatkan tingkat putus sekolah," katanya.

Sekitar 50 persen sekolah di Pakistan tidak memiliki tembok pembatas, yang menyebabkan kurangnya jumlah siswa perempuan di sekolah.

Kekhawatiran utama adalah keselamatan dan keamanan, kata Aisha Naz Ansari dan Dr Sajid Ali, peneliti di Universitas Aga Khan yang berbasis di Karachi.

"Tantangan ini menjadi perhatian utama bagi orang tua, siswa, dan guru. Seringnya tindak pidana terhadap anak perempuan telah menciptakan rasa tidak percaya di antara orang tua dan siswa perempuan, termasuk siswa dan guru," tulis mereka dalam laporan yang disiapkan untuk UNESCO.

 

4 dari 4 halaman

Pendanaan yang Tak Mencukupi

Keadaan darurat pendidikan menjadi lebih buruk karena pendanaan yang tidak mencukupi, inefisiensi administratif, dan ketidakstabilan politik. Infrastruktur dan fasilitas yang tidak memadai karena kelambanan pemerintah dan kegagalan birokrasi telah menyebabkan masyarakat kehilangan minat terhadap pendidikan formal di Pakistan.

"Faktor-faktor ini telah menyebabkan tingkat putus sekolah yang sangat tinggi, terutama di daerah pedesaan, di mana anak-anak sering kali tidak melanjutkan pendidikan untuk menghidupi keluarga mereka secara finansial," kata peneliti dan penulis Mir Mohsin.

Pakistan mengalokasikan kurang dari 2 persen PDB-nya untuk pendidikan, yang jauh di bawah porsi yang direkomendasikan secara global sebesar 4-6 persen.

Baik pemerintah federal maupun provinsi di Pakistan menghabiskan jumlah yang sedikit untuk pendidikan dan jumlah yang dialokasikan umumnya dihabiskan untuk pos-pos rutin seperti gaji guru, menurut Bank Pembangunan Asia (ADB).

"Kinerja belanja yang buruk dapat mengakibatkan biaya peluang yang besar dalam hal hilangnya partisipasi sekolah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.