Sukses

Korea Selatan Bakal Jadi Negara Pertama di Dunia Serang Drone Korut Pakai Senjata Laser 'StarWars', Per Tembakan Rp23 Ribu

Korea Selatan adalah negara pertama di dunia yang mengerahkan senjata yang menargetkan drone dengan membakar mesin dengan sorotan cahaya selama 10 hingga 20 detik. Pproyek StarWars.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan akan mengerahkan senjata laser untuk menembak jatuh drone Korea Utara tahun ini, dan menjadi negara pertama di dunia yang mengerahkan dan mengoperasikan senjata semacam itu di bidang militer, kata badan pengadaan senjata negara tersebut pada hari Kamis (11/7).

Korea Selatan menyebut program lasernya sebagai "proyek StarWars".

Senjata laser penghancur drone yang dikembangkan oleh militer Korea Selatan bersama Hanwha Aerospace efektif dan murah, dengan harga 2.000 won (sekitar Rp23 ribu) per tembakan, namun senyap dan tidak terlihat, kata Defense Acquisition Program Administration (DAPA) atau Administrasi Program Akuisisi Pertahanan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari The Business Standard, Kamis (11/7/2024).

“Negara kami menjadi negara pertama di dunia yang mengerahkan dan mengoperasikan senjata laser, dan kemampuan respons militer kami terhadap provokasi drone Korea Utara akan semakin diperkuat," kata DAPA, menyebut senjata-senjata tersebut sebagai pengubah permainan di medan perang masa depan.

Senjata laser tersebut menembak jatuh drone yang terbang dengan membakar mesin atau peralatan listrik lainnya di drone dengan pancaran cahaya selama 10 hingga 20 detik, jelas juru bicara DAPA dalam sebuah pengarahan.

Kisruh sebelumnya, lima drone Korea Utara menyeberang ke Korea Selatan, yang secara teknis masih berperang dengan Pyongyang, pada Desember 2023. Hal itu mendorong Seoul untuk mengerahkan jet tempur dan helikopter serang, dan mencoba menembak jatuh mereka, yang merupakan intrusi pertama sejak tahun 2017.

Pertempuran pada Perang Korea tahun 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai, dan Zona Demiliterisasi (DMZ) antara kedua Korea.

Korea Utara dan Korea Selatan sama-sama melanggar gencatan senjata yang mengatur perbatasan mereka dengan mengirimkan drone ke wilayah udara masing-masing, kata Amerika Serikat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Negara yang Mengembangkan Senjata Laser

Negara-negara termasuk Korea Selatan, Tiongkok, dan Inggris berlomba untuk mengembangkan dan menggunakan senjata laser, yang juga dikenal sebagai senjata energi terarah, menurut lembaga pemikir nirlaba AS, RAND Corporation.

Ada minat besar terhadap senjata-senjata tersebut untuk membantu melawan proliferasi sistem tak berawak, serta menargetkan rudal dalam penerbangan atau satelit di orbit, kata lembaga think tank tersebut.

 

3 dari 4 halaman

115 Penerbangan Jet Komersial Korea Selatan Terganggu Balon Sampah Korut, 10.000 Penumpang Pesawat Terdampak

Sementara itu, Kisruh balon sampah antara Korea Utara dan Korea Selatan masih berlanjut dan memanas.

"Balon pembawa sampah yang dikirim oleh Korea Utara melintasi perbatasan telah mengganggu lebih dari 100 penerbangan yang membawa 10.000 penumpang," kata seorang anggota parlemen Korea Selatan pada hari Rabu (3/7/2024).

Pyongyang telah menerbangkan lebih dari 1.000 balon yang membawa kantong sampah ke Korea Selatan, sebagai pembalasan atas langkah serupa yang dikirim ke utara oleh para aktivis di Korea Selatan, yang membawa propaganda anti-Kim Jong Un.

Balon-balon sampah Korea Utara sempat memaksa penerbangan masuk dan keluar bandara Incheon Korea Selatan terhenti selama tiga jam pada tanggal 26 Juni, dan beberapa peluncuran balon selama sebulan terakhir mengharuskan penerbangan lain untuk menunda lepas landas atau mendarat – atau bahkan mengalihkan perhatian.

Mengutip data baru dari Kementerian Transportasi Korea Selatan, seperti dilansir dari AFP, anggota parlemen Jeong Jun-ho mengatakan bahwa 115 jet komersial terganggu oleh peluncuran balon sampah – yang dimulai pada akhir Mei – yang berdampak pada lebih dari 10.000 penumpang.

Setidaknya 15 jet, termasuk pendatang jarak jauh dari Amerika Serikat, terpaksa melakukan pendaratan alternatif, dan penumpang kemudian dibawa ke Incheon, sehingga menyebabkan penundaan dan ketidaknyamanan yang lama, kata Kementerian Transportasi Korea Selatan dalam pernyataan pers seperti dikutip dari AFP.

Ratusan penumpang dalam penerbangan dari San Francisco, Vancouver dan Los Angeles "dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Incheon namun berakhir di Bandara Cheongju tanpa mengetahui apa yang terjadi," kata Jeong Jun-ho.

Gangguan ini merupakan “perwujudan Risiko Korea", kata Jeong, mengacu pada istilah yang digunakan untuk menggambarkan keragu-raguan investor terhadap ancaman militer dari Korea Utara.

Jeong mendesak pihak berwenang untuk berbuat lebih banyak untuk mencegah para aktivis mengirimkan balon-balon tersebut ke Korea Utara.

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Hujan Terlebat dalam 200 Tahun Picu Banjir di Korea Selatan, 4 Orang Tewas-Layanan Kereta dan Penerbangan Dibatalkan

Di sisi lain, sebagian wilayah Korea Selatan tengah dilanda rekor curah hujan yang biasanya hanya terjadi sekali setiap 200 tahun, kata badan cuaca negara tersebut kepada AFP pada Rabu (10 Juli 2024), dan kementerian dalam negeri melaporkan empat orang tewas.

"Tiga wilayah mengalami curah hujan tertinggi, yang kemungkinan terjadi setiap 200 tahun sekali," kata seorang pejabat badan meteorologi Korea Selatan kepada AFP.

Tiga wilayah – Geumsan di Chungcheong Selatan, Chupungnyeong di Chungcheong Utara dan Gunsan di Jeolla Utara – mengalami hujan lebat per jam terberat yang pernah tercatat, menurut data departemen cuaca.

"Ini tidak dihitung berdasarkan catatan masa lalu," kata juru bicara badan tersebut kepada AFP, seraya menambahkan bahwa pencatatan lengkap dimulai pada tahun 1904.

"Jika intensitas curah hujan dihitung berdasarkan wilayah, terlihat bahwa peristiwa seperti itu diperkirakan akan terjadi sekali dalam 200 tahun."

Di Gunsan, curah hujan sebesar 131,7 mm turun dalam waktu satu jam pada Rabu pagi – lebih dari 10 persen curah hujan tahunan rata-rata di wilayah tersebut.

Beberapa sungai meluap dan jalan-jalan terendam air akibat hujan lebat, menurut tayangan televisi Korea Selatan, dan orang-orang terlihat mengarungi air setinggi pinggang di beberapa daerah.

Curah hujan menyebabkan empat kematian, kata kementerian dalam negeri.

Tim penyelamat menemukan sesosok mayat terperangkap di dalam lift setelah sebuah apartemen studio terendam banjir di Nonsan, Chungcheong Selatan, Rabu pagi, kantor berita Yonhap melaporkan.

Korban lainnya ditemukan tewas setelah tersedot ke dalam sistem drainase saat memeriksa hasil panennya di kota Daegu, katanya.

Seorang pria yang berada di dalam mobil, saat pulang ke rumah dari menggembalakan ternaknya, terseret ke dalam sungai – masih di dalam kendaraannya – di Chungcheong Utara. Jenazahnya diambil hampir tiga jam kemudian. Seorang pria berusia 70-an meninggal setelah sebuah rumah runtuh akibat tanah longsor di Seocheon, kantor berita melaporkan.

Sambungannya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini